6 Cara Alami Mengatasi Cegukan Dengan Mudah

image: kikn.com
Kehadiran bunyi “Hik” berulangkali secara tiba-tiba atau biasa dikenal dengan istilah cegukan, Memang kerap sekali dialami oleh kebanyakan orang. Jika dilihat dari munculnya cegukan itu sendiri, yakni berawal dari terjadinya kontraksi karena membran otot atau diafragma telah memisahkan rongga perut dengan rongga dada. Sehingga di saat tubuh sedang bernapas, maka pada saat itu pula pita suara tertutup secara mendadak. Yang pada akhirnya timbul cegukan, Sehingga membuat banyak orang menjadi kurang merasa nyaman. 

Meskipun terjadinya cegukan ini bukan suatu permasalahan serius, akan tetapi hal tersebut juga bisa menghambat kinerja tubuh dalam beraktivitas. Semisal menghambat tingkat konsentrasi tubuh dalam melakukan aktivitas kerja sehari-hari, menghambat tubuh saat menghirup udara, berbicara, dan lainnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi agar cegukan bisa segera tertanggulangi secara tepat dan efektif, Ada cara yang cukup manjur sebagai penangkalnya dengan bahan alami. 

Namun sebelum menggunakan ramuan alami tersebut, setidaknya terlebih dahulu anda mempelajari akan beberapa penyebab cegukan itu sendiri. Yakni terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, bersoda, minuman panas, mengonsumsi makanan pedas berlebih, makan terlalu terburu-buru, merokok, kondisi perut kembung, dan lainnya. Yang mana semuanya itu memang sebagai pemicu terjadinya cegukan. Dan inilah 6 cara alami yang bisa anda terapkan dalam mengatasi cegukan dengan mudah dan cepat.

1.  Kombinasi Madu dan Air
Menggunakan madu kemudian dipadukan dengan air, maka merupakan cara alami yang mampu mengatasi terjadinya cegukan. Dimana dengan mengonsumsi ramuan ini, nantinya akan bisa melemaskan otot diafragma, dan melegakan tenggorokan ketika terjadi kontraksi yang menimbulkan cegukan. 

Caranya, Hendaknya anda bisa mencampurkan satu sendok teh madu dengan segelas air, Kemudian minumlah ramuan tersebut untuk menanggulangi cegukan yang anda derita.

2. Mengonsumsi makanan manis
Dengan mengonsumsi makanan manis, bisa menjadi penangkal terjadinya cegukan dan mengatur ulang kembali keadaan tenggorokan. Sehingga untuk menanggulangi cegukan ini, anda juga bisa mengonsumsi gula batu, permen, atau makanan manis lainnya. Dengan begitu, cegukan yang anda alami bisa cepat mereda.

3. Menggunakan selai kacang
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa jika anda mengonsumsi dua sendok kacang, maka cegukan akan bisa ditanggulangi dengan cepat. Bahkan dalam hitungan satu menit, cegukan yang anda alami akan hilang secara aman dan efektif. Oleh karena itu, bila anda merasa tidak nyaman karena hadirnya cegukan ini, setidaknya mengonsumsi dua sendok makan selai kacang bisa menjadi cara ampuh untuk menanggulanginya.  

4. Berkumur dengan air dingin
Dalam mengatasi cegukan  yang terjadi, anda bisa mengatasinya dengan berkumur menggunakan air dingin. Selain itu anda juga bisa langsung mengonsumsi minuman dingin tersebut sambil diikuti dengan menahan nafas sejenak secara berulang-ulang hingga 3 kali. Dengan menggunakan cara ini, cegukan yang kerap sekali muncul bisa segera hilang dengan cepat.

5. Menggunakan minyak kayu putih
Menggunakan minyak kayu putih juga bisa menjadi penangkal alami terjadinya cegukan. Yang mana rasa hangat serta kandungan minyak atsiri yang terdapat pada minyak kayu putih, bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi cegukan. Caranya, sediakan minyak kayu putih kemudian oleskan ke bagian perut dan leher. Dengan begitu, cegukan yang anda derita bisa segera hilang dengan efektif.

6. Mengunyah jeruk nipis
Kegunaan jeruk nipis memang cukup terkenal bagi kesehatan tubuh. Bahkan untuk menanggulangi cegukan, anda bisa mengonsumsi jeruk nipis sebagai bahan alaminya. Dimana kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis, memang mampu untuk menghilangkan gangguan impuls saraf vagus. 

Selain itu, mengonsumsi jenis makanan asam seperti cuka dan jeruk nipis ini juga akan menstimulasi pernapasan pada tubuh. Sehingga terjadinya cegukan akan bisa ditangani dengan mudah. Caranya, irislah jeruk nipis dan pisahkan dari kulitnya, kemudian anda bisa langsung mengunyah daging jeruk nipis tadi untuk menjadi obat cegukan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar