Buah dan Sayuran yang Baik Untuk Asupan Ibu Hamil

image: mnn.com
Hamil muda merupakan saat-saat yang harus diperhatikan, karena pada saat itu adalah masa-masa pembentukan tubuh janin, termasuk kesempurnaan bentuk organ janin berawal. Karena itulah, sangat penting bagi calon ibu untuk memperhatikan asupan makanannya.

Agar pertumbuhan janin Anda sempurna dan sehat, ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu hamil memakan makanan tersebut, akan terhindar dari risiko keguguran. Lantas, Apa makanan-makanan tersebut?

Berikut ini ada sederet buah, sayuran, serta makanan yang dapat membantu proses pertumbuhan janin :

# Buah-buahan
Buah merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi, mulai dari mineral, serat dan vitamin. Semua nutrisi yang diperlukan ibu hamil ada pada buah. Ada banyak sekali buah yang baik dikonsumsi ibu hamil, di antaranya adalah :

1. Pisang
Pisang sangat baik dikonsumsi ibu hamil muda. Dengan memakan pisang, maka ibu hamil tidak akan mual-mual atau Ngidam. Pisang juga merupakan sumber vitamin B6, yang sangat tinggi serta dapat membantu mengatasi Morning Sickness. Di sisi lain pisang juga mengandung serat, asam folat, vitamin C, dan potasium.

2. Alpukat
Ibu hamil muda dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat, karena alpukat merupakan sumber serat, asam folat, vitamin K, vitamin B6 dan kalium. Tidak hanya itu, buah alpukat ini juga memiliki lemak tak jenuh, atau lemak baik untuk melindungi jantung. Alpukat juga telah terbukti dapat membantu mengurangi morning sickness, serta dapat membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

3. Pepaya ( Matang )
Buah yang manis satu ini memiliki vitamin C, serat, asam folat dan potasium. Dengan mengonsumsi pepaya, Anda akan terhindar dari sembelit, yang pada umumnya terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil hanya dianjurkan untuk mengonsumsi pepaya yang matang, karena pepaya mentah mengandung pepsin pada getahnya, Atau resin dari pohon pepaya dapat menimbulkan kontraksi.

# Sayuran
Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sayuran, karena dengan mengonsumsi sayuran dapat menghindarkan dari perasaan mual. Selain itu, sayuran juga dapat mencegah anemia yang sering diderita oleh ibu hamil. Ada beberapa sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil, di antaranya adalah :

1. Bayam
Sayuran kaya akan zat besi ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena bayam banyak mengandung asam folat. Jika ibu hamil mengonsumsi bayam dengan cukup, dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf, atau cacat lahir pada sumsum tulang belakang dan otak. Selain itu bayam juga mengandung serat, vitamin A, C, dan K. 

2. Brokoli
Sayuran satu ini juga salah satu pilihan tepat untuk ibu hamil. Brokoli dapat menjadi salah satu sumber nutrisi bagus untuk ibu hamil. Brokoli mengandung beberapa nutrisi seperti asam folat, kalsium, serat, dan antioksidan. Selain itu, sayuran ini juga dapat mencegah bermacam-macam penyakit.

# Susu dan Olahannya
Susu dan produk olahan lainnya seperti yoghurt dan keju, memiliki kalsium yang baik untuk pembentukan tulang janin. Apabila ibu hamil tidak menyukai susu, Anda dapat menggantinya dengan sayuran, seperti kubis yang juga mengandung banyak kalsium. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi berbagai suplemen mengandung kalsium.

- Lemak Ikan
Lemak pada ikan laut memiliki banyak kandungan asam lemak Omega-3, yakni berguna untuk menyehatkan jantung serta menguatkan kesehatan otak. Anda dapat mengonsumsinya sebanyak 12 ons ikan laut setiap Minggunya. Hal ini aman dikonsumsi ibu hamil selama kehamilan.

- Telur
Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi telur, karena telur memiliki gizi yang baik untuk ibu hamil. Pada kuning telur terdapat kandungan kolin yang memiliki peran penting dalam perkembangan otak janin. Para ibu hamil usahakan untuk mendapatkan 450 mg kolin setiap harinya. Apabila tidak suka dengan telur, dapat menggantinya dengan daging sapi, kacang kedelai atau susu.

- Kacang-kacangan
Anda pasti sudah mengetahui bahwa kacang-kacangan adalah sumber protein dan serat. Maka dari itu, ibu hamil perlu mengonsumsi kacang-kacangan karena dapat mengatasi sembelit. Sebagian besar wanita hamil mengalami sembelit. Sembelit tersebut terjadi karena tekanan rahim semakin besar. Sementara kacang juga memiliki kandungan asam folat dan zat besi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar