Manfaat dan Khasiat Seledri yang Menakjubkan

image: draxe.com
Seledri merupakan tanaman yang memiliki nama latin (Apium graveolens L.), dan banyak digunakan sebagai bahan untuk pengobatan maupun bumbu masakan. Daun seledri termasuk salah satu bumbu masakan yang biasa digunakan penyedap rasa. Biasanya daun ini dipakai untuk sayur sup atau sebagai lalapan. Negara yang paling dominan jika mengonsumsi seledri ini adalah negara Jerman, China, Thailand, dan Belanda. Di negara Indonesia sendiri tanaman seledri sudah banyak dijual di pasar tradisional, pasar sayuran, hingga ke toko bahan obat-obatan herbal. Daun ini memiliki harga yang ekonomis, memiliki aroma yang segar dan khas, menjadikannya sangat cocok sebagai lalapan saat kita makan. 

Kehadiran seledri di Indonesia pertama kali dikenalkan oleh salah satu penduduk Belanda, yang menggunakan daun ini sebagai lalapan. Tanaman seledri telah hidup sejak zaman dahulu, bahkan sudah ratusan tahun tanaman ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini memiliki sebutan nama lain, yaitu Tanaman Serbaguna. Dalam arti daun, tangkai, dan umbi dari tanaman tersebut memiliki manfaat tersendiri untuk bahan masakan, atau sebagai bahan obat-obatan. 

Kebanyakan bagian dari tanaman seledri dijual secara terpisah, mulai dari bagian daunnya yang memiliki bentuk gemuk tipis, dan memiliki batang yang pendek. Seledri banyak digunakan sebagai lalapan untuk ditaburkan di atas makanan yang sudah disiapkan. Selain itu batang dari tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bahan penyedap rasa masakan. Umbi dari tanaman seledri juga tak kalah penting, kebanyakan umbi tanaman seledri digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal, yang dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. 

Sering kali kita menemui jenis dedaunan yang kerap digunakan bumbu di dapur, layaknya daun seledri. Daun seledri ternyata juga sudah menjadi sahabat ibu rumah tangga di dapur, sebagai bumbu penambah aroma pada masakan. Dengan begitu, rasa dari masakan tersebut akan terasa lebih segar, dan memiliki aroma yang khas. Daun seledri kini telah menjadi salah satu bahan baku bumbu yang paling populer, karena jenis dedaunan ini sudah banyak digunakan sebagai campuran masakan yang lain. Bukan hanya sup, melainkan seperti bakso, soto, rawon, lontong tahu, dan sebagainya. 

Selain memiliki rasa yang segar dan aroma yang menggoda, ternyata daun seledri juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Di mana pada daun tersebut didapati oleh beberapa kandungan gizi, serta nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti kalori 16 kkal, protein 0,7 mg, lemak 0.2 gr, karbohidrat 3.4 gr, serat kasar 1.6 gr, kalium, dan kalsium. Jumlah nilai nutrisi yang terdapat dalam daun seledri memang memiliki angka yang tinggi. Sehingga daun ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk menyuplai kesehatan tubuh kita. Adapun kandungan gizi yang terdapat di dalam daun seledri, adalah vitamin A yang memiliki 449 IU, Vitamin C 3.2 mg, Vitamin E 0.3 mg, Vitamin B2 0.2 mg, Vitamin B3 0.3 mg, Vitamin B5 0.2 mg, Vitamin B6 0.1 mg, dan Vitamin K 29.3 mcg.

Manfaat dan khasiat daun seledri untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang menjadi tantangan seseorang untuk berjuang keras demi kelancaran hidup mereka. Gejala darah tinggi sudah dikatakan sebagai gejala penyakit yang dapat berujung dengan kematian. Organ tubuh yang dapat rusak karena risiko penyakit ini adalah pembuluh darah pada otak. Karena terbatasnya volume yang disediakan oleh pembuluh darah pada otak ini, tidak mampu dilalui oleh darah pada saat tekanan darah kita menjadi naik. Sehingga dengan hal tersebut akan terjadi pendarahan yang luar biasa pada otak manusia. Lantas, bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan ramuan dari daun seledri..?

Cara penggunaan ramuan dari daun seledri untuk pengobatan gejala penyakit ini sangatlah mudah. Ambil daun seledri yang masih segar dalam jumlah 100 gram. Tumbuk daun tersebut hingga halus atau rata, Lalu tambahkan satu gelas air yang sudah matang. Rebuslah daun tersebut menggunakan air tadi sampai mendidih, setelah itu diamkan air supaya suhunya menurun dan menjadi dingin. Selanjutnya langsung bisa diminum setiap sehari dua kali.

2. Menambah sistem imunitas tubuh
Daun seledri merupakan salah satu jenis dedaunan yang dapat dikonsumsi secara langsung, baik itu sebagai lalapan maupun dalam bentuk jus. Kandungan nutrisi seperti vitamin C di dalam daun seledri, memiliki manfaat yang amat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karena pada dasarnya di dalam kandungan vitamin C, merupakan sumber dari antioksidan yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh manusia.
image: harvesttotable.com
3. Mengobati gejala batuk ringan
Gejala penyakit batuk memang sudah terbiasa menyerang diri kita, terutama pada saat musim hujan, musim dingin, atau bahkan perubahan musim. Pada proses awalnya, seseorang yang mengalami gejala batuk seperti ini adalah jika seseorang tersebut memiliki pola hidup yang kurang sehat. Salah satunya adalah pola makan yang kurang baik, sehingga bakteri dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita, dan akhirnya gejala batuk ini datang menyerang.

Ramuan yang terbuat dari daun seledri memiliki kandungan senyawa alami yang dapat berperan untuk menjaga tubuh kita. Bagi anda yang mengalami gejala batuk, sebaiknya anda bisa mengonsumsi ramuan dari daun seledri. Cara membuatnya cukup dengan merebus beberapa daun seledri yang masih segar, dengan menggunakan air bersih sebanyak tiga gelas. Rebus daun tersebut hingga airnya mendidih dan surut menjadi satu gelas. Setelah itu, saring air tersebut dan minum selama dua kali sehari dengan rutin.

4. Mengatasi mata kering
Manfaat daun seledri yang satu ini adalah untuk mencegah mata yang kering, akibat terlalu banyak beraktivitas di depan layar komputer, laptop, atau gadget sejenisnya. Dan yang paling sering yakni dialami orang yang mengendarai motor jarak jauh dan tidak menggunakan pelindung mata. Risikonya jika mata mengalami masalah seperti ini dan tidak langsung diatasi, maka gejala iritasi mata adalah salah satu masalah yang akan menyerang. Cara untuk mengatasi masalah seperti ini, disarankan bagi kita untuk mengonsumsi ramuan dari daun seledri dengan rutin.

Untuk membuat ramuan dari daun seledri, kita harus menyiapkan bahan yang akan digunakan. Siapkan daun seledri, daun bayam, serta daun kelor. Tumbuk ketiga bahan tersebut menjadi satu, hingga halus dan lembut. Lalu tambahkan air secukupnya dan minum ramuan tersebut selama sehari tiga kali.

5. Daun seledri bermanfaat untuk penderita anemia
Gejala anemia mungkin sebagian orang pernah mengalaminya. Rasa letih, lesu, dan mudah lemas merupakan beberapa gejala penderita anemia. Para pakar kesehatan di Indonesia telah melakukan uji coba terhadap daun seledri, dan mengatakan bahwa beberapa kandungan senyawa alami dalam daun tersebut berpadu menjadi satu. Dan sangat berperan untuk membantu reproduksi sel darah merah di dalam tubuh manusia. Sehingga risiko dari gejala anemia akan sedikit demi sedikit teratasi.

6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Setiap orang pasti memiliki kadar kolesterol di dalam tubuh, namun dengan kadar yang berbeda beda. Kolesterol di dalam tubuh manusia juga memiliki manfaat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun dengan jumlah kadar yang normal. Sementara jika kolesterol mencapai angka yang tinggi, maka dapat menimbulkan beberapa masalah besar terhadap tubuh. Bahkan masalah dari kolesterol tersebut juga dapat menimbulkan plak yang terdapat dalam pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah lambat laun bisa tersumbat, serta menimbulkan jantung koroner karena jantung memompa dengan lebih keras.

Cara menggunakan daun seledri sebagai ramuan mengatasi masalah kolesterol juga sangat sederhana. Potong daun seledri dengan potongan agak besar, rebus dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas. Diamkan supaya mendidih hingga setengah jam, setelah itu air dari hasil rebusan daun seledri dapat dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari.

7. Mengobati gejala rematik
Merasakan nyeri di persendian kaki pada saat pagi hari, merupakan salah satu gejala rematik yang paling umum dialami oleh seseorang. Bagi anda yang mungkin memiliki gejala rematik atau bahkan sedang mengalami rematik, daun seledri adalah solusi yang tepat. Mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan atau untuk makanan setiap hari, juga sangat berpengaruh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Selain itu manfaat yang diperoleh dari daun seledri juga sangat baik untuk membantu menyembuhkan penyakit rematik.

8. Memperindah penampilan rambut
Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata manfaat dari daun seledri juga dapat digunakan sebagai obat herbal pencegahan rambut rontok. Rambut merupakan salah satu bagian terpenting untuk mengubah penampilan kita menjadi menarik. Mengatasi rambut rontok dengan daun seledri sudah menjadi salah satu cara alternatif yang dilakukan semenjak dahulu. Cara menggunakannya sangat mudah, siapkan daun seledri sebanyak sepuluh tangkai atau bahkan lebih untuk ukuran rambut lebih panjang.

Tumbuk tanaman seledri hingga merata dan halus, setelah itu usapkan ramuan tersebut ke rambut di saat kita mandi. Caranya seperti halnya menggunakan sampo, pijat bagian ujung rambut hingga merata sampai ke kulit kepala. Setelah itu diamkan selama kurang lebih satu jam. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakanlah shower cap atau topi plastik untuk membungkus rambut kepala. Setelah itu bilas rambut dengan bersih, usahakan melakukannya dengan rutin selama seminggu dua kali.
Artikel Terkait