Cara Merebus Telur Agar Tidak Mudah Pecah

Gambar: onceuponachef.com
Memasak telur untuk dijadikan santapan lezat dan nikmat dalam berbagai bentuk hidangan, memang cukup menggoda lidah bukan..?. Apalagi jika telur diolah menjadi telur balado, telur bumbu bali, telur pindang, dan sup sawi yang tidak kalah nikmat akan aromanya yang sedap. Lantas bagaimana jika si bundar yang imut ini ketika direbus menjadi cacat, atau bahkan pecah..?. Pasti hal tersebut cukup mengecewakan, dan dalam menyajikannya pun akan menjadi tidak sempurna.

Namun anda janganlah khawatir, bahwa untuk merebus telur agar tidak sampai retak dan tetap terjaga kemulusannya, Ada beberapa teknik jitu yang perlu anda cermati. Bahkan dengan beberapa teknik ini, anda pun tidak susah payah untuk mengupas kulit telur tersebut. Sehingga masakan yang anda sajikan pun bisa terlihat sempurna, dan rasanya pun cukup menggoda.

Berikut langkah mudah untuk merebus telur agar tidak mudah cacat atau pecah :

- Perhatikan dalam memilih telur
Untuk langkah pertama yang perlu anda perhatikan yakni pilihlah telur yang ditetaskan 2 atau 3 hari setelahnya. Dan jangan membeli telur yang baru ditetaskan. Hal demikian karena jika telur tersebut baru ditetaskan dan langsung dimasak / direbus, biasanya akan lebih terasa lengket. Sehingga dari situ akan menjadikan kulit pada telur susah sekali dikupas ketika sudah masak. Kondisi yang semacam ini akan menjadikan bentuk telur mudah sekali rusak atau pecah.

Oleh karena itu di saat membeli telur, hendaknya bisa memperhatikan hal tersebut. Membeli telur yang berumur 2 atau 3 hari setelah ditetaskan akan tetap masih segar. Jadi, anda janganlah khawatir bahwa kondisi telur yang akan anda beli tetaplah masih segar dan sehat untuk dikonsumsi.

- Tambahkan Asam Jawa ke dalam air rebusan
Di saat anda hendak merebus air ke dalam panci, maka tambahkanlah asam jawa ke dalam air rebusan tersebut. Dengan begitu akan mampu menjadikan telur yang akan dimasukkan ke dalam air rebusan tersebut terhindar dari kerusakan bentuk atau pecah. Sehingga di saat telur tersebut siap untuk disajikan, bentuk telur akan tetap mulus dan mudah untuk dikupas kulitnya.

- Perhatikanlah cara merebus telur tersebut
Janganlah merebus telur tersebut ke dalam panci sejak awal ketika merebus air. Karena hal demikian hanya akan menjadikan bentuk telur tersebut cacat, atau kuning telur menyembul keluar ketika hendak mengupasnya. Cara yang tepat yakni masukkan telur di saat air rebusan tersebut sudah mendidih. Setelah itu telur siap untuk dimasukkan ke dalam panci dan tunggulah hingga telur sudah masak. 

Atau bisa juga anda menunggu telur yang direbus tersebut dalam kondisi setengah matang, kemudian matikan kompor dan tutuplah panci. Selanjutnya tunggulah beberapa menit hingga kondisi telur tersebut sudah masak. Lalu keluarkanlah telur dari dalam panci, diamkan sebentar dan kupas kulitnya. Alhasil, anda bisa mengonsumsinya atau  mengolah telur rebus tersebut menjadi aneka sajian sesuai dengan keinginan anda.
Artikel Terkait