19 Manfaat Dan Khasiat Buah Apel yang Luar Biasa

image: refadoc.com
Nama buah apel tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Buah ini merupakan buah yang paling favorit dan banyak digemari di kalangan semua orang. Buah apel memiliki warna merah atau hijau yang khas dan daging berwarna putih. Rasanya cukup manis, segar, dan menggugah selera. Apel adalah salah satu buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral. 

Buah ini dapat dicari dengan mudah dan juga banyak tersedia di berbagai tempat. Kebanyakan buah apel disajikan dalam bentuk jus dan perasa minuman, Keripik apel, Selai apel, dan bisa dikonsumsi secara langsung. Selain itu, Buah apel memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

Kandungan pada buah apel terdapat banyak senyawa yang baik untuk kesehatan, yang pertama adalah senyawa Pectin. Senyawa Pectin termasuk dalam golongan senyawa polisakarida, yang kebanyakan terdapat pada dinding sel buah atau pada tumbuhan. Pectin mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan jaringan dan sel pada tubuh manusia. Selain itu pada buah apel juga terdapat kandungan kalori (58 kalori dalam setiap buah apel), Hidrat arang (15 gram), Lemak (0,4 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10mg), Protein (0,3 gram, Zat besi (0,3 gram), Vitamin A (90 SI), Vitamin C (5 mg), Mineral (85%).

Maka dari itu, tak heran jika buah apel ini banyak disebut buah yang memiliki manfaat super. Selain untuk kesehatan, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah apel untuk kesehatan dan juga kecantikan.

1. Mengurangi risiko gangguan asma
Salah satu gangguan pernapasan yang kerap terjadi adalah penyakit asma. Penyakit asma juga mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Nah, Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan asma yaitu dengan mengonsumsi buah apel secara rutin.

2. Mencegah Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, dan seseorang yang terkena penyakit ini harus menjalani perawatan khusus. Untuk menghindari penyakit ini, ada baiknya kita sering mengonsumsi buah apel. Karena buah apel dapat membantu mencegah terjadinya penyakit diabetes.

3. Mengatasi kulit wajah berminyak
Kulit wajah yang mengeluarkan minyak sangat kerap terjadi pada kebanyakan orang. Akibatnya seseorang yang mengalami wajah berminyak  akan terasa tidak percaya diri, serta kulit terlihat seperti mengkilat. Anda bisa menggunakan apel sebagai masker untuk wajah, sehingga kulit berminyak bisa segera teratasi.

4. Mencegah risiko Alzheimer
Salah satu risiko penyakit Alzheimer adalah menurunnya daya ingatan pada otak. Dalam jangka lama penyakit ini akan terus berkembang, dan akan menyebabkan penderita berhalusinasi dengan sendirinya. Dengan mengonsumsi buah apel secara rutin, maka akan membantu mencegah penyakit Alzheimer.

5. Menghilangkan kantung mata
Banyak seseorang yang tidak nyaman karena kantung matanya terlihat hitam. Terlalu lama kita bekerja lembur atau kurang istirahat pada malam hari, juga akan mengakibatkan kantung mata kita terlihat hitam. Khasiat dari buah apel ini bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata tersebut. Caranya cukup mudah, Ambil sari buah apel secukupnya dan oleskan pada kantung mata atau ke sekitar mata, Seperti halnya kita menggunakan masker. Setelah itu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Menghilangkan flek hitam pada wajah
Selain dimakan, buah apel juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Terutama wajah yang terdapat flek hitam akibat radikal bebas atau bekas jerawat. Kita bisa manfaatkan buah apel untuk masker wajah, sehingga mempunyai fungsi untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.
image: onehdwallpaper.com
7. Menurunkan risiko kanker
Penyakit kanker adalah penyakit yang berasal dari sel-sel kanker jahat dari dalam tubuh kita. Ada beberapa makanan yang memicu mempercepat pertumbuhan sel kanker, dan ada pula makanan yang mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker. Salah satu makanan yang bisa menurunkan risiko kanker adalah buah apel, maka kita bisa mengonsumsi buah apel ini secara rutin dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

8. Membantu kerja usus halus
Salah satu fungsi usus halus adalah untuk membantu proses pencernaan makanan. Sementara buah apel sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja pada usus halus atau usus 12 jari.

9. Menyehatkan rongga mulut dan gigi
Selain untuk kesehatan badan, Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Mengonsumsi buah apel dan mengunyahnya dapat secara langsung menjaga kesehatan mulut. Karena di dalam buah apel terdapat mineral yang membantu membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin pada apel bisa menjaga kesehatan enamel gigi.

10. Meningkatkan kesehatan tulang
Tulang sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kita. Pada buah apel memiliki senyawa kalsium yang cukup banyak, serta dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang dalam tubuh. 

11. Mengontrol gula darah
Kadar gula darah yang sangat tinggi akan berpengaruh pada kekebalan tubuh kita. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh juga dapat menimbulkan penyakit diabetes. Buah apel sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang mengalami peningkatan kadar gula darah. Karena dalam buah apel terdapat hormon insulin yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

12. Menyehatkan otak
Dalam buah apel terdapat senyawa yang mampu membantu menyehatkan dan memperbaiki pertumbuhan sel otak. Sehingga buah apel ini baik dikonsumsi untuk kesehatan otak pada anak-anak.

13. Menyehatkan jantung
Banyak ilmuwan biologi memaparkan, bahwa buah apel  sangat efektif untuk dikonsumsi oleh penderita jantung koroner. Karena kandungan yang ditemukan di kulit apel berfungsi untuk mencegah kolesterol yang masuk ke pembuluh darah, dan membantu memperkuat dinding arteri.

14. Menyehatkan kulit
Kesehatan kulit sangat penting untuk menjaga penampilan diri kita, agar tetap bisa memiliki rasa percaya diri. Ada banyak keuntungan jika kita menjaga kesehatan pada kulit, selain untuk penampilan, juga baik untuk menjaga agar kulit tetap terbebas dari bakteri.

15. Membersihkan kulit
Selain dikonsumsi, buah apel juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yaitu dengan cara memotong buah apel menjadi beberapa bagian dan gunakan potongan buah apel tadi untuk membersihkan wajah. Terapkan dengan cara digosok gosokkan ke wajah, hingga daging apel berubah menjadi kotor atau berwarna agak kehitaman. Lakukan setiap hari dan lihat hasilnya setelah seminggu. 
image: onehdwallpaper.com
16. Melancarkan sembelit
Dalam buah apel ini terdapat banyak kandungan serat. Kandungan serat dalam buah apel bisa membantu untuk melancarkan proses pembuangan sisa makanan, atau melancarkan BAB.

17. Memutihkan kulit
Buah apel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, dan juga bisa membantu mengangkat flek hitam pada wajah. Cara penggunaannya sangat mudah, kita ambil satu buah apel dan tumbuklah hingga halus, setelah itu bisa langsung dioleskan pada kulit wajah.

18. Mencegah wasir
Wasir atau Ambeien adalah penyakit yang menyerang di bagian lubang anus. Akibat penyakit tersebut penderita sering tidak nyaman saat duduk. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu memakan makanan yang mengandung banyak serat, salah satunya adalah buah apel.

19. Menambah sistem imun dalam tubuh
Buah apel juga terkenal mempunyai banyak kandungan vitamin C. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Karena dalam vitamin C terdapat antioksidan, yang mempunyai fungsi untuk menambah kekebalan dalam tubuh.
Artikel Terkait