7 Cara Menata Hati Saat Membaca Al-Quran

image : topislamicwallpapers.com
Bagaimana mungkin bagi seorang muslim meninggalkan ajaran yang terdapat dalam Al-Quran, Apalagi membaca Al-Quran setiap hari, serta menghayati akan semua makna yang terkandung di dalamnya. Banyak sekali manfaat dan fadhilah yang kita dapatkan, ketika kita mampu melantunkan akan setiap Ayat-ayat suci ini dengan penuh keikhlasan. 

Sayangnya, membaca Al-Quran memang tidak hanya sekedar dibaca melalui lisan saja. Akan tetapi juga harus memusatkan hati dan pikiran agar mampu mendalami serta menghayati akan setiap makna di dalamnya.  Agar nantinya semua fadhilah atau keutamaan yang terdapat di dalamnya bisa diraih, serta memberikan manfaat yang luar biasa bagi pembacanya. 

Lantas, bagaimana cara untuk menata keadaan hati di saat kita melantunkan Ayat-ayat Al-Quran Tersebut…?. Ada beberapa cara yang perlu kita perhatikan ketika membaca Al-Quran, baik itu ketika anda membacanya di rumah, musholla, masjid dan tempat lainnya. Dimana dari setiap cara ini akan membimbing hati kita agar mampu meresapi, serta mengingat akan setiap makna yang terkandung di dalamnya. Sehingga dari situ akan bisa membimbing hati kita semua untuk menjadi pembaca Al-Quran yang diiringi penuh rasa keikhlasan.

Nah, selain kafasihan yang perlu dipelajari ketika membaca Al-Quran, Inilah 7 cara yang perlu diperhatikan dalam menata hati  di saat membaca kitab Allah SWT tersebut.

1. Selalu Menghadirkan Hati Saat Membaca Ayat Demi Ayat
Dengan cara menjadikan hati ini hidup saat melantunkan Ayat suci Al-Quran, Serta merasa bahwa saat membacanya Allah benar-benar hadir di hadapan kita, Maka dari situ akan menjadikan hati selalu dekat dan lebih terasa akan indahnya setiap firman Allah yang Agung. Dengan begitu, hati akan selalu mampu meresapi akan setiap makna yang terkandung di dalam Ayat Al-Quran yang kita baca. Sehingga nuansa Qur’ani pun akan bisa terbangun ketika kita sedang membacanya.

2. Merenungi Setiap Ayat Yang Dibaca
Di kala kita membaca Al-quran, pasti di setiap ayat yang termaktub di dalamnya mengandung sejumlah makna, baik itu makna yang masih membutuhkan penjelasan dari ayat lainnya, maupun berupa penjelasan yang sudah diterangkan secara gamblang di dalamnya. Sehingga kita pun bisa merenungi akan setiap makna yang dimaksud tersebut. Selain itu mampu menimbulkan suasana hati yang damai, serta bisa menjadi benteng hidup agar terhindar dari perkara yang dimurkai Allah. Dengan begitu, hati kita pun juga terasa lebih dekat untuk menjalankan segala perintah yang telah termaktub dalam kitab Allah SWT tersebut.

3. Selalu Mengingat Bahwa Yang Dibaca Bukanlah Perkataan Manusia
Al-Quran merupakan kalamullah yang Agung. Di dalamnya berisi berbagai macam seruan berupa perintah bagi hamba yang bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu, ancaman dan murka Allah bagi orang-orang yang membelok dari perintah-Nya pun juga termaktub di dalamnya. Surga dan neraka, serta berbagai hikmah dari cerita yang termaktub mampu memberikan petunjuk bagi kita untuk menuju ke jalan yang benar. Dan masih banyak lagi perkara-perkara maupun petunjuk yang tertuang di dalamnya. 

Oleh karena itu, ketika kita sedang membaca setiap ayat Al-Quran, hendaknya kita selalu mengingat bahwa yang kita baca bukanlah perkataan manusia. Melainkan firman Allah yang agung, Dan senantiasa kita bisa meresapi serta mentaati mengenai apa saja yang termaktub di dalamnya. 

4. Menjauhkan Diri Dari Gangguan Yang Menjadikan Sulit Untuk Memahami Al-Quran
Jika ada gangguan atau godaan yang menjadikan diri kita sulit untuk memahami akan setiap makna dalam Al-Quran, Terlebih di saat kita sedang membacanya, Maka alangkah baiknya kita bisa menghindari gangguan tersebut. Sehingga nantinya kita bisa dengan mudah untuk memahami dan meresapi akan setiap makna dalam ayat Al-Quran. 

Semisal mencari tempat dengan suasana yang lebih tenang seperti di Masjid, Musholla, dan tempat-tempat lainnya. Selain kita membaca Al-Quran dengan tenang dan nyaman, kita juga bisa dengan mudah meresapi akan setiap makna yang terdapat di dalamnya. 

5. Selalu Mengambil Faedah Dari Setiap Ayat Yang Dibaca
Semisal membaca ayat-ayat Al-Quran mengenai cerita dari Nabi Ibrahim AS, maka kita juga bisa mengambil hikmah serta faedah yang telah diceritakan tersebut. Membaca ayat-ayat Allah mengenai beberapa cobaan yang ada dalam setiap kehidupan manusia, maka kita bisa memetik ilmu kesabaran sebagai kunci yang bisa kita terapkan dalam hidup. Dan masih banyak lagi contoh lain yang bisa kita ambil di saat membaca dan meresapi ayat-ayat suci Al-Quran. Sehingga dari situ mampu menjadikan suasana hati bisa tertata dengan sebaik mungkin.

6. Dibarengi Dengan Selalu Mengharap Ridho Dari Allah SWT
Setiap ayat Al-Quran yang kita baca, memang sudah seharusnya dibarengi dengan niat yang tulus ikhlas, yakni hanya mengharap ridho Allah semata. Yang mana ketika kita membaca setiap ayat dalam Al-Quran, sudah semestinya bahwa setiap ayat tersebut dibaca hanya ditujukan kepada Allah SWT sebagai amal ibadah kepada-Nya. Sehingga dari situ akan mampu mendorong diri kita untuk memupuk ketulusan serta keikhlasan dalam melantunkan setiap ayat yang termaktub dalam Al-Quran.

7. Yakin Bahwa Allah Akan Memberi Kemudahan Dalam Mendalami Ayat Al-Quran
Setiap kemudahan yang diberikan kepada kita untuk mendalami dan memahami akan makna dalam Al-Quran, Memang hanya Allah SWT yang memberikan kemudahan tersebut. Sehingga ketika kita sedang membaca kalamullah ini, memang sudah sepatutnya dibarengi dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan memudahkan setiap langkah kita dalam memahami semua ayat Al-Quran. Selain itu kita yakin bahwa Allah akan memudahkan kita untuk mengaplikasikan makna ayat-ayat Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar