6 Cara Agar Tetap Istiqomah Sepanjang Masa

image: galleryhip.com
Agar mampu menjadi pribadi yang selalu istiqomah dalam mentaati aturan agama, sudah semestinya bagi kita semua untuk menilik akan hal-hal yang perlu diperhatikan. Baik itu dalam menjalankan perintah yang diwajibkan, maupun berbagai amalan sunnah yang telah menjadi ketetapan. Selain dibutuhkan sebuah keikhlasan dalam menjalani setiap kegiatan beribadah ini, keistiqomahan pun juga sangat dibutuhkan. 

Sebagai hamba yang beriman, tentu rasa teguh dalam berpendirian serta istiqomah dalam berkomitmen, memang menjadi jalan yang mampu membimbing kita untuk menuju jalan yang diridhoi Allah SWT. Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk menjalankannya. Dimana Setiap perbuatan yang dijadikan sebuah amal ibadah di dunia, pasti tak luput dari yang namanya ujian atau godaan yang selalu mengitari. 

Sehingga terkadang membuat diri menjadi mudah terombang-ambing, hingga pada akhirnya keistiqomahan yang dimiliki menjadi pudar. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita memiliki cara atau langkah yang tepat dalam memupuk pribadi yang istiqomah, terlebih lagi dalam menjalankan urusan agama. Agar nantinya mampu menjadi hamba Allah SWT yang selalu taat dalam menjalankan perintah-Nya, serta penuh keikhlasan dan selalu konsisten akan semua aturan yang ada. 

Inilah 6 Tips yang bisa diterapkan untuk menjadi hamba Allah yang selalu beristiqomah, atau teguh pendirian dalam menjalankan segala perintah-Nya.

1. Selalu Memiliki Kiat Untuk Mengikuti Petunjuk Agama
Sebagai umat beragama, memang sudah semestinya jika kita selalu mengikuti  pada semua tuntunan yang telah diajarkan dalam agama. Dimana dalam Al-Quran, sabda Rasulullah SAW, serta bimbingan para ulama’ tetap menjadi panutan sebagai benteng dalam memupuk keimanan. Sehingga dari situ akan mampu menghantarkan kita semua untuk menuju jalan keistiqomahan dalam menjalani setiap aturan yang telah ditetapkan. 

Bahkan adanya hawa nafsu setan yang selalu membisiki telinga untuk merusak hati dan pikiran akan sirna. Oleh karena itu, Selalu mengikuti apa yang telah termaktub dalam kitab suci Al-Quran, Berittiba’ atau mengikuti tuntunan Rasulullah dan para ulama, Memang menjadi cara yang bijak dalam memupuk keistiqomahan.

2. Memupuk Keilmuan Dan Keikhlasan
Ilmu merupakan jalan untuk menuju kehidupan dunia dan akhirat. Jika kita menginginkan urusan dunia menjadi lancar, maka tentu dengan menggunakan ilmu. Dan jika kita berkeinginan untuk mencapai urusan akhirat, maka ilmu juga menjadi jalannya. Selain itu, Dengan cara menguatkan keilmuan dengan penuh keikhlasan, maka memang sangat luar bisa manfaat yang kita dapatkan. Salah satunya yakni mudah untuk istiqomah dalam menjalankan segala perintah agama, dan benar-benar hanya mengharap ridho Allah SWT semata.

Oleh karena itu, selalu menguatkan keilmuan dan keikhlasan inilah yang menjadi salah satu cara yang bisa anda tempuh agar menjadikan diri tetap konsisten dan istiqomah dalam segala hal. Terlebih lagi dalam menunaikan ibadah kepada Sang Pencipta.

3. Memperbanyak Berdoa
Untuk menjadi hamba yang selalu memiliki jiwa dan raga istiqomah dalam beribadah, Tentu hal demikian juga harus diimbangi dengan do’a. Dimana doa memang merupakan senjata bagi setiap orang muslim. 

Sehingga selalu memanjatkan do’a agar bisa diberikan keistiqomahan dalam menjalankan setiap perintah-Nya, dan dijauhkan dari hal-hal yang buruk memang sangat diperlukan. Oleh karena itu, selain usaha yang kita tempuh agar bisa istiqomah, Do’a juga menjadi salah satu hal yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengambil Hikmah Dari Cerita Para Nabi Dan Orang Sholeh
Ketika kita mendengarkan kisah atau cerita yang telah dijalani oleh para Nabi dan orang-orang sholeh tentang kesabaran, keteguhan hati mereka, dan hal lainnya, Maka hal demikian akan menjadi motivator bagi kita untuk memberi semangat. Dengan begitu, kita bisa selalu berlomba-lomba beristiqomah dalam menjalankan semua amanat Allah SWT.
Sehingga dengan cara mengambil hikmah dari cerita Nabi dan orang-orang sholeh tersebut, menjadi cara untuk mendongkrak hati dan pikiran kita agar bisa istiqomah.

5. Bersahabat Dengan Orang Sholeh
Bergaul dengan orang-orang sholeh, maka secara tidak langsung akan menjadi pengingat bagi kita. Sekaligus mampu menyuplai diri untuk tetap beristiqomah dalam menjalankan aturan yang telah ditetapkan agama. Demikian pula hal tersebut juga diperkuat dengan firman Allah SWT sebagai berikut :

“..Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka…” (QS.Hud [12]:113)

Memang sudah sepantasnya jika kita memiliki kiat agar selalu beristiqomah, maka setidaknya kita bisa selalu bersanding dengan orang-orang sholeh. Sehingga mampu mendorong jiwa dan raga untuk tetap beriman dan taat kepada Sang Pencipta.

6. Mengingat Pahala Dan Keistimewaan Bagi Orang-orang Yang Istiqomah
Selain bersanding dengan orang-orang sholeh agar bisa beristiqomah, Maka mengingat pahala bagi  hamba Allah SWT yang sanggup beristiqomah, Hal tersebut juga menjadi penyemangat agar bisa selalu istiqomah dalam menjalankan sesuatu. Terlebih lagi dalam menjalankan aturan agama.

Allah SWT mengganjar bagi hamba-Nya yang sanggup beristiqomah sebagai berikut :

Q.S Fushilat [41]:30-32  yang berbunyi : “ Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan Kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “ Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan Jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu. Kamilah pelindung - pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai ganjaran (bagimu) dari Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” 

Subhanallah, Sungguh luar biasa pahala dan keistimewaan yang diberikan Allah SWT bagi hamba yang meneguhkan pendirian mereka, atau beristiqomah dalam menjalankan semua perintah-Nya. Maka beruntunglah bagi mereka yang sanggup untuk beristiqomah ini. Dan semoga kita semua mampu untuk selalu istiqomah, terlebih lagi dalam mengimani serta mentaati segala apa yang telah menjadi ketetapan Allah SWT. Amiin….!
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar