Inilah 9 Golongan Orang Yang Mustajab Doanya

image: yeniakit.com.tr
Doa merupakan salah satu kunci utama yang tidak lepas diucapkan bagi setiap hamba yang beriman. Setelah berusaha dalam meraih suatu hal yang diinginkan, Maka bagi hamba yang beriman tentu saja doa akan menjadi penguat untuk meraih hasil yang terbaik. Namun jika kita hanya berdoa tanpa berusaha untuk meraih hasil yang terbaik, maka hal demikian hanyalah suatu yang mustahil.

Dan jika kita memiliki kiat usaha yang begitu keras namun tidak dibarengi dengan doa, maka hal tersebut sama halnya dengan suatu “kesombongan”. Nah, Betapa pentingnya sebuah doa untuk mengimbangi usaha yang kita lakukan demi mencapai kesuksesan dan keberkahan. Dan ternyata di balik itu semua, ada beberapa golongan  orang yang selalu mustajab doanya. Di mana golongan orang-orang tersebut memang patut dijadikan renungan, agar nantinya kita mampu menjadi salah satu dari golongan orang yang mustajab do’anya. 

Dan inilah Sembilan golongan orang yang memiliki keistimewaan, Yakni selalu dikabulkan doa mereka atau mustajab doanya :

1. Doa Anak Yang Berbakti Kepada Orang Tua
Begitu banyak keutamaan yang telah diberikan oleh Allah SWT bagi anak yang ‘’ Birrul walidain ” atau berbakti kepada kedua orang tuanya. Dan bagi setiap orang yang selalu berbakti kepada kedua orang tua ini, memang menjadi faktor akan dikabulkan do’a mereka. Di mana hal demikian memang sesuai dengan suatu kisah yang terdapat dalam hadits Nabi berikut ini :

“ Akan datang padamu semua, seorang bernama Uwais bin ‘Amir beserta sepasukan mujahidin dari ahli Yaman, ia dari keturunan Murad dari Qaran. Ia mempunyai penyakit supak lalu sembuh dari penyakitnya itu, kecuali di suatu tempat sebesar uang dirham. Ia juga mempunyai seorang ibu yang ia amat berbakti padanya. Andai kata orang itu bersumpah akan sesuatu atas nama Allah, pasti Allah akan melaksanakan sumpahnya itu dengan sebab amat berbaktinya terhadap ibunya. Maka jikalau engkau kuasa meminta padanya agar ia memintakan pengampunan kepada Allah untukmu, maka lakukanlah itu!” Oleh sebab itu, mohonkanlah pengampunan kepada Allah untukku. Uwais lalu memohonkan pengampunan untuk Umar”. (Hadits Shahih Muslim : 2542)

2. Doanya Pemimpin Yang Adil
Sebagai pemimpin yang adil, tentu beban yang dipikul pun tidak segampang yang dibayangkan dalam benak pikiran. Namun di sisi lain, seorang pemimpin yang adil memiliki keutamaan yang cukup luar biasa. Selain mereka termasuk golongan yang mendapat naungan di hari kiamat kelak, mereka juga diberi keutamaan oleh Sang Pencipta menjadi golongan yang doanya mustajab.

3. Doa Orang Yang Berpuasa Sampai ia Berbuka
Orang-orang yang menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa yang diwajibkan maupun puasa sunnah, Maka mereka juga termasuk golongan orang yang terkabul atau mustajab doanya. Selain ganjaran yang akan diberikan bagi orang yang berpuasa ini, maka banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang akan diberikan kepada mereka.

4. Doanya Orang Yang Didzalimi
Janganlah bersedih bagi setiap insan yang selalu didzalimi atau bahkan disakiti. Karena di balik itu semua, Allah SWT akan memberikan sesuatu yang luar biasa bagi mereka yang selalu didzalimi. Dan itulah yang menjadi bukti nyata bahwa Allah SWT merupakan Dzat yang Maha Adil. Dan bagi orang-orang yang mendapat fitnah atau merasa disakiti, maka golongan orang-orang ini juga akan dikabulkan pada setiap doa yang mereka panjatkan.

Hal demikian memang berdasarkan hadits Nabi SAW, yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi :
“ Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (Hadis ini dinilai hasan oleh Imam Tirmidzi dan Hafidz Ibnu Hajar).

5. Doa orang Tua Kepada Anaknya
Setiap orang tua pasti akan menginginkan anak-anak mereka diberikan kehidupan yang lebih baik. Terlebih lagi harapan dan doa seorang ibu pada anak-anaknya. Di mana sebagai orang tua yang diberikan amanat oleh Allah untuk mendidik serta mengayomi anak-anak mereka, maka mereka pun diberikan keutamaan oleh Allah, yakni memiliki doa mustajab ketika mendoakan anak-anaknya. 
image: loverproblemsolution.com
6. Doa Seorang Musafir (orang yang sedang melakukan perjalanan)
Allah SWT memang merupakan Dzat yang Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Di mana di setiap perjalanan yang ditempuh oleh orang musafir ini, maka di situlah Allah SWT memberikan waktu-waktu doa mereka dikabulkan. Selain mendapat keutamaan bagi setiap hamba Allah yang melakukan perjalanan jauh, Yakni juga mendapat rukhsah untuk menjama’ dan meng-qasar shalat mereka. Mereka pun juga termasuk golongan orang yang terkabul doanya.

Hal demikian memang berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi, dari rawi keduanya yakni sahabat Abu Hurairah R.A, menjelaskan :
“ Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya; Doanya orang tua (maksudnya untuk anaknya), doanya seorang musafir, dan doanya yang terdzalimi.”

7. Doa Orang Yang Sedang Dilanda Musibah
Dalam menghadapi hidup di dunia yang biasa dipenuhi dengan ujian dan cobaan ini, maka Allah SWT pun juga akan mengabulkan doa bagi orang-orang yang lagi terkena musibah. Dan janganlah takut dan bersedih hati, percayalah bahwa Allah selalu berada di dekat kita semua dalam kondisi apapun.

Allah SWT tidak akan membiarkan bagi setiap hamba-Nya yang sedang dilanda permasalahan berat, atau berbagai musibah yang mereka alami. Sehingga Allah SWT akan meringankan beban mereka semua, asalkan mereka mau meminta atau berdoa kepada-Nya.
Dalam Q.S An-Naml : 62 , Allah SWT berfirman : “ Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?.  Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)?, Amat sedikitlah kamu mengingati-Nya.”

8. Orang Muslim Shalih Ketika Berdoa Kebaikan
Suatu rintangan hidup memang tidak bisa diperhitungkan kapan datangnya. Sehingga bagi hamba yang shalih dan beriman kepada tuntunan agama, Allah SWT akan mengabulkan setiap doa kebaikan yang mereka panjatkan. Serta mereka diberikan keselamatan dari setiap bencana yang mereka hadapi.
Hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi menjelaskan : “ Tidaklah seorang berdoa kepada Allah, melainkan Allah akan mengabulkan apa-apa yang dimintanya atau mencegah darinya keburukan yang akan menimpanya, Yang setara dengan apa yang dimintanya, selama dia tidak meminta untuk suatu perbuatan dosa atau memutus silaturrahim.”

9. Orang Muslim Yang Mendo’akan Saudaranya, Tanpa Sepengetahuannya
Apabila ada seorang muslim yang hendak mendoakan saudaranya, tanpa adanya sepengetahuan orang yang didoakan, Maka di situ tersimpan makna kesungguhan dan keikhlasan seseorang yang mendoakan saudaranya tersebut. Dan orang-orang ini, juga termasuk sebagai golongan orang yang mudah terkabul / mustajab doanya.
Berdasarkan apa yang telah dinukil dalam sebuah hadits Nabi menjelaskan : “ Sesungguhnya do’anya seorang Muslim kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah dikabulkan, dan di sisi kepalanya ada Malaikat (yang ditugaskan kepadanya, setiap kali berdo’a kepada saudaranya dengan kebaikan), para Malaikat berkata, ‘’ Amin, dan bagimu yang semisalnya’.” (H.R Muslim)
Artikel Terkait