15 Makanan Ini Bersihkan Hati Dari Racun Tubuh

image: hometownseeds.com
Sebagai salah satu komponen yang memiliki peran penting bagi tubuh, yakni organ hati atau liver dalam tubuh memang sudah haruslah bersih dari toksin atau racun berbahaya. Dan bila kondisi organ hati masih banyak diselimuti racun di dalamnya, maka dampak yang ditimbulkan pun juga akan memperparah kondisi kesehatan organ tubuh lainnya. Bahkan berbagai penyakit akan bisa muncul bila kondisi organ penting ini tidak terjaga dengan baik dan sehat. 

Dimana peran dari organ hati dalam tubuh merupakan organ vital sebagai komponen penting yang mengatur komposisi darah. Selain itu juga mengatur konversi nutrisi selama proses pencernaan yang diserap usus,  untuk dijadikan bentuk zat yang dibutuhkan oleh organ di seluruh tubuh, serta menghilangkan racun dalam tubuh. Akan tetapi bila kondisi organ liver ini terlalu banyak racun di dalamnya, maka organ vital ini tak mampu lagi bekerja secara maksimal. Sehingga hal demikian pasti sangat membahayakan kondisi kesehatan tubuh bukan…?

Oleh karena itu, menjaga kondisi liver atau hati agar bisa tetap bersih dari racun atau toksin memanglah sangat penting. Dimana ada beragam makanan yang bisa anda konsumsi sebagai bahan alami untuk membersihkan racun pada organ hati atau liver. Dan inilah 15 makanan yang patut anda konsumsi sebagai pembersih hati dari racun yang membahayakan tubuh anda.

1. Alpukat
Berdasarkan hasil penelitian yang berada di American Chemical Society, menunjukkan bahwa buah alpukat memang mengandung glutathione yang cukup tinggi. Dimana senyawa tersebut merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh organ hati dalam membasmi racun berbahaya. Sehingga kinerja hati sendiri dalam melakukan perannya bisa lebih maksimal. Selain itu kandungan lemak jenuh tunggal yang terdapat pada buah lezat ini, juga mampu membasmi kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya bila anda mengonsumsi buah alpukat 1 atau 2 buah dalam seminggu. Dengan begitu, organ hati yang kurang bekerja maksimal bisa segera diperbaiki, dan tubuh anda bisa menjadi bugar kembali.

2. Lemon
Kandungan vitamin C yang terdapat pada Lemon ini, memiliki kemampuan yang cukup baik untuk mengaktifkan enzim yang terdapat pada organ hati. Sehingga tidak salah bila lemon kerap dijadikan detoksifikasi hati bagi kebanyakan orang. Hal demikian karena  berkat antioksidan yang ada di dalamnya, buah ini mampu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak enzim, sehingga juga dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Dan kemudian bisa meningkatkan penyerapan mineral ke organ hati atau liver. Dengan menjadikan lemon sebagai jus, dan diminum secara teratur, maka manfaat yang ada di dalamnya akan berkhasiat dalam menjaga kesehatan organ tubuh.

3. Bawang Putih
Pada bawang putih, mengandung dua senyawa alami yang cukup ampuh dalam membersihkan organ hati dari racun berbahaya, yaitu selenium dan allicin. Dimana kedua senyawa ini sangat berguna sekali dalam membantu untuk mengaktifkan enzim dalam hati yang rusak. Bahkan kandungan ini juga membantu proses hati dalam mengeluarkan racun, serta melindungi hati akan datangnya racun baru yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kolesterol jahat dalam tubuh juga bisa ditanggulangi dengan mengonsumsi bawang putih ini. Oleh karena itu, memang cukup kompleks sekali peran bawang putih dalam menyehatkan tubuh, terutama untuk membasmi racun yang mengendap di hati atau liver.

4. Jeruk Bali
Mengonsumsi Jeruk Bali, juga mampu menjadi bahan alami untuk membersihkan organ liver atau hati dalam tubuh agar bisa terhindar dari toksin berbahaya. Hal demikian layaknya buah lemon, Jeruk Bali juga mengandung antioksidan serta vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat membantu dalam proses pengeluaran racun pada liver. Maka untuk mendapatkan khasiat dari Jeruk Bali ini, setidaknya anda bisa mengonsumsinya secara teratur agar kesehatan hati bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

5. Wortel
image: healthyfig.com
Dimana kandungan yang terdapat pada wortel ini selain menyehatkan organ mata, Ternyata mengonsumsi wortel juga bisa anda gunakan untuk membersihkan racun atau toksin yang menyelimuti organ hati. Hal demikian karena wortel mampu meningkatkan kinerja organ hati dan menstimulasinya secara keseluruhan. Dengan begitu, racun yang terdapat pada organ hati ini dapat dibersihkan secara maksimal.

6. Apel
Kandungan pectin yang terdapat pada buah Apel, memang cukup kompleks dalam membantu kesehatan tubuh. Layaknya menjaga organ liver dari keberadaan racun yang berbahaya. Dimana senyawa yang terdapat pada apel, akan membantu membersihkan organ hati dari racun melalui saluran pencernaan, agar tidak terlalu lama mengendap. Sehingga proses pengeluaran racun yang terdapat pada liver ini bisa berjalan lancar.

7. Kunyit
Selain digunakan sebagai bahan alami dalam hal perawatan kecantikan, Ternyata jenis rempah-rempah ini juga bisa mendongkrak hati untuk mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh. Hal demikian karena pada kunyit juga bisa anda jadikan bahan alami untuk membantu enzim karsinogen pada hati, agar bisa bekerja lebih maksimal. Sehingga mengonsumsi kunyit ini bisa menjaga tubuh dari toksin yang kerap sekali mengusik kesehatan tubuh, terutama pada organ hati.

8. Sayur Bayam
Pada satu porsi sayur bayam mengandung kurang lebih 166 miligram glutathione. Dimana mengonsumsi jenis sayuran ini akan meningkatkan produksi enzim, sehingga toksin atau racun berbahaya yang masuk bisa segera dikeluarkan secara keseluruhan. Dengan begitu mengonsumsi bayam, baik itu dalam bentuk masakan maupun dalam bentuk jus, akan menyehatkan organ penting dalam tubuh, yakni hati.

9. Teh Hijau
Memang ragam manfaat teh hijau ini sangat luar biasa dalam membantu menyehatkan tubuh. Sehingga kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya pun, juga membantu organ hati dalam melakukan pembersihan racun berbahaya. Sehingga menyeduh teh hijau juga amat penting demi kesehatan tubuh, terlebih lagi membasmi racun yang terdapat pada organ hati anda.

10. Brokoli
image: pipandpear.ie
Demi merangsang dua enzim yang terdapat pada organ hati atau liver, Anda bisa mengonsumsi brokoli sebagai bahan alaminya. Hal demikian karena berdasarkan hasil studi yang ada, bahwa kandungan sulforaphane yang terdapat pada brokoli, memiliki peran penting untuk mendongkrak kesehatan hati dan usus besar pada hewan dalam penelitian. Dan hal demikian juga akan memberikan efek yang sama pada tubuh manusia, ketika brokoli dikonsumsi secara teratur. Oleh karena itu, mengonsumsi brokoli juga memberikan khasiat yang luar biasa dalam membersihkan racun pada organ liver dalam tubuh.

11. Minyak Zaitun
Ketika seseorang mengonsumsi minyak zaitun ini dengan menggunakan takaran yang cukup, juga mampu membantu hati dalam tubuh untuk membersihkan racun berbahaya. Yang mana kinerja minyak zaitun sendiri akan menyuplai hati dan menyediakan basis lipid, yang mampu menyerap racun berbahaya. Sehingga kadar racun yang terdapat pada organ hati bisa terkurangi, serta bisa keluar dari tubuh secara maksimal.

12. Blackberry dan Buah Kiwi
Dalam membersihkan racun atau toksin pada organ hati, anda bisa menjadikan Blackberry dan buah Kiwi sebagai jus untuk menjaga kesehatan hati. Dimana kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat pada keduanya, memang mampu membantu menyuplai kinerja hati dalam membasmi racun dari dalam tubuh. Untuk menerapkan, Sediakan 3 cangkir blackberry dan 2 buah kiwi, kemudian buatlah jus untuk diminum. Sehingga hal demikian bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, terutama pada organ hati.

13. Buah Bit
Untuk mengeluarkan racun pada organ hati, Tentunya kondisi kesehatan organ hati sendiri haruslah sehat bukan ?. Nah, mengonsumsi buah bit ini juga akan membantu kesehatan organ hati dan menyuplai hati untuk mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh secara maksimal. Selain itu, kandungan yang terdapat pada buah bit juga mampu melindungi hati, yakni dengan mengurangi asam lemak berlebih. Oleh karena itu, mengonsumsi buah bit ini juga akan menjaga kesehatan hati dalam melakukan kinerjanya.

14. Kenari
Pada biji kenari juga mengandung glutathione yang mampu membantu kinerja hati dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat di dalamnya, juga bisa membantu kesehatan pada jantung anda.

15. Sayur Kubis
Sayur Kubis sama halnya dengan Brokoli dan Kembang kol, Yang mana mampu merangsang aktivitas dua enzim pada hati, Agar bisa bekerja secara maksimal dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sehingga jenis sayuran ini, Juga bisa anda konsumsi sebagai bahan alami untuk menyehatkan organ hati atau liver dalam tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar