Awas, 8 Kebiasaan Ini Merusak Keindahan Mata Anda

image: vanwinkles.com
Baik dipandang maupun memandang, keindahan mata sudah menjadi anugerah dan panca indra penting bagi tubuh. Namun sebaliknya, jika indahnya mata tak terawat dan sering mengabaikan akan kebugaran mata itu sendiri, Maka dampak bahayanya pun juga tak hanya merusak dari segi kesehatannya. Bahkan mata pun akan terlihat kurang menawan, yang dibarengi dengan mata memerah karena iritasi, hingga sampai mengalami persoalan lebih parah, seperti terjadinya kebutaan. Tentu persoalan tersebut bisa membentuk rasa penyesalan diri  bukan...?

Jauh-jauh hari memang harus diperhatikan akan adanya beberapa hal yang bisa merusak keindahan mata. Agar setiap orang tetap waspada untuk selalu menjaga kesehatan mata, dan terhindar dari gangguan di kemudian hari. Terlebih lagi menghindari beberapa kebiasaan buruk yang terkadang dianggap remah, namun akibatnya cukup fatal bagi organ mata beserta komponen terkait di dalamnya.

Ada 8 kebiasaan buruk yang umum dilakukan, padahal hal itu dapat merusak keindahan mata anda. Apa sajakah itu....?

1. Malas Menghapus Bekas Make-Up Mata
Memakai make-up sangat membantu untuk membuat mata lebih tampil indah. Namun terkadang keseringan lupa, bahkan enggan untuk menghapus make-up yang digunakan untuk menghiasi mata ini. Maka dampaknya juga akan membuat mata mudah sekali kotor. Apalagi jika sehabis acara tertentu langsung tidur tanpa membersihkan bekas make-up, akan kerap membuat tidur menjadi kurang nyaman.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Laptop, Komputer, Dan Sejenisnya
Bagi Setiap orang yang terus-menerus menatap di depan layar laptop atau komputer dan sejenisnya, justru malah berakibat buruk bagi kondisi kesehatannya. Di mana jika hal demikian terus dibiarkan, akan memicu kelelahan pada mata, hingga mampu menimbulkan rasa perih dan iritasi.

Oleh sebab itu, selain membatasi mata untuk melihat layar komputer dan sejenisnya, Sesekali mungkin perlu menerapkan relaksasi mata. Seperti mengedipkan mata selama beberapa detik, kemudian melihat pemandangan hijau dan pemandangan lainnya.

3. Mata Sering Terkena Asap Rokok
Kondisi asap rokok memang membahayakan tubuh. Terutama jika sampai sering mengenai mata, maka akan memicu munculnya penyakit makula. Di mana penyakit satu ini mampu menimbulkan kebutaan bagi para pasien yang terserang penyakit tersebut. 

4. Mata Sering Terpapar Oleh Sinar UV
Ketika mata terpapar oleh sinar ultraviolet ini, maka dampaknya juga akan menimbulkan hal buruk bagi kesehatan mata. Seperti munculnya penyakit katarak yang membahayakan mata dan jenis penyakit lainnya. Oleh sebab itu, tidak salah jika ketika seseorang berada di luar ruangan, mereka cenderung menggunakan kacamata hitam sebagai pelindung mata.

5. Enggan Mengonsumsi Sayuran
Padahal keberadaan sayuran sangatlah baik untuk menunjang kesehatan mata. Terutama sayur wortel yang memiliki banyak kandungan vitamin A di dalamnya. Ditambah lagi kandungan nutrisi dan mineral pada wortel, tidak hanya organ mata saja yang diuntungkan. Namun organ tubuh penting lainnya  juga akan mendapat asupan tambahan, agar sistem kinerja tubuh lebih maksimal.

6. Sembarangan Saat Mengucek Mata
Sebagai organ yang cukup sensitif, memungkinkan mata akan merasa gatal bukan...?, Baik rasa gatal di mata karena adanya debu yang masuk, maupun kotoran lain. Namun ketika seseorang terlalu sering menggosok mata mereka karena gatal, akibatnya pembuluh darah kecil-kecil di bawah mata akan mudah pecah, dan muncullah lingkaran hitam di bawah mata. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, juga bisa memicu pembengkakan. Oleh karena itu, janganlah terlalu sering mengucek mata atau menggosoknya. Dan jika memang ingin menggosoknya karena terdapat debu yang masuk, lakukan dengan hati-hati dan perlahan.

7. Kekurangan Waktu Tidur
Jangan terus-menerus begadang, sampai–sampai lupa akan waktu tidur. Tidak hanya masalah kesehatan tubuh yang dirasakan saat seseorang keseringan begadang, namun panca indera penglihatan pun lambat laun mulai lelah. Yang mana kondisi mata menjadi merah, dan daya pandang juga mudah kabur seiring berjalannya waktu.

8. Kurang Minum Air Putih
Tidak hanya dehidrasi yang akan terjadi saat tubuh kurang mengonsumsi air. Setidaknya mengonsumsi air 8 gelas sehari perlu diterapkan. Karena hal tersebut akan menjaga mata tetap lembab, dan lebih mudah mendapat nutrisi seimbang. Namun jika mata kekurangan asupan air, maka dampaknya akan menjadikan mata cenderung kering, mudah sekali bengkak di bagian kelopak mata, dan mata mudah memerah.
Artikel Terkait