Bahaya Memakai Jaket Tebal Saat Berolahraga

image: thefitpost.com
Sekarang ini sudah banyak orang berolahraga tidak hanya pada pagi hari atau sore hari, tetapi ketika siang pun juga ada. Entah itu cewek atau cowok sering kali berolahraga ketika siang hari. 

Mereka selalu menggunakan jaket tebal ketika berolahraga, dengan tujuan agar lemak-lemak cepat berkurang karena keringat yang keluar sangat banyak. Anggapan tersebut ternyata salah, dengan keluarnya banyak keringat belum tentu lemak yang akan berkurang.

Seperti diutarakan oleh beberapa ahli bidang kesehatan, Joging pada siang hari dan menggunakan jaket tebal memang bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Namun itu hanya sementara, karena berat badan berkurang tersebut disebabkan oleh cairan terlalu banyak keluar dari tubuh.

Jadi, apakah olahraga dengan menggunakan jaket itu diperbolehkan?

Intinya, pembakaran lemak atau penurunan berat badan itu terjadi karena olahraga, bukan karena memakai jaket. Sebaiknya Anda menggunakan kain sedang saja, namun dapat menyerap keringat. Bila Anda menggunakan jaket tebal, maka hanya keringat dan lelah yang Anda dapatkan. Selain itu, ternyata olahraga dengan menggunakan jaket tebal juga dapat menimbulkan penyakit. Di antaranya :

1. Penyakit Heat Stroke
Ketika Anda berolahraga lari menggunakan jaket tebal, tentunya suhu tubuh akan meningkat drastis. Sementara tubuh telah mengeluarkan keringat agar suhu tubuh tidak terlalu tinggi. Kesimpulannya, keringat tersebut keluar untuk mendinginkan atau menyeimbangkan tubuh Anda. Namun jika sudah dehidrasi atau kurang cairan karena terlalu banyak keringat, maka suhu tubuh akan meningkat hingga sekitar 40 derajat celcius. Bila itu terjadi Anda dapat terkena penyakit Heat Stroke.

Ada beberapa gejala mengenai orang yang terkena Heat Stroke. Yaitu wajah pucat, pandangan berkunang-kunang, tangan dingin, bahkan hingga tak sadarkan diri. Darah akan menjadi kental bila tubuh kekurangan cairan, serta aliran darah pada seluruh tubuh akan terganggu, termasuk ke jantung maupun ke otak. Penyakit Heat Stroke ini pada umumnya terjadi pada pelari jarak jauh.

Cara penanganannya :

Pertama-tama kenali gejala-gejala Heat Stroke seperti yang sudah disinggung di atas

Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah minum air putih, namun minumlah air yang hangat, dan minumlah yang banyak sepanjang hari tersebut

Sambil minum, carilah tempat yang dingin / sejuk dan hindari sinar matahari secara langsung. Bila tubuh sudah membaik, segera hubungi dokter dan jangan lupa untuk melepas semua aksesoris yang tidak diperlukan

Langkah selanjutnya minumlah air yang mengandung kalium dan Natrium, seperti air kelapa muda

Jangan menggunakan obat penghilang rasa nyeri, karena hal tersebut hanya akan menciptakan komplikasi

Waspadai penyakit tertentu, karena orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti jantung, obesitas, akan mudah terkena Heat Stroke

2. Penyakit Ginjal
Pastinya Anda tidak menyangka, bahwa hal yang sepele dapat mempengaruhi ginjal. Perlu Anda ketahui, lari menggunakan jaket tersebut jika berkelanjutan dapat mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan, dan pastinya akan membuat tubuh lemas serta konsentrasi menurun. Aktivitas yang Anda lakukan tersebut juga akan membuat kinerja ginjal lebih berat karena tubuh kekurangan cairan.

Berikut ada beberapa ciri-ciri penyakit ginjal yang perlu Anda waspadai :

• Lelah dan sulit konsentrasi
Orang yang terkena penyakit ginjal, pada umumnya akan kelelahan dan sulit konsentrasi, karena menumpuknya kotoran dan racun dalam darah.

• Sulit tidur
Pada saat kinerja ginjal tidak stabil, racun akan tetap berada dalam darah. Dan hal ini akan membuat Anda sulit tidur.

• Kulit kering dan gatal
Bila kulit Anda kering dan disertai gatal-gatal, itu adalah tanda bahwa tubuh kekurangan mineral. Kulit akan kering jika ginjal sudah tidak dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi secara normal.

• Sering buang air kecil
Ketika malam hari Anda sering buang air kecil, ini juga pertanda terkena penyakit ginjal. Sering buang air kecil juga merupakan pertanda terkena infeksi pada saluran kemih, atau pembesaran prostat.

Jadi, hindari olahraga menggunakan jaket tebal. Lebih baik bila Anda berolahraga  pagi hari dan menggunakan kaos, agar udara segar dapat mengenai tubuh Anda. Dan sebaiknya bawalah minuman alami saja, seperti minuman air kelapa muda atau bisa air putih. Karena dapat memulihkan serta menambah cairan dalam tubuh Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar