12 Jenis Makanan Ini Sehatkan Tubuh Di Musim Hujan

image: secretlyhealthy.com
Cuaca dan suhu yang relatif dingin pada musim hujan saat ini, kerap sekali menjadikan kondisi kesehatan tubuh terganggu. Bahkan sisa air hujan yang turut menggenang di sepanjang lingkungan sekitar, tak disangka telah menjadi sarang empuk bagi kuman dan virus yang menjadi sebab timbulnya berbagai penyakit yang ada. Sehingga dari situ semua, tubuh bisa saja mengalami berbagai penyakit seperti demam, flu, batuk, pilek, dan lainnya.

Untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat, maka setidaknya asupan yang terdapat dalam tubuh itu sendiri bisa terpenuhi secara maksimal. Sehingga kondisi tubuh bisa terus mendapat siraman kekebalan, meskipun diterpa oleh cuaca yang kadang kurang menentu ini.

Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi bagi tubuh, Maka kondisi sistem imunitas tubuh akan bisa meningkat, dan berbagai fungsi organ tubuh bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, ada berbagai  jenis makanan sehat yang mampu memenuhi asupan tubuh di saat musim hujan . Dimana kandungan makanan ini memanglah cukup beragam, dan bisa mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Berbagai kandungan alami di dalamnya yakni probiotik, asam amino, serat, selenium, dan lainnya.

Dan inilah 12 jenis makanan yang menyehatkan saat dikonsumsi di musim hujan.

1. Ikan
Ikan merupakan salah satu jenis makanan pilihan yang cukup menyehatkan bila dikonsumsi pada musim hujan. Dimana kandungan zat di dalamnya layaknya selenium, yang  mampu membantu sel darah putih dalam tubuh  untuk memproduksi sitokin. Dan sitokin itu sendiri memiliki peran penting dalam membasmi virus flu yang menyerang tubuh. Oleh sebab itu, di sepanjang musim hujan ini, anda bisa mengonsumsi berbagai jenis ikan seperti mackerel, salmon dan herring, yang semuanya itu terdapat kandungan lemak omega 3 yang baik bagi tubuh. Sementara lemak Omega 3 ini, akan bisa membantu tubuh dalam meningkatkan sirkulasi aliran udara dalam tubuh, mengurangi peradangan, dan sebagai pelindung organ paru-paru dari infeksi pernapasan dan flu yang kerap melanda di musim hujan.

2. Berries
Tentunya  buah Berry ini memang memiliki beragam jenis. Diantaranya raspberry, stroberi, blueberry, dan blackberry. Dari semua jenis Berries ini, memiliki kandungan anthocyanin yang berguna untuk melawan berbagai macam penyakit pada tubuh, serta membuat daya imunitas tubuh bisa meningkat. Keberadaan musim hujan yang kerap sekali membuat daya tahan tubuh menurun, bisa ditanggulangi secara efektif dengan mengonsumsi jenis buah ini. Sehingga buah Berries juga merupakan makanan pilihan, dan sehat dikonsumsi untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh anda.

3. Ubi Jalar
Makanan ubi jalar memang banyak  kandungan vitamin A di dalamnya. Dimana jenis kandungan hebat ini, mampu membuat jaringan kulit tubuh lebih sehat. Sehingga akan membantu tubuh untuk membangun jaringan pengikat kulit agar bisa tetap menguat. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ubi jalar di musim hujan, maka keberadaan infeksi bakteri dalam tubuh akan bisa dilawan. Dan pada akhirnya kondisi tubuh anda bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

4. Teh
Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di Harvard menunjukkan bahwa, Mengonsumsi lima cangkir teh hitam setiap hari selama dua minggu, maka tubuh akan memiliki sepuluh kali kekuatan dalam melawan bakteri interferon yang terdapat dalam darah. Hal demikian memang sudah teruji bila dibandingkan dengan mengonsumsi minuman hangat biasa. Bahkan kandungan asam amino dan L-theanine pada teh hitam ini, akan membangun protein dan sistem kekebalan dalam tubuh. Dengan begitu, teh ini juga bisa anda konsumsi di musim hujan, agar stamina tubuh bisa terkondisikan dengan baik dan stabil.

5. Sup Ayam
Pada musim hujan tiba, biasanya tubuh mudah sekali terkena berbagai macam penyakit ringan dikarenakan cuaca yang terlalu ekstrem seperti hidung tersumbat, pilek, dan lainnya. Dengan mengonsumsi sup ayam, maka akan berguna sebagai makanan untuk membersihkan hidung tersumbat, mengurangi lendir, serta memiliki zat anti inflamasi yang baik bagi tubuh. Sehingga anda bisa menjadikan menu sup ayam ini, sebagai hidangan yang cocok untuk musim hujan yang menyehatkan bagi tubuh.

6. Wortel
Dimana wortel memang cukup dikenal akan khasiat luar biasa di dalamnya. Bahkan mengonsumsi wortel ini juga sangat dianjurkan pada musim hujan. Dimana kandungan flavonoid dan anti-inflamasi di dalamnya yang cukup tinggi, bisa bermanfaat untuk menjaga sekaligus melindungi tubuh akan serangan virus dan bakteri. Sehingga mengolah wartel dalam sebuah sup atau jenis masakan lainnya, akan bisa berguna untuk mempertahankan kesehatan tubuh, terlebih lagi pada saat musim hujan tiba.

7. Bawang Putih
Kandungan antiviral dan allicin yang terdapat pada bawang putih, memang sangat luar biasa dan bisa digunakan untuk menjaga kondisi tubuh di musim hujan. Yang mana kedua zat alami tersebut, memang cukup dikenal sebagai zat yang berguna untuk menangkal infeksi pada tubuh anda. Sehingga menggunakan bawang putih sebagai bumbu rempah pada masakan, akan cukup baik dan sehat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan.

8. Yoghurt
Dalam mengonsumsi yoghurt di musim hujan, anda juga bisa mencampurkannya dengan jus atau smoothie agar bisa lebih kompleks rasa dan khasiatnya. Kandungan yang terdapat di dalamnya, memiliki kandungan antioksidan yang cukup tangguh dalam menjaga kesehatan organ tubuh, terlebih lagi pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi yoghurt ini memang memiliki khasiat sehat dan berguna bagi kesehatan tubuh anda.

9. Buah Jeruk
Vitamin C yang terdapat pada buah jeruk memang sangat berguna untuk membantu tubuh dalam meningkatkan daya imunitas tubuh. Karena kandungan tersebut akan membantu meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga sistem kekebalan dalam tubuh bisa lebih kuat untuk menghadapi musim hujan dengan cuaca yang relatif dingin. Bahkan hal demikian juga bisa menjaga kelembaban kulit agar tetap terjaga dengan baik pada musim hujan.

10. Jamur
Makanan jamur ini, memang baik dan sehat untuk dikonsumsi pada musim hujan. Mengonsumsi jamur sangat berguna untuk produksi dan aktivitas sel darah putih dalam tubuh. Layaknya jamur maitake, reishi, dan Shiitake yang memang dikenal ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Pada jamur juga terdapat kandungan ‘’seng’’ yang berguna untuk membantu sel darah putih dalam melawan racun dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga mengolah jamur untuk dijadikan hidangan keluarga anda di musim hujan, memang akan menyehatkan kondisi tubuh agar tetap memiliki stamina kuat.

11. Barley dan Oat
Kedua makanan ini memang mengandung banyak serat alami atau kerap dikenal dengan sebutan betaglukan. Dimana kandungan ini memiliki kegunaan sebagai antioksidan dan anti mikroba yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Oleh karena itu, kedua makanan ini memang baik bila dikonsumsi di musim hujan, Agar kondisi pertahanan tubuh bisa terjaga akan terjadinya kerusakan sel karena mikro organisme dan molekul tubuh yang kurang stabil.

12. Daging Sapi
Dimana kandungan zat ‘’seng’’ yang terdapat pada daging sapi, Memang cukup baik untuk perkembangan sel darah putih dalam tubuh. Sementara pada musim hujan kerap sekali tubuh mengalami kekurangan keseimbangan, dan lebih rentan terhadap infeksi. Dengan mengonsumsi daging sapi ini, maka masalah tersebut bisa tertanggulangi secara efektif dan kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar