Cara Mudah Atasi Rambut Botak atau Rontok Dengan Bawang Putih

image explorehealthyfood.com
Masalah rambut botak dan rontok tidak perlu khawatir. Ada suatu cara yang cukup mudah untuk mengatasi masalah rambut tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat pada bawang putih. Perlu anda tahu, seseorang baru dapat dikategorikan mengalami permasalahan rambut rontok, jika dalam sehari saja kehilangan 100 helai lebih rambutnya. Akan tetapi bila kurang dari itu, maka bisa dikatakan dalam kondisi normal.

Lalu apakah bisa bawang putih yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, dapat menjadi obat untuk rambut rontok, bahkan kebotakan? 

Bawang putih termasuk bahan utama memasak yang kerap kita jumpai di dapur. Bawang putih biasanya kita kenal sebagai bumbu masakan / kuliner, yang mana sudah populer di belahan dunia. Dan yang menghasilkan khasiat herbal ini adalah kandungan nutrisinya yang sangat tinggi.

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam bawang putih, Namun terkadang aromanya yang menyengat sehingga sebagian orang tidak menyukainya, kecuali hanyalah dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Maka hanya dalam jumlah sedikit pula bawang putih yang kita konsumsi setiap hari.

Secara umum, Seluruh bahan-bahan alami memiliki khasiat dan manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah bawang putih, namun sebelum mengetahui manfaatnya alangkah lebih baiknya kita mengetahui kandungan yang terdapat pada bawang putih.

1. Bawang Putih Memiliki Senyawa Allicin
Perlu anda tahu, Bawang putih merupakan tanaman yang biasa dipergunakan sebagai obat-obatan semenjak zaman Mesir kuno. Kandungan Allicin memang salah satu zat yang sangat bermanfaat sebagai obat-obatan. Allicin ini adalah salah satu komponen biologis aktif yang paling utama, dan banyak terkandung pada bawang putih. Lalu apa fungsi dari Allicin itu sendiri ?, Allicin merupakan zat anti bakteri yang terkandung pada bawang putih. Banyak sekali riset yang sudah dilakukan terhadap zat ini, serta menemukan bahwa Allicin mempunyai pengaruh yang sangat penting pada kesehatan tubuh kita, antara lain :

    a. Membantu menurunkan berat badan
    b. Melancarkan peredaran darah
    c. Mencegah hipertensi
    d. Mengandung antibody, dan masih banyak lagi


Zat Allicin inilah yang membentuk karakteristik spesial pada aroma bawang putih. Yang diyakini sangat bagus peranannya, serta membawa manfaat kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.


2. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori
Bawang putih merupakan salah satu tanaman herbal, yang mana memiliki ragam kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Bawang putih memiliki kandungan vitamin C,  kalsium, dan zat besi yang sangat tinggi.

Berikut merupakan deretan dari nutrisi yang terkandung dalam bawang putih per 136 gram nya:

    - Serat (3gr) : memenuhi 11 % kebutuhan tubuh
    - Zat Besi : memenuhi 13 % kebutuhan tubuh
    - Kalsium : memenuhi 25 % kebutuhan tubuh
    - Karbohidrat (45 gr) : memenuhi 15 % kebutuhan tubuh
    - Vitamin C : memenuhi 71 % kebutuhan tubuh


Semua nutrisi yang tersebut di atas memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi lebih dari itu, bawang putih tidak mengandung zat yang mungkin berbahaya bagi tubuh seperti lemak jenuh dan  kalori yang berlebih. Sehingga tanaman herbal ini dipastikan bisa membantu memaksimalkan kesehatan tubuh, dan  menjadikan kita bebas dari ragam penyakit.
image: cosmeticsdesign.com
Nah, Berikut adalah cara menggunakan bawang putih sebagai bahan alami untuk mengatasi kebotakan, atau kerontokan pada rambut Anda :

Cara mengaplikasikan Bawang Putih ke kulit kepala sangat sederhana. Anda cukup menghancurkan beberapa siung bawang putih dengan blender, lalu tambahkan beberapa sendok air putih. Selanjutnya oleskan bawang putih yang sudah lembut tadi ke kulit kepala, sambil melakukan pijatan dengan lembut supaya bisa meresap ke kulit kepala.

Setelah itu diamkan sekitar 5-10 menit, dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan treatment ini secara rutin selama 1 Minggu 3 kali, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar