9 Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam

image: mayostyle.com
Terjadinya kulit cepat kering dan kusam gampang sekali membuat penampilan Anda terganggu. Biang keladi yang sering menjadikan kulit di tubuh anda terlihat kusam, kering, dan tampak gelap, bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu diketahui. Di antaranya karena faktor genetik, kurangnya asupan air dan mineral yang menjadikan kulit di tubuh cepat dehidrasi, kesalahan dalam memilih produk kecantikan, serta kebiasaan yang tidak sehat. 

Yang mana hal tersebut akan mampu membuat lapisan kulit epidermis di tubuh menjadi berkurang. Akibatnya kulit seperti di bagian wajah, tangan, dan bagian tubuh yang lain cepat sekali kusam, kering , dan kemerahan.

Banyak sekali treatment tertentu untuk mengatasi permasalahan kulit kusam dan kering ini. Namun selain menggunakan treatment khusus, Ada beberapa jenis bahan alami yang tidak kalah ampuh untuk  membuat kulit tampak elastis, melembutkan kulit kusam dan kering, agar tetap sehat alami. Sehingga anda bisa langsung menerapkannya di sela-sela waktu luang ketika berada di rumah. 

Berikut 9 cara alami untuk mengatasi kulit kering dan kusam dengan mudah :

1. Dengan Kacang Almond
Tahukah anda bahwa kandungan vitamin E yang terdapat pada Si kacang Almond ini, memang patut anda coba untuk menyegarkan kulit agar tetap elastis, dan menjaga kelembaban kulit agar tak mudah kusam dan mengering. Selain kacang almond, anda bisa mengonsumsi ragam jenis kacang-kacangan lain yang diperkaya dengan vitamin E di dalamnya.

2. Memanfaatkan Gandum
Terdapatnya kulit kusam, kering, dan kasar memang cukup meresahkan bukan..?. Nah untuk menanggulanginya, Gandum juga diperkaya akan senyawa alami yang dikenal dengan sebutan ‘’Avenanthramides’’. Yang mana kandungan ajaib ini memiliki kemampuan untuk melembutkan kulit yang kusam dan kasar, mengatasi peradangan di kulit, dan mengatasi kulit yang kemerahan.

3. Memakai Minyak zaitun
Memang ketenaran minyak zaitun ini cukup dikenal sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit di wajah anda. Selain itu, kandungan minyak zaitun juga dapat dipergunakan untuk membuat kulit tetap lembab dan elastis. Jika anda berminat untuk menggunakan bahan alami yang satu ini, terapkan minyak ajaib ini pada area kulit yang terlihat kusam dan mengering, Sehingga Anda bisa rasakan khasiatnya.

4. Dengan Buah Nanas
Pada buah nanas memang dapat meningkatkan kualitas kulit pada tubuh anda, Termasuk permasalahan kulit kusam dan kering di wajah. Bahkan membuat masker nanas bisa juga menjadi bahan alami yang cukup manjur dalam menghilangkan bercak-bercak di kulit, serta jerawat yang kerap sekali melanda. 

5. Menggunakan Buah Semangka
Efek dingin pada buah semangka memang cukup manjur dalam mengatasi kulit yang dehidrasi. Yang mana dehidrasi pada kulit ini, memang kerap sekali menjadi biang keladi kulit cepat kering dan kusam. Untuk mencapai hasil maksimal dalam menanggulangi kulit kusam dan kering, anda bisa membuat buah ini sebagai masker alami, atau bisa langsung mengonsumsinya secara rutin dan teratur.
image: wikitricks.org
6. Menjadikan Mangga Sebagai Pelembab Alami
Kegunaan enzim aktif pada buah mangga memang berguna sekali dalam melembabkan kulit, membantu tingkat elastisitas kulit, serta menyingkirkan sel kulit mati yang menjadi gejala munculnya permasalahan pada kulit. Anda bisa kombinasikan mangga dan madu, untuk dijadikan masker alami dalam mengatasi kulit kusam dan kering ini.

7. Dengan Buah Pisang
Menjadikan buah pisang sebagai masker akan dapat membuat kulit tetap lembab dan segar alami. Sehingga jika anda berkenan untuk membuat buah ini dalam mengatasi kulit kusam dan kering, maka campurkan minyak zaitun ke dalam pisang susu yang dilembutkan untuk dijadikan masker. Lalu terapkan ke wajah dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. 

8. Menggunakan Alpukat
Kandungan lemak nabati yang cukup tinggi pada alpukat, memang mampu memberikan efek lembut dan mencegah kulit kusam di wajah. Gunakanlah alpukat sebagai masker pelembab kulit, dan bisa anda jadikan masker alami agar asupan yang dibutuhkan kulit tetap terpenuhi.

9. Memanfaatkan Labu
Bahan alami lain yang bisa anda gunakan dalam menangani kulit kering dan kusam yakni Labu. Di mana kandungan Zinc yang terdapat pada labu, bisa anda manfaatkan untuk menjadikan kulit tampak lebih cerah, serta mengatasi kulit kering dan kusam. Buatlah buah labu ini sebagai bahan dasar untuk membuat masker, serta tambahkan satu sendok madu murni. Kemudian gabungkan dengan putih telur secukupnya, dan terapkan masker tersebut pada wajah anda. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Selain menggunakan bahan alami di atas untuk mengatasi kulit kusam dan kering ini, anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini : Minum air yang cukup agar tak mudah mengalami dehidrasi, olahraga teratur, dan memenuhi asupan nutrisi serta vitamin pada tubuh. Dengan begitu, kondisi kulit tubuh yang cepat kering dan kusam ini dapat tertanggulangi secara efektif dan alami.
Artikel Terkait