Hindari Pikun Dengan Empat Tips Sederhana Ini

image: careerealism.com
Kondisi otak yang mulai kurang bisa bekerja secara maksimal, memang sering kali menjadikan kondisi banyak orang mengalami kepikunan. Dimana penyakit ini merupakan gangguan otak yang menahun, sehingga mengakibatkan terjadinya kemunduran fungsi intelektual dalam berbagai hal yang cukup berat. Terutama bagi orang tua yang sudah lanjut usia, pasti secara spontan akan sering merasa lupa, dan tak sadar akan apa saja yang mereka lakukan sebelumnya. 

Namun di sisi lain, tidak sedikit pula anak muda yang sudah mulai memiliki gejala akan lupa mengenai hal yang telah dilakukan mereka sebelumnya. Layaknya lupa menaruh dompet, tas, dan lainnya. Hal demikian bila dibiarkan, maka akan lebih mempercepat bagi seseorang untuk mengalami penyakit pikun ini. 

Nah, Untuk menanggulangi akan penyakit yang kerap menimpa banyak orang ini, maka setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Sehingga hal demikian tidak  sampai menjadikan orang mudah mengalami lupa ingatan. Nah, inilah 4 hal penting yang perlu diperhatikan agar diri anda tidak cepat mengalami penyakit pikun, atau mudah lupa ingatan.

1. Stimulasi terhadap aktivitas mental
Untuk menghindari akan terjadinya pikun, maka setidaknya selalu memberikan stimulasi terhadap berbagai aktivitas mental yang ada. Dimana setiap stimulus yang diberikan, nantinya akan bisa merangsang kinerja otak untuk bisa tetap berjalan, serta bekerja secara maksimal dan sehat. Oleh karena itu, Stimulasi mental ini memang cukup penting bagi kehidupan manusia secara keseluruhan.


Stimulasi mental, Layaknya membina hubungan sosial dengan baik, dan berkumpul bersama sahabat dalam membangun gagasan atau ideologi. Selain itu, Meluaskan pikiran dengan cara bergaul dengan orang lain yang memiliki bidang berbeda dengan anda, sehingga dapat merangsang kinerja otak untuk berpikir menjadi lebih baik, dan beberapa stimulasi mental lainnya. Dengan begitu, tingkat kinerja otak akan bisa lebih maksimal, dan bisa terhindar dari penyakit pikun yang menghambat akan kinerja otak ini.

2. Melakukan diet sehat
Melakukan diet sehat juga merupakan salah satu cara untuk menghindari akan terjadinya penyakit pikun. Mengapa bisa demikian…? Ya, layaknya melakukan diet jantung sehat dan rendah kolesterol serta lemak dalam tubuh, tidak hanya mengurangi berat badan saja. Akan tetapi dibalik itu semua, melakukan diet sehat secara tidak langsung juga akan dapat memberikan kontribusi untuk mencegah gangguan fungsi otak dan memori dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila melakukan diet sehat, Karena juga merupakan salah satu pencegahan terhadap penyakit pikun.

3. Menghindari depresi
Perlu anda ketahui, bahwa terjadinya depresi terhadap diri seseorang, juga akan bisa memicu berkurangnya fungsi otak. Sehingga kondisi memori otak dalam berpikir pun lambat laun akan lebih cepat melemah. Oleh karena itu, menghindari depresi juga merupakan suatu hal yang cukup penting dalam mencegah terjadinya penyakit pikun lebih cepat. Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh Dr Jane F. Potter, menunjukkan bahwa “ Ada langkah yang bisa anda terapkan untuk mengatasi stres di otak, yakni menerapkan jenis program perilaku kognitif dan teknis relaksasi”. Oleh karena itu, agar kinerja otak bisa berjalan maksimal, maka ada baiknya anda menghindari depresi agar bisa terhindar dari terjadinya pikun, yang mana kerap melanda banyak orang.

4. Berolahraga secara rutin dan teratur
Memang banyak sekali manfaat yang didapat dari berolahraga secara rutin, Baik itu menyehatkan tubuh, maupun melancarkan program diet yang sedang dijalani. Namun tidak hanya itu saja, bahkan kemampuan otak pun akan bisa meningkat dan bekerja secara maksimal. Dengan begitu, penyakit pikun bisa dihindari dengan adanya olahraga secara rutin dan teratur. Yang mana terjadinya pikun ini memang dipicu oleh kinerja otak yang menurun, serta otak yang bekerja tidak maksimal. 

Hal demikian memang sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh Dr. Melanie Shulman, beliau menunjukkan bahwa “ Ketika anda memulai berolahraga, maka ada bukti terhadap peningkatan fungsi otak metabolik”. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit pikun ini, berolahraga memang sudah menjadi salah satu obatnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar