Obati 5 Penyakit Ini Dengan Daun Kemangi

image: stylecraze.com
Aroma segar pada daun kemangi mampu menjadikan menu masakan terasa lebih nikmat dan menggoda selera. Sehingga tak heran banyak orang yang memanfaatkan daun kemangi sebagai pelengkap dalam menu masakan. Daun kemangi biasanya dijadikan sayuran pendamping masakan urap-urap, masakan pecel, lalapan, serta berbagai menu hidangan lainnya. 

Selain aromanya yang segar,  Ternyata daun kemangi juga dapat memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal demikian karena daun kemangi mengandung berbagai macam senyawa alami yakni Flavonoid Polifenol, Beta Karoten, Vitamin A, Cryptoxanthin, Lutein, Kalium, Vitamin K, dan beragam senyawa alami lainnya. Sehingga dengan adanya kandungan zat tersebut, maka sangat membantu dalam mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, Kita bisa memanfaatkan daun kemangi ini untuk mengatasi beragam penyakit secara alami. Nah, Berikut beberapa penyakit yang bisa anda obati dengan tanaman herbal tersebut :


1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Daun kemangi mengandung senyawa alami berupa Orienting, Vicenin, serta Zeaxanthin, yang mana akan menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu, kandungan zat alaminya juga membantu meningkatkan fungsi jantung dalam memompa darah, serta mengatur kontraksi otot pada pembuluh darah. Dengan begitu akan dapat mengatur tekanan darah dalam tubuh kita. Konsumsilah daun kemangi secara rutin, baik itu sebagai lalapan atau dimakan secara langsung.

2. Mengobati Infeksi Akibat Luka
Agar luka bagian luar tubuh anda cepat mengering dan terbebas dari infeksi bakteri, manfaatkan daun kemangi sebagai bahan alaminya. Hal ini karena daun kemangi mengandung senyawa berupa Limonene, Sitral, serta Eugenol, yang mana berfungsi sebagai anti bakteri, dan mempercepat penyembuhan luka.

Caranya, Bersihkan bagian luka dengan air, lalu oleskan daun kemangi yang sudah dihaluskan. Jika olesan daun kemangi pada luka sudah mengering, gantilah dengan olesan yang baru lagi. Dengan begitu, infeksi atau luka bisa disembuhkan dengan cepat.

3. Mengatasi Batuk Dan Pilek
Untuk mengatasi batuk maupun pilek, buatlah seduhan minuman dari daun kemangi yang masih segar. Minumlah seduhan selagi masih hangat, sehingga akan membantu mengatasi batuk dan pilek, serta menghangatkan tubuh Anda. Sifat anti bakteri pada daun kemangi berkhasiat untuk menangkal bakteri atau virus dalam tubuh kita. Sehingga serangan batuk maupun pilek akan segera mereda.


4. Mengobati Keputihan
Sifat antibiotik yang terdapat pada daun kemangi akan mampu membunuh kuman yang menyebabkan keputihan. Selain itu juga bisa mengatasi aroma tak sedap pada daerah kewanitaan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, atau mencampurkannya pada menu makanan anda. Konsumsilah secara rutin agar penyakit keputihan bisa segera teratasi.


5. Mengobati Peradangan
Senyawa alami berupa zat Cineole Myrcene dan Eugenol pada daun kemangi, Akan berfungsi sebagai Antibiotik untuk tubuh kita. Yang mana zat alami tersebut, nantinya akan membantu mengobati serta mencegah peradangan dalam tubuh kita. Sementara untuk mengatasi radang atau sakit tenggorokan, Anda bisa langsung berkumur dengan air rebusan daun kemangi. 

Semoga tips di atas membantu Anda.... 
 Peringatan Penting....!!!
- Jangan mengonsumsi daun kemangi bersama dengan obat-obatan medis, dikhawatirkan menimbulkan dampak tidak baik bagi tubuh.
- Khusus bagi ibu Hamil, konsultasikan dulu pada dokter sebelum mengonsumsi daun kemangi.
- Pergunakanlah daun tersebut dengan bijak, Jangan berlebihan ( sewajarnya saja ).   
Artikel Terkait