Tips Mudah Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi

image: infobarrel.com
Kemampuan nasi yang tidak bisa bertahan lebih lama, sering kali menjadikan sebagian besar orang merasa resah. Lantas, apa saja yang menjadi faktor ketika nasi usai ditanak dan disimpan tidak bisa bertahan lebih lama..?. Dari situ akan muncul dalam benak pikiran, bahwa banyak sekali yang menjadikan tingkat ketahanan nasi itu sendiri berkurang, bahkan mudah sekali basi.

Di antara penyebab umum yang kerap menjadikan kondisi nasi tersebut mudah sekali basi, yaitu karena proses memasak nasi kurang tepat. Sehingga tekstur nasi menjadi lembek dan tidak bisa bertahan lama. Selain itu, penyebab nasi cepat basi adalah kadar air yang dituangkan terlalu banyak, terlalu lama dalam proses memasak nasi, banyaknya udara yang masuk serta sebab lainnya.

Maka dari situ semua, pasti bagi ibu rumah tangga yang mengalami persoalan semacam ini merasa bingung jika belum tahu akan sebab-sebab nasi tersebut menjadi cepat basi. Oleh sebab itulah, Ada cara cukup mudah yang bisa dilakukan agar saat memasak atau menanak nasi bisa menghasilkan nasi yang bertahan lebih lama.

Beginilah beberapa teknik memasak nasi agar bisa tahan lama dan tidak cepat basi :

1. Perhatikan Takaran Airnya
Tahap pertama yang perlu anda lakukan saat memasak nasi, cucilah beras yang akan ditanak sampai bersih. Kemudian tuangkan beras ke dalam wadah penanakan, dan jangan lupa untuk menuangkan air dengan kadar yang cukup. Dan ingat, jangan sampai menuangkan air terlalu banyak, sehingga tidak sampai menjadikan nasi lembek saat dimasak. Dan ini merupakan salah satu langkah agar kondisi nasi yang dimasak bisa lebih bertahan lama.

2. Tuangkan Air Perasan Jeruk Lemon atau Daun Pandan
Teknik yang satu ini juga terbilang cukup manjur untuk menjadikan kualitas nasi yang dihasilkan bisa lebih awet, dan tidak mudah basi. Oleh karena itu, siapkan saja 1 sampai 2 buah lemon dan peras airnya, kemudian tuangkan ke dalam wadah penanakan nasi. Hal ini bisa anda terapkan saat anda memasak nasi sebanyak 1 Kg beras. 

Air lemon mampu membuat kondisi nasi menjadi lebih cerah dan bersih. Sementara kandungan zat asam pada lemon, juga mampu melindungi nasi dari terdapatnya suhu panas berlebih pada element rice cooker. Selain itu, senyawa alami lemon mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan nasi cepat basi. Dan anda pun juga tak perlu khawatir, bahwa mencampurkan air lemon ke dalam nasi, tidak sampai mengubah cita rasa nasi itu sendiri. 

Namun jika anda tidak berkenan menggunakan lemon, maka bisa menggantikannya dengan 2 helai daun pandan. Kemudian masukkanlah ke dalam wadah yang akan digunakan untuk memasak nasi. 

3. Perhatikan Jika Nasi Sudah Matang
Apabila nasi yang dimasak sudah matang, maka segera bukalah tutupnya. Lalu mengaduk nasi agar uap di dalamnya bisa keluar secara keseluruhan. 

Lantas mengapa bisa demikian..?, Karena jika uapnya tidak bisa keluar, maka hal ini bisa menyebabkan nasi dipenuhi kadar air yang menyebabkan mikroba cepat muncul, akhirnya cepat basi. Sehingga jangan sampai kadar air di dalamnya berlebihan, agar nasi bisa lebih tahan lama saat disimpan dan tidak mudah basi.


Baca Juga : Cara Ampuh Hilangkan Kutu Dan Bau Apek Pada Beras

Artikel Terkait