Awas, Ini 6 Tanda Organ Usus Anda Bermasalah

image: paleomovement.com
Memang usus merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam menunjang proses metabolisme tubuh. Baik itu di bagian usus besar, usus halus, usus 12 jari, usus kosong, maupun usus penyerapan. Yang mana semuanya itu akan berguna bagi tubuh dalam melancarkan proses pencernaan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga proses pencernaan pada tubuh bisa maksimal jikalau kondisi kesehatan usus terjaga dengan baik.  

Namun banyak juga kendala jika organ usus dalam tubuh mengalami gangguan. Di antaranya mengalami peradangan pada usus, mengalami pendarahan di bagian anus, mengalami sakit perut yang cukup parah atau diverticulitis, dan masih banyak lagi penyakit usus yang cukup membahayakan bagi tubuh. Dan tentunya mengetahui gejala atau tanda-tanda usus Anda sehat atau tidak memang sangat penting bukan..?. Yang mana ketika organ usus pada tubuh sedang mengalami gangguan, maka bisa segera mendapat penanggulangan secara mudah, tepat dan efektif. 

Sementara usus ini sebenarnya merupakan organ tubuh yang cukup kompleks. Sehingga untuk mencari tahu akan kondisi usus dalam kondisi sehat atau sedang mengalami gangguan memang tidak mudah. Akan tetapi berkat adanya kemajuan peralatan medis yang cukup canggih pada masa kini, Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh seorang jubir dari Academy of Nutrition, yakni Kristi Raja MPH, RDN, menunjukkan bahwa para tim peneliti telah menganalisis beberapa trilyun bakteri yang hidup dalam organ usus, atau kerap disapa dengan sebutan microbiome usus. Sehingga dari situ dapat ditemukan tanda-tanda jika organ usus sedang mengalami gangguan.

Dan Inilah 6 tanda yang menunjukkan usus dalam tubuh anda mengalami gangguan atau bermasalah.

1. Sering Merasa Sakit di Bagian Sendi
Mengalami gangguan sendi yang cukup kronis atau Rheumatoid Arthritis, merupakan salah satu pertanda bahwa kondisi organ usus mengalami gangguan. Dimana segenap para tim peneliti mengungkapkan, bahwa terlalu sering mengalami nyeri pada sendi bisa saja terletak pada terjadinya gangguan di microbiome usus. Hal demikian karena microbiome usus ini juga bisa mempengaruhi terhadap respon daya imun di bagian luar sistem pencernaan tubuh.

Dan hal demikian memang sudah ditunjukkan berkat adanya hasil penelitian yang dilaporkan pada Nature Rheumatology, Yang menunjukkan bahwa seseorang yang menderita nyeri sendi bisa juga menyebabkan terjadi peradangan di organ usus. 

2. Sistem Kekebalan Tubuh Yang Sering Menurun
Kondisi organ usus yang mengalami gangguan bisa juga disebabkan oleh tubuh yang mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang mudah rapuh. Dimana pada dasarnya bagian sistem pencernaan memang dibentengi dengan sistem kekebalan tubuh terbesar dan paling kompleks. Dan berkat adanya sistem kekebalan tubuh dalam usus itulah yang menjadikan organ usus bisa mengeluarkan zat kimia berbahaya, serta melindungi dari pathogen dan zat asing lainnya. 

Sehingga jika sistem kekebalan tubuh sering melemah, maka secara otomatis akan memberikan ruang terhadap zat berbahaya bagi tubuh untuk merusak organ usus. Dan terjadilah berbagai macam penyakit yang menyerang kesehatan usus anda.

3. Timbulnya Diare
Diare memang merupakan salah satu gangguan pencernaan tubuh. Namun hal demikian juga menjadi pertanda bahwa bisa saja organ usus sedang mengalami gangguan yang tak terduga. Dimana terjadinya diare ini memang seringkali disebabkan oleh bakteri jahat seperti patogen yang mengendap di organ usus. 

Sehingga dari situ dapat menciptakan racun yang melukai organ usus pada tubuh. Oleh karena itu, timbulnya diare juga menjadi pertanda bahwa kondisi organ usus sedang mengalami masalah. Dan sebaiknya anda bisa menanggulangi diare ini dengan tepat, yakni dengan cara memberi asupan bakteri  baik bagi tubuh, terutama organ pencernaan tubuh agar bakteri jahat bisa segera dikeluarkan secara tuntas.

4. Sering Merasa Cemas
Perlu anda ketahui, bahwa organ usus juga mempengaruhi terhadap respon pada otak. Seringkali merasa cemas, gelisah, juga bisa menjadi pertanda bahwa organ usus pada tubuh mengalami masalah. Dimana kondisi usus yang mengalami masalah ini, akan diresponkan ke otak yang berupa rasa cemas dan gelisah.

Berdasarkan studi yang telah dipublikasikan pada Annals of Gastroenterology, menunjukkan bahwa mikroba yang terdapat pada usus juga bisa mengatur kimia otak, yakni dengan cara mempengaruhi tubuh yang berupa tingkat stres dan kecemasan. Selain itu peneliti juga menunjukkan, Bahwa seseorang yang seringkali merasa cemas dan depresi akan mempengaruhi kondisi usus pada tubuh mereka. 

5. Memiliki Sensitivitas Terhadap Makanan Tertentu
Jika tubuh memiliki sensitivitas terhadap makanan tertentu seperti Intoleransi laktosa, Dimana tubuh memiliki penolakan terhadap makanan yang mengandung laktosa. Sehingga tubuh tidak mampu mencerna kandungan laktosa yang masuk. Dan hal semacam ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kondisi organ usus sedang mengalami gangguan. 

Berdasarkan hasil studi yang ada pada British Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa penggunaan makanan atau suplemen yang mengandung probiotik, memang dapat membantu bagi tubuh yang merasa kesulitan untuk menyerap laktosa. Sehingga hal demikian bisa untuk dijadikan cara dalam mengatasi masalah tubuh yang memiliki sensitivitas terhadap makanan mengandung laktosa. Dengan begitu tidak sampai menjadikan organ usus mengalami gangguan lagi.

6. Mengalami Permasalahan Pencernaan
Mengalami permasalahan pada sistem pencernaan, memang menjadi pertanda atau gejala umum yang menunjukkan bahwa ada gangguan pada organ usus. Dimana jika kondisi tubuh sering kembung, sembelit, sakit perut, dan lainnya, maka hal demikian bisa menjadi indikasi bahwa adanya kelainan di dalam organ usus. Dan hal tersebut bisa saja disebabkan oleh terjadinya iritasi pada usus, ketidakseimbangan mikrobiota tertentu, dan berbagai sebab lainnya. Sehingga kondisi yang semacam ini akan menghantarkan terjadinya peradangan pada usus, dan respon imunitas tubuh yang melemah.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar