Atasi Sakit Tulang Belakang Dengan 7 Gerakan Ini

image: edgarsnyder.com
Bagian tulang belakang yang terasa nyeri dan sakitnya tak mampu dibendung, memang cukup menghambat kinerja tubuh dalam beraktivitas. Dan biasanya sakit di bagian yang cukup vital ini kerap ditimpa oleh seseorang yang menderita nyeri di bagian punggung mereka. Di saat tubuh terlalu banyak mengangkat benda-benda berat, sering membungkuk, duduk terlalu lama, kerap sekali menjadi penyebab datangnya sakit tulang di bagian belakang.

Namun untuk mengatasi permasalahan yang semacam ini, kebanyakan orang biasa menghilangkannya dengan mengonsumsi ragam jenis obat-obatan pereda rasa nyeri,  membuat ramuan atau obat tradisional penghilang nyeri, maupun berbagai bahan alami lainnya. 

Selain cara di atas, ternyata ada  terapi atau gerakan yang mampu mengatasi sakit di bagian tulang belakang. Yang salah satunya dengan menggunakan gerakan khusus yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, maupun di berbagai tempat di saat mendapat waktu senggang. Bahkan teknik gerakan tersebut tidak sampai memakan waktu yang lama, yakni cukup tujuh menit, maka gerakan khusus ini akan selesai. Sehingga membantu tubuh untuk mengurangi sakit punggung dan rasa nyeri di bagian tulang belakang.

Ada 7 teknik gerakan yang bisa meredakan nyeri di bagian tulang belakang. Dan setidaknya anda bisa memperhatikan terlebih dahulu sebelum menerapkannya. Berikut ulasannya :

1. Peregangan Hamstring (bagian paha belakang) selama 30 detik
Berbaringlah terlentang di lantai atau matras dengan posisi kaki tetap datar. Kemudian angkatlah bagian hamstring atau paha belakang ini secara perlahan,  dengan menggunakan kedua tangan selama kurang lebih 30 detik. Dalam posisi mengangkat ke atas bagian hamstring ini, maka bisa dibarengi dengan melakukan pernapasan.  Lakukanlah 2 kali pada setiap bagian kaki yang berbeda.
image: simpleorganiclife.org
2. Melakukan peregangan lutut selama 20 detik
Langkah kedua tetap dalam posisi berbaring seperti posisi semula, Selanjutnya melakukan peregangan lutut ke dada. Yakni dengan cara salah satu bagian kaki ditekuk, kemudian tarik atau peganglah area lutut yang ditekuk untuk ditarik ke depan secara perlahan menuju bagian dada. Setelah itu tahan selama 20 detik, Dan ulangilah cara tersebut pada bagian kaki lainnya.
image: simpleorganiclife.org
3. Peregangan bagian tulang belakang dengan posisi miring
Masih dalam posisi tubuh berbaring di atas matras. Selanjutnya tahap ketiga yakni bagian salah satu kaki dan lutut diangkat dan diletakkan ke atas bagian kaki lainnya, Sehingga posisi tubuh miring. Namun posisi tangan yang lurus dengan kaki yang diangkat tadi tetap dalam posisi terlentang. Lakukanlah selama 30 detik dan ulangi pada bagian kaki yang satunya.
image: simpleorganiclife.org
4. Peregangan dengan menyilangkan kaki
Dalam posisi berbaring terlentang di atas matras, angkatlah kedua kaki anda menggunakan kedua tangan, kemudian menyilangkan kedua kaki tersebut secara perlahan. Yang mana salah satu kaki diletakkan di atas kaki yang lain. Lakukanlah selama 30 detik yang dibarengi dengan pernapasan. Ulangi cara tersebut pada kaki lainnya. 
image: simpleorganiclife.org
5. Memposisikan bahu ke bawah dengan kondisi punggung tetap lurus
Kali ini dengan kondisi tubuh yang tegak. Yakni posisikanlah bahu ke bawah dalam kondisi punggung tetap lurus, kemudian salah satu kaki ditekuk dan tangan diletakkan di bagian kaki yang ditekuk tadi. Sedangkan kaki yang lain mengarah lurus ke belakang. Lakukan cara ini dengan pernapasan selama 30 detik, dan ulangi cara tersebut dengan beralih posisi.
image: simpleorganiclife.org
6. Posisi tidur miring dengan tangan menggenggam salah satu kaki
Gerakan ini dalam kondisi tidur miring, dengan salah satu tangan diletakkan di bawah kepala. Kemudian tangan yang satunya menggenggam kaki bagian atas, dan menarik kaki tersebut ke arah belakang. Lakukan cara ini dengan dibarengi pernapasan selama 30 detik. Dan ingat, ulangi cara tersebut dan beralihlah posisi.
image: simpleorganiclife.org 
7. Gerakan penutup

A. Dengan posisi tubuh berdiri tegak , kemudian mencoba untuk sedikit membungkukkan badan dengan posisi tangan menempel pada benda atau pegangan. Barengi dengan pernapasan dan tahan selama 30 detik.
image: simpleorganiclife.org
B. Gerakan penutup yang kedua yakni posisi tubuh berdiri tegak, dengan salah satu tangan berada lurus di depan pusar. Selanjutnya tangan yang lain mulai bergerak perlahan ke atas dengan gerakan ke samping pada arah berlawanan. Lakukanlah cara ini dan tahan selama 10 detik secara bergantian posisi untuk meringankan rasa nyeri di bagian tulang belakang.
image: simpleorganiclife.org
Artikel Terkait