8 Cara Mudah Menghilangkan Kutil Tanpa Operasi

Gambar: noskinproblems.com
Kutil merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan, pastinya bila Anda memiliki kutil akan merasa risih. Kutil muncul karena kulit terkena virus Papiloma, yang dapat menular melalui sentuhan dari kulit ke kulit. Munculnya virus tersebut bisa saja disebabkan oleh kurangnya seseorang menjaga kebersihan tubuh.

Pada umumnya menghilangkan kutil yang mulai mengeras, yaitu dengan cara dipotong melalui operasi kecil. Pastinya sebagian orang merasa takut bila menghilangkan kutil dengan cara tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara alami untuk menghilangkan kutil tanpa melalui proses operasi. Sehingga dengan kulit tubuh yang bersih dari kutil, maka akan menjadikan penampilan anda semakin menawan. Dan tentunya lebih membuat anda percaya diri di hadapan orang lain.

Nah, Berikut ini ada beberapa cara alami yang dapat mengatasi masalah penyakit kulit Anda tersebut.

1. Menggunakan Kemangi
Pada umumnya daun kemangi ini dikonsumsi sebagai lalapan. Selain itu, daun kemangi ini juga dapat menghilangkan kutil secara alami. Caranya ambil beberapa lembar daun kemangi, dan Anda dapat menumbuk daun tersebut hingga lembut. Kemudian tutuplah kutil Anda dengan daun kemangi yang sudah dilembutkan tadi. Lalu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah cara tersebut secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Nanas
Buah pada umumnya memiliki banyak sekali nutrisi serta vitamin. Begitu juga dengan buah nanas, selain memiliki banyak nutrisi, buah nanas ini dapat menyembuhkan kutil pada kulit Anda. Namun tidak dengan dikonsumsi, melainkan hanya dioleskan saja. Caranya potong buah nanas menjadi beberapa bagian, dan oleskan pada kutil Anda kemudian diamkan beberapa saat. Selanjutnya Anda dapat membilas dengan air hingga bersih. Lakukan tips tersebut setiap hari hingga kutil sembuh, karena nanas sendiri juga dapat mencegah terjadinya kutil pada kulit.

3. Memakai Cuka Apel
Anda juga dapat menghilangkan kutil dengan mudah, yaitu menggunakan cuka apel. Oleskan cuka apel pada kutil yang tumbuh di permukaan kulit Anda. Jika kutil Anda besar atau berjumlah banyak, Anda dapat mengoleskan cuka apel ini secara menyeluruh atau merata. Dengan menggunakan cuka apel ini, maka sel protein yang ada pada kulit akan terlepas, sehingga kutil pun juga akan ikut terlepas.

4. Dengan Kulit Pisang
Menghilangkan kutil juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kulit pisang. Sementara buahnya juga dapat Anda konsumsi untuk melancarkan pencernaan, dan menambah tenaga. Ya, Hanya dengan kulit buah pisang, maka bisa menghilangkan kutil pada kulit Anda.

Caranya gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit Anda. Nah, dengan menggosokkan kulit pisang tersebut akan membantu mengeluarkan kandungan zat alami pada kulit pisang. Sebaiknya Anda menggunakan kulit pisang yang masih segar, dan gosoklah pada kulit Anda setiap hari. Karena selain dapat menghilangkan kutil, kulit Anda juga akan terhindar dari jamur-jamur yang bisa mengganggu kulit Anda.

5. Dengan Bawang Putih
Salah satu rempah-rempah ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami menghilangkan kutil. Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga dapat menyembuhkan kutil. Anda hanya cukup dengan menghaluskannya saja, atau jika tidak ingin repot potong saja menjadi dua bagian lalu dioleskan ke kutil Anda. Sebenarnya yang dibutuhkan adalah cairan yang ada pada bawang putih untuk menyembuhkan kutil.

6. Menggunakan Kentang
Pastinya Anda tidak menyangka bahwa kentang bisa menyembuhkan kutil, karena kentang sangat jarang digunakan sebagai obat. Caranya yaitu, Anda harus merebus kentang terlebih dahulu agar lebih mudah menggunakannya. Kentang yang sudah direbus dapat Anda lembutkan dan oleskanlah pada kutil Anda. 

Gunakanlah kentang ini setiap hari agar kutil Anda cepat hilang. Anda pun tidak perlu khawatir, karena kentang tidak memiliki efek samping bila digunakan secara berlebih.

7. Memanfaatkan Getah Pepaya
Biasanya bila seseorang yang terkena getah pepaya akan langsung menyingkirkannya. Selain lengket pada kulit, getah ini juga sulit dihilangkan bila terkena baju. Tetapi jangan salah mengira, jika getah pepaya mengenai kutil pada kulit, maka akan dapat membantu menghilangkan kutil tersebut. Sebaiknya Anda langsung mendapatkan getah tersebut langsung dari pohonnya, karena getah pada pohon pepaya lebih segar dibanding pada buahnya.

8. Mengonsumsi Teh Hijau
Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin tiap hari, maka dapat menyembuhkan kutil pada kulit Anda. Karena dalam teh hijau terdapat kandungan epigallocatechin dan polifenol, yang mana kedua zat ini mampu membuang racun serta mencegah terjadinya kutil. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengonsumsi teh hijau ini sebanyak 2 kali dalam sehari.
Artikel Terkait