15 Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu yang Mengagumkan

image: real-noni.com
Buah mengkudu merupakan buah yang asli berasal dari Asia tenggara. Buah ini bisa tumbuh dan di tanam di dataran rendah hingga di dataran tinggi. Sebagian besar buah ini banyak dijadikan bahan masakan, seperti rujak dan bumbu dapur lainnya. Tumbuhan mengkudu tumbuh dengan ketinggian 4-5 meter, dan memiliki buah yang berwarna hijau, serta kulitnya berbintik bintik kecil seperti mata buah nanas. Aroma buah mengkudu sangat menyengat, sehingga sebagian besar masyarakat tidak menyukai aroma mengkudu tersebut. 

Terlepas dari aroma yang tak disukai seseorang, Buah ini mempunyai keuntungan yang sangat istimewa, yaitu dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Maka dari itu buah mengkudu ini banyak dicari dan digunakan untuk bahan obat-obatan herbal. Sejak tahun 1500 SM, buah mengkudu dinamakan buah Noni atau buah keramat. Karena pada saat itu bangsa Polinesia meyakini bahwa buah mengkudu ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yang tentunya bermanfaat bagi kita juga.

Di daerah Aceh, buah mengkudu banyak digunakan sebagai bahan sayuran dan bumbu bumbu dapur lainnya. Selain buah mengkudu digunakan untuk bahan masakan, Daun mengkudu juga dapat digunakan untuk bahan masakan yang dinamakan Nicah Peugaga. Yang mana sebagai makanan penyaji saat berbuka puasa di daerah Aceh. Oleh sebab itu, di daerah Aceh pohon ini banyak ditanam di pedesaan dan di dekat rumah mereka. 

Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada buah mengkudu, dan juga baik untuk kesehatan badan :

# Terpenoid
Senyawa terpenoid dalam buah mengkudu dapat membantu mengembalikan sel sel tubuh yang sudah rusak, dan membantu proses Sintesis Organic.

# Scopoletin
Perlu anda tahu, Kandungan Scopoletin pada buah mengkudu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya alergi di tubuh kita.

# Zat anti kanker
Pada buah mengkudu terdapat beberapa senyawa penting, dan sangat ampuh untuk mengusir sel-sel kanker jahat pada tubuh manusia.

# Nutrisi di dalam buah mengkudu
Dalam buah mengkudu terdapat banyak mineral, vitamin, protein, dan selenium. Selenium termasuk jenis antioksidan, yang sangat hebat untuk menjaga tubuh agar bisa terbebas dari segala macam penyakit. Selain itu dalam buah Pace / Mengkudu juga terdapat senyawa lain yang tak kalah pentingnya di antaranya : Serat, Metil, Asetil, Asam kaprat, Morindone, dan Zat bioaktif.

Buah mengkudu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, dan juga untuk penyembuhan penyakit berbahaya. 

Di bawah ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh :

1. Untuk mengobati diabetes
Dalam buah mengkudu terdapat zat Proxeronine, yang bisa memerangi segala penyakit diabetes kering maupun diabetes basah. Penyakit diabetes sangat berbahaya, bahkan jika penyakit ini sudah terlalu parah atau kronis, jalan satu satunya adalah diamputasi. Karena untuk menghindari organ seseorang dari merambatnya infeksi yang ditimbulkan oleh diabetes tersebut.

2. Mengobati asam urat
Asam urat merupakan penyakit yang terjadi pada persendian seseorang. Penyakit asam urat bisa menimbulkan penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Dalam buah mengkudu terdapat zat iridoid, yang fungsinya ampuh untuk mengobati asam urat atau kram pada persendian kaki dan tangan. Untuk itu, jika seseorang yang terserang penyakit ini alangkah lebih baiknya mengonsumsi buah mengkudu. Yakni bisa dengan cara dimakan langsung atau bisa juga disajikan dalam bentuk jus.

3. Mencegah kanker
Dalam buah mengkudu terdapat senyawa Methoxy dan Dihydroxyanthraquinone, yang mempunyai peranan sangat baik untuk mencegah kerusakan DNA di dalam sel. Yang mana kerusakan tersebut dapat menimbulkan gejala sel kanker dalam tubuh.
image: palmbeachmedicinalherbs.com
4. Menambah kekebalan tubuh
Dalam buah mengkudu terdapat senyawa selenium. Selenium adalah senyawa yang cukup hebat untuk menambah kekebalan tubuh dibandingkan dengan jenis antioksidan yang lain. Jika kita mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, maka akan mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang cukup. Sehingga kita bisa terhindar dari segala macam penyakit, serta mencegah kerusakan sel tubuh yang dapat mengakibatkan gejala timbulnya sel kanker.

5. Anti bakteri
Di dalam buah mengkudu terdapat senyawa Antrakuinon, yang mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kulit agar bebas dari bakteri.

6. Anti inflamasi
Buah mengkudu memiliki kandungan senyawa anti inflamasi. Sementara sudah terbukti secara klinis, bahwa anti inflamasi pada buah mengkudu mampu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

7. Melancarkan proses pencernaan makanan
Penyakit perut seperti kembung, muntah, mual-mual, dan diare disebabkan karena proses pencernaan makanan pada perut tidak lancar. Untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut, kita dapat mengonsumsi buah mengkudu dengan rutin. Sehingga akan membantu proses pencernaan, dan juga bisa menyembuhkan penyakit perut seperti diare, radang usus, kembung, serta mual-mual.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi
Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, bisa segera diobati secara alami dengan cara memakan buah mengkudu. Buah mengkudu memiliki senyawa Xeronine, yang dapat menetralkan tekanan darah kembali stabil, atau menjadi normal kembali.

9. Meredakan sakit kepala
Buah mengkudu memiliki kandungan Analgesic yang tinggi sekitar 75%. Sehingga buah ini mampu digunakan untuk meredakan rasa nyeri atau sakit kepala. 

10. Mengobati radang tenggorokan
Pemicu terjadinya radang di tenggorokan adalah pola makan yang kurang sehat, dan bisa juga disebabkan dari bakteri yang terdapat pada makanan yang kita makan. Buah mengkudu dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan radang tenggorokan tersebut. Karena dalam buah mengkudu ini terdapat senyawa Scopoletin, yang berfungsi untuk menyembuhkan radang di tenggorokan.

11. Mengatasi keracunan makanan
Sangat banyak di antara kita yang sering keracunan makanan, di antaranya anak-anak dan orang dewasa. Penyebab keracunan makanan menjadi hal sepele yang kerap dihiraukan, sehingga dapat menjadi masalah pada kesehatan kita. Contohnya seperti kita tidak melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan, dan biasanya pada makanan yang siap saji selalu ditempatkan di tempat terbuka atau tidak diberi tutup. Sehingga lalat dapat leluasa menghinggap di makanan tersebut. Jika sudah terjadi keracunan makanan, seseorang dapat mengonsumsi buah mengkudu secara langsung atau dalam bentuk jus.

12. Mengobati radang lambung
Pada buah mengkudu memiliki senyawa Scopoletin, yang bermanfaat untuk menyembuhkan radang pada lambung dan usus. Cara penggunaannya sangat gampang, Ambil 1 buah mengkudu lalu kupas buahnya dan cuci hingga bersih. Setelah itu rebus buah mengkudu beserta dengan daunnya sampai mendidih. Diamkan sampai dingin dan minum airnya tiga kali sehari, lakukan cara ini hingga penyakit radang pada lambung sembuh.

13. Mengobati infeksi
Dalam buah mengkudu terdapat zat anti bakteri yang ampuh untuk memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh, dan mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Selain untuk memerangi bakteri jahat, kandungan zat anti bakteri pada mengkudu juga dapat mengontrol bakteri di dalam tubuh. Sehingga bakteri tersebut tidak merajalela ke seluruh organ tubuh manusia.

14. Mengatasi Bronkitis
Mungkin banyak orang yang belum tahu, bahwa buah mengkudu ini mampu menyembuhkan penyakit Bronkitis. Kandungan zat anti bakteri pada buah mengkudu, sangat ampuh untuk mencegah masuknya bakteri jahat ke dalam paru-paru yang bisa mengakibatkan gejala Bronkitis.

15. Meredakan sakit gigi
Pada buah mengkudu terdapat zat antibiotik cukup tinggi untuk melawan bakteri, sehingga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Karena pada awalnya penyebab sakit gigi adalah terdapatnya bakteri yang menginfeksi gusi.
Artikel Terkait