Hebat, Motor Ini Mampu Melaju Kencang Di Atas Air

image: asphaltandrubber.com
Kendaraan sepeda motor yang biasa dikendarai di atas aspal, ternyata bisa juga melaju kencang di perairan laut. Berbagai cara digunakan agar sepeda motor tersebut bisa dijalankan di atas air . Baik itu dengan cara memodifikasinya secara langsung, maupun berusaha untuk menciptakan sebuah sepeda motor amfibi yang cukup kompatibel untuk digunakan di darat maupun di lautan yang luas. 

Rancangan baru tersebut ternyata sudah mulai diterapkan di Australia dan Amerika. Yang mana Seorang  bernama Alan Gibb yang mencoba untuk memamerkan produk motornya di sebuah ajang American International Motorcycle Expo, yang bertempat di Florida, AS. Sebuah Gibbs Biski motor skuter amfibi yang berhasil diciptakan tersebut, memang cukup kompatibel untuk bisa berjalan di atas air dan Aspal. 

Namun hal demikian juga tidak kalah menarik dengan apa yang telah dilakukan oleh Robbie Maddison, yang merupakan Stund Rider berasal dari Australia. Dimana ia juga mencoba untuk memodifikasi motor yang dikendarainya. Sebuah sepeda motor Trail Adventure 250 cc 2 tak, atau KTM 250 SX bisa juga melaju kencang di perairan laut. Dan dari situ ia pun juga berhasil menjadikan sepeda motor yang dikendarainya mampu melaju bebas di atas air. 

Nah, untuk mengetahui secara detail mengenai kedua jenis motor tersebut, mari perhatikan dan simak ulasan berikut ini :

1. Gibbs Biski Motor Skuter Amfibi
Jika dilihat dari namanya, memang motor ini sengaja dirancang mirip seperti amfibi. Dimana amfibi bisa hidup di darat maupun di lautan luas. Begitu pula dengan keberadaan motor ini, yang sengaja dibuat oleh Alan Gibbs sebagai kendaraan bermotor untuk digunakan di darat dan laut. Kendaraan ini memiliki tiga roda dan berbentuk lebih besar bila dibandingkan dengan motor skuter biasa. Dimana Gibbs Biski motor skuter amfibi ini juga memiliki kemampuan melipat di saat sedang berkendara di laut. 

Sehingga jika Si pengendara motor menyentuh tombol otomatis yang sudah tersedia, maka hanya dalam kurun beberapa detik saja, Motor tersebut akan sekejap berupah menjadi jet ski dan meluncur bebas di atas air. Gibbs biski telah banyak diproduksi oleh perusahaan Gibbs Sport Amphibians Inc, yang bertempat di Auburn Hills, Michigan, AS.
Untuk lebih jelasnya, Lihat video berikut:

 2. Modifikasi KTM 250 SX
Robbie Maddison merupakan Stunt Rider yang berasal dari Australia. Dimana seorang yang kerap sekali disapa dengan sebutan “Maddo” tersebut, mencoba untuk menemukan sebuah formula dalam memodifikasi sepeda motor yang dikendarainya tersebut agar bisa mengambang dan melaju di atas air.

Dari situ ia pun juga berhasil meletakkan papan ski dari karet sebagai penyeimbang sepeda motor.  Dimana papan ski tersebut sengaja diletakkan di bagian depan dan belakang. Sehingga kondisi sepeda motor bisa tetap menjaga keseimbangan, serta bisa mengambang di atas perairan.

Namun tak hanya itu saja, bahwa ia pun juga menambahkan blok dari karet yang berguna untuk propeler, Agar lebih mudah diseimbangkan ketika sepeda motor sedang melaju di atas air. KTM 250 SX juga menggunakan ban spesifikasi khusus yang mampu digunakan di tempat berlumpur dan tanah lembek. Alhasil, tipologi ban rodanya pun juga cukup fleksibel digunakan. Dengan begitu, akhirnya Maddison telah berhasil memodifikasi sepeda motor yang dikendarainya, dan mencoba untuk menggunakannya di atas air. 
Untuk lebih jelas, Lihat video berikut:
 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar