Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Bersih-bersih Rumah

Gambar: jemwindowcleaning.com
Menjalani rutinitas sehari-hari memang tidak bisa dipungkiri lagi. Apa lagi melakukan aktivitas bersih-bersih rumah, tentunya hal ini menjadi kebiasaan sehari-hari demi mengondisikan setiap ruangan rumah terhindar dari debu maupun kotoran. Akan tetapi terkadang juga kegiatan bersih-bersih ini kerap sekali menjadi hal sepele yang kurang diperhatikan. Padahal di saat anda membersihkan setiap perabotan rumah ini, baik itu karpet, pintu, jendela maupun lantai, ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi.

Yang mana dari kesalahan tersebut akan membuat kondisi perabotan rumah anda menjadi cepat rusak. Hal demikian karena tidak semua jenis perabotan rumah bisa dibersihkan dengan cara sembarangan. Namun perlunya memahami akan setiap cara untuk membersihkannya memang sangat penting.

Dengan begitu kondisi perabotan rumah anda bisa tampak selalu bersih, sehat, dan tidak sampai menjadikan kondisi perabotan rumah mengalami masalah. Dan inilah 4 kesalahan dalam membersihkan rumah yang perlu dihindari.

1. Membersihkan Jendela Pada Siang hari
Sering kali membersihkan jendela pada waktu siang hari memang merupakan hal sepele. Akan tetapi kegiatan bersih-bersih jendela di siang hari, merupakan salah satu kesalahan yang kerap terjadi. Lantas mengapa..?, karena ketika jendela rumah dibersihkan dengan cairan pembersih dalam kondisi terkena panas terik matahari, maka kondisi cairan pembersih akan lebih cepat meninggalkan noda pada sisi kaca jendela. Oleh karena itu di saat membersihkan kaca jendela rumah, sebaiknya memilih waktu berawan, mendung, atau pagi hari. 

2. Menggosokkan Cairan Yang Tumpah Ke Karpet
Ketika secara tak sengaja sirup, kopi ,teh dan cairan lain yang tumpah ke karpet, maka hal biasa yang dilakukan yakni menggosok cairan tersebut dengan kain lap atau jenis kain lainnya. Akan tetapi cara tersebut malah akan menimbulkan dampak buruk dan mampu merusak karpet tersebut. 

Di mana serat kain karpet menjadi cepat rusak, dan cairan tertentu yang tumpah akan justru melebar. Oleh karena itu, sebaiknya hal yang semacam ini perlu untuk dihindari. Dan ingat, ketika terdapat tumpahan cairan pada karpet, cara yang tepat untuk mengatasinya yakni dengan mengeringkan cairan tersebut menggunakan tisu secara perlahan, dan tunggu sampai mengering. Kemudian bersihkan dengan menggunakan deterjen, lalu jemurlah atau keringkan.

3. Kesalahan Dalam Menggunakan Alat Pembersih
Semisal spon sebagai alat pembersih memiliki dua sisi berbeda, yakni bagian hijau bertekstur kasar, dan kuning memiliki tekstur lebih halus. Namun di saat spons digunakan untuk membersihkan kotoran sering kali terjadi kesalahan. Yakni kurang tepat dalam menentukan kegunaan semua sisi spon tersebut. 

Di mana bagian warna hijau dari spon yang sebenarnya digunakan untuk membersihkan kotoran yang sulit diangkat, Namun sering kali digunakan untuk membersihkan kaca, keramik, perabot plastik, yang hanya akan menimbulkan bekas goresan. Oleh karena itu ketahuilah setiap kegunaan alat pembersih secara detail, agar tidak sampai salah dalam menggunakannya.

4. Terpaku Pada Cuka dan Air Lemon Saat Membersihkan Semua Perabot
Tidak semuanya perabot dapat dibersihkan dengan cuka dan air lemon. Dan memang pada dasarnya kedua jenis bahan ini diklaim ampuh untuk menjadi pembersih alami. Akan tetapi ada beberapa alat perabot tertentu yang malah rusak jika dibersihkan dengan kedua bahan tersebut. Semisal membersihkan material layaknya marmer menggunakan cuka dan lemon, Maka justru malah menjadikan marmer tersebut terkikis dan kusam, yang dikarenakan oleh kandungan zat asam pada lemon. Jadi, perhatikan kegunaan lemon dan cuka ini secara cermat sebelum digunakan untuk membersihkan perabotan rumah.
Artikel Terkait