5 Kegunaan Kulit Jeruk Untuk Kehidupan Sehari-hari

image: tweetsforall.com
Terdapatnya kandungan nutrisi dan mineral yang dimiliki buah jeruk, memang sangat berguna sekali untuk asupan yang dibutuhkan tubuh anda. Sehingga membuat jenis buah yang satu ini cukup laris di kalangan masyarakat, terutama di nusantara ini. Namun ada hal yang terlupakan dari bagian buah ini, yakni bagian kulit jeruk. Dimana kulit jeruk bisa anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan rumah anda. Namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya akan kegunaannya tersebut. 
 
Oleh karena itu, dikala anda sedang mengkonsumsi buah jeruk, setidaknya anda juga bisa memanfaatkan bagian kulit jeruknya. Bahkan beberapa kegunaan yang dimiliki kulit jeruk ini cukup membantu dalam memenuhi kebutuhan di rumah anda. Sehingga kulit jeruk yang ternyata mengandung banyak kegunaan ini, Bisa langsung anda terapkan demi terpenuhinya setiap kebutuhan yang ada di rumah anda. Dan inilah 5 kegunaan kulit jeruk untuk kebutuhan rumah anda.
 
1. Untuk pewangi ruangan
Seusai anda mengkonsumsi buah jeruk, anda juga bisa memanfaatkan bagian kulit buahnya untuk menjadi pewangi di ruangan rumah anda. Caranya pun juga cukup mudah, yakni langkah pertama anda bisa memasak kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air dengan suhu rendah. Kemudian biarkanlah air tersebut sampai mendidih. Selanjutnya kulit jeruk yang direbus tadi akan mengeluarkan minyak alami yang berguna untuk pengharum ruangan. Setelah itu tambahkan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar bau wanginya lebih peka. Sehingga olahan kulit jeruk tadi sudah siap untuk digunakan sebagai pengharum ruangan rumah anda.
 
2. Pembersih buatan alami
Selain menjadikan kulit jeruk sebagai pengharum ruangan, anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk ini sebagai pembersih alami. Dimana pada saat anda membersihkan ruangan rumah seperti biasanya, Maka kulit jeruk juga dapat diolah menjadi bahan pembersih yang cukup baik dan alami. Yakni rendam kulit jeruk tersebut ke dalam cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu. Setelah itu campurkan air dengan menggunakan perbandingan 50:50. Selanjutnya anda bisa mulai membersihkan rumah dengan menggunakan olahan alami tadi. Bahkan pembersih buatan alami dari kulit jeruk ini, akan sekaligus memberikan bau yang harum di setiap ruangan rumah anda.
 
3. Membersihkan Talenan
Memang perlu diwaspadai, bahwa talenan atau papan kayu yang sering anda gunakan untuk memotong sayuran ini, memang kerap kali menjadi sarang bagi bakteri. Oleh karena itu, Talenan tersebut hendaknya bisa dibersihkan seusai digunakan. Dari situ anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk menjadi bahan pembersihnya.  Caranya cukup mudah, yakni gosokkanlah kulit jeruk pada talenan tersebut, kemudian bilas, dan keringkan di tempat yang panas. Dimana kegunaan kulit jeruk ini juga sebagai desinfektan, Yang mampu menghilangkan bakteri yang kerap bersarang pada talenan tersebut. 
 
4. Bisa menetralisir bau di dalam lemari es
Memang kulkas atau lemari es, Sudah menjadi tempat berbagai macam jenis makanan dengan aroma yang berbeda-beda bukan…?. Oleh karena itu, untuk menetralisir bau yang kurang nyaman di kulkas ini, anda bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahannya. Caranya, langkah pertama letakkan kulit jeruk tersebut pada mangkuk dan simpan ke dalam kulkas anda. Dengan begitu, Bau wangi yang ditimbulkan kulit jeruk akan segera menetralisir bau lemari es yang ada di rumah anda. 
 
5. Pengharum tempat cucian piring
Pada bagian tempat cucian piring memang cenderung lembab, Dan biasanya akan bisa menimbulkan bau atau aroma yang kurang menyenangkan bukan…?. Oleh karena itu, dengan menggunakan kulit jeruk ini, maka tempat cucian piring yang ada di dalam rumah anda akan bisa terasa harum dan tidak pengap. Caranya yakni masukkan kulit jeruk ke dalam wadah es, kemudian tambahkan sedikit air dan bekukan ke dalam lemari es. Setelah itu anda bisa mencairkan es batu yang terdapat kulit jeruk di dalamnya tersebut ke dalam bak cucian piring. Dan biarkan wangi yang ada pada es tersebut menghilangkan bau yang kurang enak pada bak cucian piring Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar