Awas, 9 Hal Ini Menyebabkan Mobil Terbakar

image: lajmpress.com
Pastinya anda pernah mendengar akan hal yang cukup memprihatinkan yang satu ini. Yakni secara tak terduga ada mobil tiba-tiba terbakar tanpa diketahui apa permasalahan yang terjadi pada mobil tersebut. Sehingga bagi setiap pengendara mobil yang ada, setidaknya bisa lebih memperhatikan akan kondisi mobilnya, Sebelum bergegas untuk melakukan perjalanan yang dituju. Yang mana agar selalu rutin untuk mengecek setiap komponen mobil, hingga bisa memastikan bahwa kondisi mobil tidak mengalami masalah, Dan aman untuk digunakan dalam menempuh perjalanan.

Hal demikian karena banyak kasus akan terjadinya mobil mengalami kebakaran ini. Dimana hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, kerangka mobil sudak hangus tertimpa api. Sementara terjadinya mobil terbakar ini memiliki beberapa sebab yang perlu untuk diwaspadai, Baik itu mulai dari faktor internal maupun eksternal. 

Untuk itu, Mengetahui secara detail akan beberapa penyebab mobil mengalami masalah hingga sampai terjadinya kebakaran memang penting. Dan inilah  9 hal yang bisa menyebabkan mobil mengalami kebakaran.

1. Kabel pararel yang bertumpuk pada aki mobil
Terjadinya kebakaran pada mobil, Hal inilah yang menjadi salah satu penyebabnya. Yakni kabel pararel pada aki terkadang kurang kencang atau baut pengikat kabel melonggar. Sehingga menjadikan kabel pararel tertumpuk dan sampai mengalami konsleting, Bahkan hingga terjadi kebakaran. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa terlebih dahulu memeriksa socket atau baut pada aki mobil tersebut. Sehingga hal demikian tidak sampai mengakibatkan terjadinya bara api di mobil tersebut.

2. Selang bensin bocor
Jika mobil anda sudah berumur cukup lama, Maka setidaknya anda bisa mengecek akan selang bensin pada mobil tersebut. Hal ini karena adanya material serat kain pada selang mobil tersebut, Kerap sekali untuk rapuh dan robek. Maka jika terjadi hal yang seperti ini, Hendaknya anda segera menggantinya dengan yang baru, agar tidak menimbulkan permasalahan yang fatal. Dan untuk mesin mobil yang telah dimodifikasi, Setidaknya memiliki selang bensin yang berkualitas.

3. Kabel terkelupas
Yang mana kondisi kabel yang terkelupas, Bisa saja mengakibatkan kondisi kelistrikan mobil kurang stabil. Selain itu bisa membuat kabel mobil saling bergesekan.  Sementara dari situ bisa saja menyebabkan terjadinya percikan api dan menimbulkan bau ‘’sangit’’. Dan jika hal demikian terjadi, maka setidaknya anda segera melakukan tindakan atau mengeceknya. Karena jika hal ini dibiarkan, Maka akan bisa menyebabkan kebakaran pada mobil tersebut.

4. Besar kabel tidak sesuai
Ukuran kabel yang tepat memang sangat penting. Dan bila kabel mobil menggunakan tipe yang kurang bagus dan kurang terjamin kualitasnya, maka akan cenderung riskan. Sementara kabel pada mobil ini memang memiliki kekuatan arus / daya yang berbeda-beda. Sehingga bila sampai salah dalam pengaplikasiannya, maka akan bisa menyebabkan kabel terbakar dan bara api menjalar hingga ke seluruh bagian mobil. Oleh karena itu, Perlunya untuk memperhatikan dalam hal penggantian kabel di mobil anda tersebut, Agar tidak terjadi suatu hal yang fatal. 

5. Oli mobil bocor
Setidaknya anda bisa memeriksa terlebih dahulu akan adanya cipratan oli dari blok mesin mobil anda. Terutama mobil yang telah mengalami modifikasi mesin, Pastinya harus menggunakan wrapping ( pembungkus anti panas ) demi keamanan. Di sisi lain mungkin ada cipratan oli di bagian yang dekat dengan header atau knalpot. Sehingga hal itu akan bisa menyebabkan mobil terbakar. Maka perlunya untuk diwaspadai akan hal tersebut.

6. Setrum kabel busi bocor
Bila setrum kabel busi mengalami kebocoran, maka hal ini juga bisa menyebabkan mobil terbakar. Hal demikian karena kondisi yang seperti ini sangatlah riskan, sehingga kerap sekali menimbulkan percikan api. Dan bila sampai terkena tetesan bensin, maka mobil tidak hanya terbakar, Akan tetapi bisa sampai meledak. Oleh karena itu, Melakukan tindakan yang tepat bila hal tersebut terjadi, itu sangatlah penting. 

7. O-ring injektor sudah keras
Perlu anda tahu, Bahwa karet atau O-ring injektor haruslah selalu dalam kondisi elastis. Dan bila  O-ring injektor ini sudah keras, Maka segera anda ganti untuk mencegah terjadinya kebocoran. 

8. Pipa knalpot yang bocor
Pipa knalpot yang mengalami kebocoran, Maka akan bisa menyebabkan kebakaran pada mobil. Hal demikian karena kondisi seperti ini akan menjadikan tangki bensin terkena hawa panas, dan bensin menguap. Sehingga secara tidak langsung akan menyebabkan mobil terbakar, Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka setidaknya hal tersebut perlu segera ditanggulangi dengan cepat, Agar tidak menimbulkan masalah besar nantinya.

9. Karburator terbuka
Bagi mobil yang masih memakai sistem karburator, Maka janganlah membiarkan air filternya terbuka. Yang mana hawa bensin bisa saja menembus dan melewati beberapa celah kecil dari book air filter.  Sehingga  jika sampai hal demikian terjadi, Maka akan menjadikan kabel mudah lecet dan bergesekan, Lalu terkena bensin. Dan dari situlah mobil bisa mengalami kebakaran.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar