Waspada, Ini 7 Tanda Paru-Paru Anda Bermasalah

Gambar: hubpages.com
Perlu anda tahu, Paru-paru dalam tubuh merupakan alat respirasi pernapasan manusia. Sehingga lancarnya proses keluar dan masuknya oksigen maupun karbondioksida, sangat ditentukan pada organ satu ini. Selain itu organ paru-paru juga berfungsi untuk penetral pH darah, Dan semuanya itu sangatlah berpengaruh pada keseimbangan kinerja semua organ tubuh kita. Oleh karena itulah bila paru-paru ini kondisinya tidak sehat atau bermasalah, dampak yang ditimbulkan pun juga cukup berbahaya bagi tubuh manusia.

Dengan begitu menjaga kesehatan organ paru-paru ini memang harus kita perhatikan. Layaknya dengan berolahraga secara rutin, atau dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Akan tetapi jika paru-paru pada tubuh telah mengalami masalah, maka kita bisa memperhatikan akan tanda-tanda yang muncul pada tubuh. 

Nah, dengan mencermati berbagai tanda yang muncul, maka tubuh bisa segera mendapat penanganan secara medis. Sehingga tidak sampai menjalar pada permasalahan tubuh yang lebih serius.

Berikut 7 pertanda bahwa organ paru-paru dalam tubuh sedang mengalami masalah :

1. Mengalami batuk yang tiada henti
Mengalami batuk sebenarnya memang menjadi suatu hal yang wajar. Akan tetapi bila batuk yang diderita tidak kunjung mereda dan terus-menerus tanpa jeda, Maka hal demikian bisa menjadi indikasi bahwa kondisi paru-paru sedang mengalami masalah. Dan biasanya kondisi yang semacam ini akan memicu tubuh terkena TBC atau COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease), yang semuanya itu menjadi permasalahan paru-paru yang tak boleh diremehkan.

2. Sulit sekali untuk tidur
Orang yang memiliki permasalahan paru-paru, biasanya memang sering kali terasa sulit untuk tidur, atau tidak bisa tidur dengan nyenyak. Di mana permasalahan semacam ini memang dipicu oleh kondisi tubuh yang sering terbangun karena batuk, dan sering kali merasa pusing di kepala ketika bangun tengah malam. Hal demikian menunjukkan bahwa kondisi paru-paru sedang tidak sehat, atau mengalami gangguan tertentu.

Oleh sebab itu, jika dirasa anda sering terbangun dan diiringi dengan gejala batuk, pusing kepala, maka bisa menjadi pertanda terjadi masalah pada organ paru-paru.

3. Terjadi bengkak pada pergelangan kaki
Kondisi pergelangan kaki yang membengkak, memang menjadi salah satu pertanda bahwa terjadinya permasalahan pada organ paru-paru. Yang mana ketika paru-paru tidak mendapatkan cukup oksigen, maka secara otomatis jantung pun tak mampu memompa dengan kuat, atau kinerja jantung menjadi lemah seketika itu. Sehingga dari situ mengakibatkan adanya tumpukan cairan, yang menyebabkan bagian kaki di tubuh tampak membengkak.

4. Bernapas Pendek-pendek
Terjadinya masalah pada organ paru-paru ini, memang diindikasikan oleh terhambatnya pernapasan pada tubuh. Yang mana jika tubuh mengalami napas pendek-pendek yang kebanyakan orang mengira karena faktor usia, ternyata hal tersebut diakibatkan oleh organ paru-paru yang mengalami gangguan. Sehingga dari pertanda tersebut akan memicu tubuh terkena COPD. Dan hal demikian haruslah segera ditanggulangi secara medis jika tubuh mengalami hal yang semacam ini.

5. Bibir atau kuku berwarna kebiru-biruan
Ketika oksigen tak mampu lagi terpompa dengan kuat yang dikarenakan paru-paru tidak mendapat asupan oksigen yang cukup, Maka juga berdampak pada bagian ujung kuku dan bibir menjadi kebiru-biruan. Sementara kondisi darah yang kekurangan asupan oksigen akan berubah warna menjadi gelap dan kebiruan.

6. Mengalami ‘’Dada Tong’’
Di saat paru-paru membengkak dan membentuk postur tertentu, inilah yang dikenal dengan istilah ‘’Dada Tong’’, yang termasuk indikasi dari organ paru-paru sedang bermasalah. Sementara perkara yang semacam ini memang sering dialami oleh pasien yang terkena COPD. Sehingga harus diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah serius di kemudian hari.

7. Kepala sering terasa sakit di pagi hari
Sering mengalami sakit kepala terutama di pagi hari saat bangun tidur, juga menjadi salah satu tanda dari permasalahan paru-paru pada tubuh. Di mana permasalahan tersebut juga dibarengi dengan napas pendek-pendek, dan menimbulkan karbondioksida menumpuk pada organ paru-paru. Jika tubuh anda mengalami hal semacam ini, sebaiknya periksakan ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.
Artikel Terkait