Obati Gigi Sensitif Dengan 4 Bahan Alami Ini

image: abbydental.ca
Lapisan enamel yang menipis, memang tidak bisa dipungkiri telah menjadi biang keladi gigi lebih sensitif. Akibatnya rasa ngilu yang cukup tajam sering kali menyerang gigi, terlebih lagi ketika digunakan untuk mengunyah makanan yang panas, dingin, manis, dan asam. Kondisi semacam ini bisa berawal dari menipisnya enamel pada gigi, hingga merembet pada terbukanya lapisan tengah gigi  atau “dentin”. Sayangnya, banyak orang yang masih kurang mengetahui secara pasti akan beberapa sebab lain yang menjadikan gigi ini menjadi lebih sensitif.

Perlu anda tahu, bahwa gigi yang sensitif ini juga kerap sekali disebabkan oleh tekanan yang terlalu kuat pada saat menyikat gigi, terjadinya penurunan gusi, sering menggertakkan gigi secara berulang, atau bisa juga gusi mengalami gangguan. Sehingga dari situ semua akan mengancam kesehatan pada gigi anda. 

Beraneka cara bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi sensitif ini. Baik itu dengan menggunakan bantuan dokter spesialis gigi, maupun dengan obat-obatan tertentu yang beredar sekarang ini. Namun di sisi lain ada juga bahan alami yang mudah untuk anda temukan, sebagai langkah penanggulangan gigi sensitif secara alami. 

Dan Inilah 4 Bahan alami yang mampu mengatasi masalah gigi sensitif :

1. Daun Jambu Biji
Dengan memanfaatkan kandungan hebat yang tersimpan pada daun jambu biji ini, akan mampu meningkatkan kesehatan gigi, terlebih lagi mengobati gigi sensitif secara alami. Yang mana pada satu lembar daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya gigi sensitif.


Sediakan 4 lembar daun jambu biji, kemudian rebus dengan segelas air dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu saring dan tuangkan dalam satu gelas, lalu minumlah secara teratur untuk menanggulangi permasalahan gigi sensitif.

2. Bawang Putih
Menggunakan bawang putih sebagai obat gigi sensitif dan penghilang rasa ngilu yang muncul memang bisa dilakukan. Hal demikian karena kandungan allicin yang terdapat pada bumbu dapur ini, akan berperan sebagai Anestesi alami untuk mengatasi gigi sensitif. Selain itu bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman penyebab infeksi mulut dan rongga mulut.

Sediakan satu siung bawang putih yang sudah dipotong menjadi dua bagian, dan air hangat secukupnya. Kemudian gosokkan bawang putih tersebut pada bagian gigi selama beberapa menit, setelah itu berkumur dengan air hangat untuk membersihkannya.

3. Bawang merah
Kandungan flavonoid yang tersimpan pada bawang merah memang sebagai anti-inflamasi alami. Sehingga juga mampu untuk mengatasi masalah gigi sensitif. Gunakan bumbu dapur ini untuk menggosokkan pada area gigi secara perlahan selama beberapa menit. Lalu berkumurlah dengan air hangat dan rasakan khasiatnya.

4. Air Garam
Menggunakan air garam memang diklaim mampu untuk mengatasi gigi sensitif secara alami. Yang mana tingkat keasaman mulut dapat diseimbangkan, sehingga mampu meredakan rasa ngilu pada gigi sensitif, serta mengatasi luka pada gusi. Ambil saja 2 sendok garam dapur dan tuangkan pada satu cangkir air hangat. Kemudian buatlah berkumur dan tahan selama beberapa menit, lalu kumurlah dengan air biasa untuk membersihkannya.
Artikel Terkait