Begini Cara Hilangkan Kebiasaan Sering Menunda-nunda

image: fraisspa.com
Menjadikan jati diri yang lebih baik, tentu merupakan suatu hal yang diinginkan oleh semua orang bukan…?. Namun nyatanya, tidak sedikit orang yang masih saja kurang mawas diri dan merasa kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan buruk pada diri mereka. Salah satunya yakni kebiasaan menunda-nunda. Dimana kebiasaan yang semacam ini memang perlu segera ditanggulangi dengan tepat, agar tidak lagi mengganggu produktivitas diri dalam melakukan segala hal yang diinginkan.

Bahkan kebiasaan sering menunda yang dibiarkan juga akan kerap membuang waktu yang bermanfaat. Semisal di saat melakukan setiap pekerjaan yang ada di kantor, di rumah, sebagai pegawai, dan lainnya. Bagi orang yang sering menunda-nunda pekerjaan mereka, tentu akan menjadikan tingkat loyalitas kerja mereka bisa semakin memburuk.

Untuk menghilangkan kebiasaan menunda yang semacam ini, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan dengan mudah dan efektif. Sehingga kebiasaan sering menunda-nunda dalam melakukan segala hal, tidak lagi menjadi benalu yang merusak jati diri anda. Dan anda pun bisa menjadikan diri untuk lebih baik dari hari-hari biasanya. Nah, Inilah cara yang cukup efektif dalam menghilangkan kebiasaan menunda-nunda.

1. Membuat Jadwal
Jika kita simak lebih mendasar, bahwa membuat jadwal atau daftar apa saja pekerjaan yang akan dilakukan dalam setiap hari, maka akan bisa menjadikan pekerjaan bisa lebih terarah. Yang mana dari situ akan mudah untuk mengingat kembali segala sesuatu hal yang sudah terjadwalkan. Maka dari itu, anda bisa memulai untuk membuat daftar mengenai segala pekerjaan yang akan anda lakukan, guna menghindari dari keteledoran yang terjadi.

2. Bekerja Ketika Otak Masih Fokus
Menentukan waktu terbaik dalam memulai pekerjaan memang sangat dibutuhkan. Layaknya di pagi hari, yang merupakan waktu otak bisa mengeluarkan kapasitas terbaiknya, Maka anda pun bisa mencoba untuk mulai melakukan pekerjaan di waktu tersebut. Sehingga dari situ anda tidak sampai kehabisan waktu dalam menyelesaikan semua tugas jika dibandingkan dengan menyelesaikan tugas pada sore hari. Yang mana menyelesaikan tugas saat sore hari, Bisa saja menjadikan waktu terbagi untuk berkumpul bersama keluarga di malam harinya. 

3. Memberikan Sedikit Penghargaan
Di saat anda memiliki keberhasilan dalam menyelesaikan tugas, paling tidak anda bisa memberikan sedikit penghargaan dari jerih payah tersebut. Semisal dengan minum secangkir kopi, yang tentunya tidak sampai mengurangi tingkat produktivitas anda. Dengan begitu, anda pun bisa menjadi lebih rileks dan bisa mudah mengingat tentang apa tugas selanjutnya yang perlu diselesaikan.

4. Membuat Suasana Yang Rapi
Untuk mencegah rasa malas dan sering menunda pekerjaan, anda bisa membuat suasana ruangan kerja menjadi lebih bersih dan rapi. Hal demikian karena kondisi ruangan kerja yang Berantakan, akan bisa memicu rasa tidak mood dan malas dalam diri untuk melakukan segala pekerjaan yang menumpuk.

5. Memilah Waktu Dengan Tepat
Dimana ada saatnya anda memiliki waktu luang untuk beristirahat, bermedia sosial, bermain, serta hal lainnya. Maka dari itu anda harus lebih memilah waktu dengan sebaik-baiknya, agar bisa mengurangi keteledoran di saat melakukan pekerjaan, dan terhindar dari kebiasaan menunda-nunda segala tugas yang hendak dikerjakan.

6. Bekerja Secara Kelompok
Melakukan pekerjaan dengan sendiri terkadang juga akan membuat diri menjadi lebih cepat bosan. Nah, dari situ anda bisa juga melakukan pekerjaan secara kelompok, atau bersama rekan kerja anda. Selain itu, rekan kerja anda bisa menjadi pengingat bagi anda ketika menunda-nunda tugas yang seharusnya dilakukan. Dengan begitu, secara bertahap anda akan dapat menghilangkan kebiasaan menunda, serta menjadikan jati diri untuk lebih baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar