7 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi Anda

image: bellafruits.com
Permasalahan pada organ gigi yang kurang terawat dengan baik, kerap sekali menimbulkan masalah yang tidak terduga. Baik itu terjadinya gigi retak dan berlubang, mengalami sakit pada gusi, dan bisa saja bagian pulpa gigi mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Yang mana semuanya itu tentu menjadikan anda merasa tidak nyaman bukan..?. Apalagi munculnya gigi yang berlubang bisa juga mengurangi rasa percaya diri Anda. Oleh sebab itu menjaga kesehatan gigi dan gusi ini memang sangatlah penting.

Banyak sekali treatment yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi agar terlihat putih dan sehat. Selain menerapkan treatment tertentu dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi , Ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga gigi dan gusi agar tetap kuat dan sehat.  Yang mana pada makanan tersebut terdapat beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh gigi dan gusi anda.

Dan inilah 7 jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, agar tetap terawat dengan baik.

1. Jamur Shitake
Untuk menjadikan gigi agar tetap putih alami dan terhindar dari timbulnya kerusakan, anda bisa mengonsumsi jamur shitake sebagai bahan alaminya. Yang mana kandungan Lentinan pada jamur yang satu ini, memang mampu mencegah peradangan pada gusi serta menangkal berbagai macam bakteri yang merusak gigi anda.  Anda bisa mengolah jamur ini dalam bentuk masakan untuk mengonsumsinya secara rutin. 

2. Seledri, Wortel, dan Brokoli
Ketiga jenis sayuran ini memang merupakan makanan yang baik untuk kesehatan gigi anda.  Sayur seledri memiliki peran penting untuk merangsang produksi air liur, yang berguna mengontrol keberadaan bakteri yang berada di mulut. Sedangkan nutrisi wortel berfungsi untuk membantu membersihkan bakteri yang menyebabkan gigi anda bernoda. Kemudian brokoli memiliki peran penting sebagai makanan lapisan anti asam, yang berguna untuk menguatkan enamel gigi. Oleh karena itu, ketiga sayuran tersebut memang cukup kompleks manfaatnya untuk menjadikan gigi tetap putih, sehat, dan kuat.

3. Apel, Jeruk, dan Nanas
Kandungan asam yang terdapat pada buah Apel memang cukup manjur untuk memutihkan gigi anda. Sedangkan nanas dan jeruk juga mengandung asam yang memiliki peran penting dalam membantu produksi air liur, dan mencegah dari terjadinya kerusakan gigi karena bakteri. Selain itu, jenis buah-buahan ini juga mampu membuat gigi Anda tetap putih dan sehat. Oleh karena itu, ada baiknya anda mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin.

4. Biji Wijen
Tahukah anda bahwa biji wijen memang kerap sekali dijadikan campuran pada jenis roti atau kue tertentu. Namun di balik itu semua, biji-bijian yang satu ini juga mengandung senyawa alami untuk menghilangkan plak, dan menguatkan enamel pada gigi anda. 

5. Keju
Selain terasa lezat dan nikmat, keju juga mampu untuk membantu kesehatan gigi dan mulut Anda. Kandungan nutrisi yang terdapat pada keju memang dipenuhi dengan kalsium dan fosfat, yang mampu menjadi penyeimbang pH. Sehingga bakteri tidak sampai tumbuh berkembang untuk merusak gigi anda. Terutama hal ini pada jenis keju keras, yang bisa anda jadikan bahan alami untuk menyehatkan gigi.

6. Teh Hijau
Kandungan Catechin pada teh hijau juga cukup dikenal sebagai bahan alami untuk membantu kesehatan gigi dan gusi Anda. Yang mana senyawa alami ini akan mampu membunuh bakteri pada mulut, dan menghilangkan bau tak sedap yang timbul. Dengan begitu timbulnya peradangan pada gusi bisa dicegah secara efektif.

7. Buah Kiwi
Di mana buah yang satu ini memang diperkaya dengan vitamin C yang cukup tinggi, dan mampu menjaga jaringan kolagen pada gusi dari serangan bakteri. Sehingga munculnya peradangan pada gusi dapat dicegah, serta kesehatan gigi pun tetap terjaga dengan baik.
Artikel Terkait