Penyebab Tak Terduga Rambut Mudah Rontok di Usia Muda

image: webmd.com
Rambut yang dipoles dengan berbagai macam gaya, menjadikan penampilan akan terasa lebih menawan dan terkesan indah. Apalagi di saat anda menghadapi pertemuan penting yang dikelilingi oleh banyak orang, tentu penampilan rambut akan menjadi sumber mahkota yang mungkin anda jadikan patokan. Namun secara tak terasa pertumbuhan rambut ini juga kerap sekali mengalami masalah. Bahkan tidak hanya orang tua saja yang mengalami kerontokan rambut hingga sampai terkikis habis, dan terjadilah kebotakan. Akan tetapi kaum muda pun juga memungkinkan untuk mengalami kerontokan rambut semacam ini, baik laki-laki maupun perempuan. 

Sehingga hal demikian menjadi persoalan yang sangat meresahkan, mengganggu penampilan, dan menghilangkan rasa percaya diri. Yang pada akhirnya banyak kalangan muda yang terpaksa menutupi sebagian rambut di kepala mereka dengan topi, agar rontoknya helaian rambut yang mereka alami tak sampai terlihat. Ada banyak treatment khusus menjadi jalan keluar dalam merawat rambut rontok di usia muda. Baik dengan cara alami maupun menggunakan bantuan suplemen atau vitamin.

Namun perlu anda perhatikan, bahwa ada juga beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut di kepala mengalami gangguan, dan mudah sekali rontok. Terjadinya kerontokan rambut ini memang sudah melampaui batas wajar, serta cukup mengganggu kesehatan rambut itu sendiri. 

Berikut 10 penyebab rambut mudah mengalami kerontokan di usia muda :

1. Berlebihan Dalam Perawatan Rambut
Tentu anda mengerti, bahwa kondisi rambut yang kurang terawat dengan baik, maka kesehatan rambut akan mengalami gangguan. Demikian pula jika anda terlalu ekstra ketika merawat rambut, maka hal tersebut juga kurang baik. Semisal menyisir rambut terlalu kuat, keseringan keramas, dan diiringi pula pemakaian kondisioner berlebihan. Yang mana semuanya itu malah membuat kesehatan rambut  terganggu, dan mudah sekali mengalami kerontokan. Oleh sebab itu jika anda melakukan perawatan rambut, maka perhatikan mengenai perawatannya yang benar, dan tidak terlalu berlebihan.

2. Terjadinya Perubahan Hormon
Ketidakseimbangan hormon tertentu pada tubuh, memang sangat memengaruhi terhadap kesehatan rambut. Karena tingkat kepekaan akar rambut jika terlalu tajam terhadap perubahan hormon, akan mengakibatkan terjadinya penipisan pada rambut, baik itu di bagian ubun, samping, dan atas kepala. Hingga akhirnya menjadikan rambut mudah sekali rontok, dan sebaiknya perlu mendapat penanggulangan secara tepat untuk mengatasinya. Bahkan tidak bisa dipungkiri bahwa kalangan remaja memungkinkan mengalami kondisi semacam ini. 

3. Pengaruh Penyakit Diabetes
Memang pada dasarnya penyakit diabetes ini sering terjadi pada kalangan orang tua. Namun juga tak terduga, bahwa kalangan muda juga memiliki kemungkinan untuk menderita diabetes. Sementara salah satu penyebab rambut mudah rontok di usia muda juga bisa disebabkan oleh serangan penyakit yang satu ini. Hal demikian karena kadar gula darah  yang tinggi, bisa saja ditandai oleh menipisnya rambut. Sehingga akan lebih rentan sekali terjadi kerontokan.

4. Penggunaan Steroid yang Berlebihan
Memang senyawa buatan ini kerap kali digunakan untuk mendapatkan otot kekar dengan cepat bagi kalangan lelaki. Namun tahukah anda, bahwa steroid ini juga memiliki efek samping bagi kesehatan rambut jika dikonsumsi dengan batas yang tidak wajar. Salah satu penyebabnya menjadikan rambut mudah sekali mengalami kerontokan.

5. Kesalahan Menata Model Rambut dan Bahan kimia
Biasanya bagi kalangan gadis remaja, memang kerap kali membuat model kepang ketat dan ekor kuda pada rambut mereka. Namun tahukah anda, bahwa jika sampai rambut ditarik terlalu kuat secara terus menerus, maka akibatnya akar pada rambut menjadi melemah. Bahkan jika sampai diiringi dengan bahan pewarna kimia, maka terjadinya rambut rontok akan lebih cepat. Oleh karena itu perhatikanlah saat menata rambut dan penggunaan bahan kimia, agar tidak sampai menjadi penyebab rambut bermasalah.
image: hairlossstudio.com
6. Efek Samping dari Obat-obatan
Penyebab rambut mudah sekali rontok juga bisa dipengaruhi oleh efek samping akan obat-obatan tertentu. Permasalahan semacam ini sering kali ditemukan pada jenis obat resep alergi, yang memicu kerusakan protein pada rambut, atau kerap dikenal dengan istilah keratin rambut. Maka dari itu, bilamana anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, kemudian rambut mulai mengalami masalah, segeralah untuk menanyakannya ke dokter agar mendapat keterangan secara gamblang.

7. Tingkat Stres Tinggi
Berdasarkan pakar Anti-aging, telah banyak dituturkan bahwa salah satu penyebab kerontokan pada rambut, kerap kali dikarenakan oleh tingkat stres tinggi pada diri seseorang. Sehingga untuk menangani persoalan semacam ini, setidaknya memiliki treatment khusus untuk mengurangi tingkat stres secara efektif. Seperti menjadikan diri untuk lebih tenang dalam menghadapi masalah, meluangkan waktu untuk merefresh diri, dan lainnya. Dengan demikian, keberadaan tingkat stres dapat dikendalikan, dan tak sampai menyebabkan kesehatan rambut mengalami gangguan  layaknya rambut rontok.

8. Makanan Tertentu yang Dikonsumsi
Pada Umumnya, banyaknya jenis makanan yang hanya meningkatkan kadar hormon estrogen juga sangat memengaruhi akan keseimbangan kesehatan rambut. Untuk menanggulangi hal itu, setidaknya bisa mengubah pola makan sehat. Seperti mengonsumsi ragam makanan mengandung vitamin B6 dan E, untuk merangsang mikro sirkulasi rambut anda. Selain itu, memperbanyak olahraga juga patut diterapkan untuk menyehatkan sistem metabolisme tubuh.

9. Keturunan
Faktor keturunan memang bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan di usia muda. Bahkan persoalan semacam ini juga kerap kali menjadikan diri merasa minder dan kurang percaya diri. Di mana kebotakan sudah melanda di umur yang masih tergolong muda. Namun anda janganlah khawatir,  karena kondisi semacam ini masih bisa diatasi dengan beberapa tips tertentu, maupun memanfaatkan bahan alami untuk mengatasinya.

10. Gaya Hidup Dan Lingkungan
Kerontokan mahkota kepala yang muncul di usia muda, sangat rentan sekali terjadi karena gaya hidup kurang sehat. Selain itu kesehatan rambut terganggu dapat dipengaruhi oleh keberadaan lingkungan yang tak sehat pula. Semisal ketika kondisi cuaca panas, ditambah lagi dengan kondisi lingkungan kotor. Maka sebaiknya anda menggunakan penutup rambut kepala, agar tidak sampai terpapar sinar matahari secara langsung. Di sisi lain, menerapkan gaya hidup sehat akan menjadikan rambut tetap terawat dengan baik.
Artikel Terkait