7 Penyebab Utama Peredaran Darah Anda Tidak Lancar

image: diyhealthremedy.com
Menilik sedikit banyak kasus yang telah terjadi, ketika ketidaklancaran peredaran darah di tubuh ditimpa oleh sebagian orang. Tentu banyak kondisi bagian tubuh yang terancam dengan terdapatnya permasalahan ini bukan…?. Sebab itulah menjaga peredaran darah di tubuh agar tetap berjalan lancar amatlah penting.

Kemungkinan tubuh terjangkit berbagai macam penyakit seperti stroke, permasalahan pada jantung, penyakit arteri koroner dan karotis, memang tak luput dari dimulainya peredaran darah tersumbat. Yang pada akhirnya memicu munculnya pembengkakan, sehingga tubuh sering kali mudah capek, terjadinya perubahan warna kulit, disfungsi ereksi, dan masih banyak lagi gejala lain yang harus diwaspadai. 

Sehingga sebelum anda mengatasi akan permasalahan ini, tentu mengetahui berbagai macam penyebab sirkulasi darah tidak lancar termasuk hal yang perlu diperhatikan. Apalagi dampak yang ditimbulkan malah semakin memburuk bila tidak segera ditanggulangi. Maka sebaiknya anda mengetahui penyebab penyebabnya secara detail mengenai sirkulasi darah tidak lancar. Agar nantinya gangguan ini dapat segera ditanggulangi secara tepat dan efektif.

Inilah beberapa hal yang menjadi penyebab peredaran atau sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar, atau mengalami masalah.

1. Terjadinya Penumpukan Plak Kolesterol Pada Arteri Darah
Pada mulanya kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh organ hati, dan memiliki peran penting demi kelancaran fungsi organ tubuh. Namun bagaimana bila tingkat kolesterol ini meningkat drastis…?, Maka tingginya tingkat kolesterol juga tidak baik bagi tubuh itu sendiri. Karena kolesterol tinggi sangat rentan sekali menjadi penyebab aliran darah tidak lancar. Sehingga jika dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan berbagai macam gangguan tubuh.

Semisal kemunculan timbunan plak kolesterol yang terjadi di sepanjang arteri darah, maka akan menyebabkan arteri mengeras, hingga sampai mengalami penyempitan. Jadi, inilah yang menjadi penyebab umum ketika aliran darah tidak lancar, dan kerap kali mengalami hambatan.

2. Terkena Radikal Bebas
Selain timbulnya penumpukan plak kolesterol, penyebab sirkulasi darah mengalami masalah juga dikarenakan radikal bebas yang menyusup di bagian sistem peredaran darah. Akibatnya, ketidakmampuan tubuh dalam mengalirkan darah ke seluruh organ lain akan terjadi. Karena dampak dari radikal bebas ini mampu menghambat peredaran darah tersebut, dan menyebabkan ragam penyakit pada tubuh.

3. Kekurangan Asupan Nutrisi
Ketika bagian tubuh sedang mengalami masalah karena kekurangan nutrisi, terutama bagian jantung dan arteri, Secara otomatis akan menjalar pada persoalan aliran darah tidak lancar. Sehingga agar kondisi aliran darah di tubuh tetap lancar, kondisi kedua bagian tubuh tersebut haruslah sehat dan memenuhi setiap asupan yang dibutuhkan. 

Banyak sekali jenis makanan yang dapat menyuplai darah di tubuh menjadi lebih lancar, di antaranya cabai, buah jeruk, bawang putih, alpukat, ikan tuna, minuman seperti jahe dan lainnya. Semua jenis bahan alami tersebut, mampu mendongkrak jantung dan arteri untuk melancarkan proses sirkulasi darah dalam tubuh. 

4. Menumpuknya Racun Asam Dalam Tubuh
Perlu anda tahu, bahwa racun asam yang tertimbun dalam tubuh juga amat membahayakan bagi tubuh. Tidak hanya berbagai macam penyakit yang akan muncul, namun peredaran darah di tubuh pun akan mengalami hambatan. Di mana racun yang mengalir bersama darah akan mampu menimbulkan penggumpalan di pembuluh darah. Sehingga keberadaan racun asam berlebih, juga menjadi salah satu penyebab sirkulasi darah tidak lancar. 

5. Kurangnya Mengonsumsi Air Putih
Kekurangan asupan air mineral akan menyebabkan darah menjadi mengental, serta terjadinya penyumbatan. Selain mencegah dari timbulnya dehidrasi, minum air yang cukup juga sangat membantu dalam menstimulasi darah agar tetap mengalir dengan lancar.  Oleh sebab itu, dalam waktu sehari, anda bisa minum banyak air mineral agar proses metabolisme tubuh tetap berjalan lancar.

6. Kurang Berolahraga
Penyebab sirkulasi darah kurang lancar tidak hanya berhenti pada kekurangan asupan air saja. Namun kurangnya tubuh untuk bergerak, juga menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi bagi seseorang yang sudah lanjut usia, bilamana mereka mengabaikan aktivitas olahraga, maka aliran darah mereka bisa mengalami masalah, dan memicu kondisi organ tubuh mengalami penurunan fungsi. Jadi, sempatkanlah waktu untuk berolahraga, meskipun dalam kurun waktu beberapa menit dalam setiap harinya. 

7. Obesitas dan Tingkat Stres
Masalah berat badan serta tingginya tingkat stres yang dialami oleh seseorang, bisa menimbulkan masalah peredaran darah menjadi tidak lancar. Berawal  dari berat badan berlebih, akan berpotensi untuk timbul penumpukan lemak yang terjadi di lapisan bawah dinding arteri. Akibatnya peredaran darah menjadi kurang lancar, hingga mampu memicu kemunculan penyakit Arteriosklerosis dalam tubuh. 

Oleh karena itu, memiliki kiat untuk mengurangi tingkat stres berlebih dan mengondisikan berat badan ideal haruslah diperhatikan.

Selain beberapa penyebab di atas, Permasalahan sirkulasi darah tidak lancar juga bisa dipicu oleh pengaruh lainnya. Seperti memiliki tekanan darah tinggi, berkurangnya volume darah merah (hemoglobin), merokok,  menderita penyakit diabetes, masalah tiroid, kehamilan, serta berbagai penyebab lainnya.
Artikel Terkait