9 Kiat Agar Otak Anda Selalu Sehat Dan Tetap Fokus

Gambar: stopfryingyourbrain.com
Seperti yang kita ketahui, otak merupakan salah satu organ penting bagi kehidupan manusia. Maka dari itu, seseorang diharuskan untuk menjaga kesehatan otak dengan melalui gaya hidup yang sehat. Perlu diketahui, kinerja otak kita ini dapat melambat karena bertambahnya usia kita. Seperti halnya kinerja organ tubuh lainnya juga akan semakin menurun kinerjanya, seiring dengan bertambahnya umur kita.
Namun Anda tidak perlu khawatir, perlambatan tersebut merupakan hal yang wajar-wajar saja. Tetapi Anda juga dapat membuat otak agar tidak terlalu melambat dengan cara tetap menjaga kesehatan otak kita. Sehingga di usia tua pun, otak kita bisa tetap bekerja dengan maksimal, tanpa terganggu dengan melemahnya fungsi otak.

Nah, Berikut ini ada beberapa kiat yang dapat menjaga otak Anda tetap dalam keadaan sehat dan fokus.

1. Berjalan Kaki
Hanya dengan berjalan kaki dapat menjaga kemampuan kinerja otak Anda. Karena ketika Anda berjalan kaki pasti juga akan mengexplore lingkungan yang Anda jelajahi. Dengan begitu, otak tetap dalam keadaan neuroplastic, atau telah siap untuk menyerap dan menerima informasi. Selain itu, jalan kaki juga dapat menurunkan risiko pikun ketika tua nanti.

2. Belajarlah Bahasa Lain
Belajar bahasa lain memang tidak mudah, dan kebanyakan orang malas untuk melakukannya. Namun dengan mempelajari bahasa baru, otak Anda pada bagian cerebral dan hippocampus akan mengembang dan aktif. Otak bagian tersebutlah yang berfungsi untuk mengingat dan melakukan misinya.

3. Konsumsi Kacang dan Zaitun
Buah zaitun atau minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk otak Anda, Begitu pula dengan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi kedua makanan tersebut, maka otak Anda akan tetap terjaga kesehatannya.

4. Tidur Yang Cukup
Dengan beristirahat atau tidur yang cukup setiap harinya, Anda akan mendapatkan kualitas yang baik dalam tidur. Tidur yang berkualitas itulah yang baik untuk menjaga kesehatan otak Anda. Dengan tidur yang cukup juga dapat membantu lebih fokus dan berkonsentrasi. Ketika Anda tidur, maka sel-sel otak akan melakukan detoksifikasi sampah yang ada di dalam otak. Jadi Anda perlu memperhatikan waktu untuk beristirahat di setiap harinya.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3
Omega-3 sangat membantu Anda dalam menyehatkan otak, Karena otak membutuhkan asupan nutrisi omega-3. Sementara jika otak kekurangan asupan nutrisi tersebut, akan mengalami berbagai masalah seperti IQ rendah, masalah pada fungsi otak, depresi, dan sejenisnya. Anda dapat menemukan kandungan omega-3 pada makanan seperti ikan, telur, dan lainnya.

6. Minum Teh Hangat
Dengan Anda meminum teh hangat, maka kesehatan otak akan tetap terjaga. Anda dapat memberi asupan oksigen ke otak yang melalui transmisi syaraf hanya dengan mengonsumsi teh. Selain itu, teh juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi teh pada pagi hari dan sore hari, maka pikiran Anda akan tetap tenang dan menjadi lebih rileks.

7. Konsumsilah Buah-Buahan Dan Sayuran
Di dalam buah-buahan dan sayuran terdapat kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh kita termasuk otak. Dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, pasti akan membuat kinerja otak kita tetap normal. Selain itu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, maka dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke otak, sehingga kita dapat berpikir dengan optimal.

8. Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup
Seperti yang kita ketahui, air putih mempunyai banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh. Dengan Anda mengonsumsi air setiap harinya, maka zat-zat dalam tubuh yang tidak berguna akan hilang. Selain itu, air putih juga dapat menyehatkan otak. Jika otak Anda kekurangan cairan, maka kinerja otak juga akan melambat dan tidak maksimal. Maka dari itu, konsumsilah air putih setiap hari kurang lebih 8 gelas.

9. Jangan Berlebihan Surfing Di Internet
Di zaman modern ini semua teknologi semakin maju, tetapi terkadang kemajuan tersebut yang membuat kita semakin malas. Sekarang segala sesuatu yang tidak kita ketahui dapat dicari di dunia internet. Dengan begitu, orang akan merasa malas mengingat-ingat karena cenderung bergantung pada internet tersebut. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mengimbangi dengan membaca buku. Karena dengan membaca buku, maka otak Anda akan bekerja lebih fokus dan dapat menyimpan informasi lebih lama.

Selain hal yang tersebut di atas, Ternyata pakaian yang kita kenakan juga dapat mempengaruhi kinerja otak kita. Dengan mengenakan busana formal misalnya, maka pola pikir Anda juga akan lebih serius setiap harinya. Begitu pula sebaliknya, pikiran Anda akan cenderung santai saja jika menggunakan pakaian bebas, pakaian santai, atau sejenisnya. Jadi jika ingin otak Anda tetap sehat, usahakan selalu fokus setiap saat, terutama ketika bekerja atau melakukan aktivitas penting lainnya.
Artikel Terkait