Sehatkan Tulang Bayi Dengan 5 Resep Makanan Ini

image: asianetindia.com
Si kecil di rumah tentu masih membutuhkan asupan-asupan penting selain ASI, agar tumbuh berkembang dengan sehat. Biasanya sebelum beranjak usia enam bulan, bayi akan diberikan ASI oleh Sang Ibunda. Dan pada saat Si kecil sudah beranjak usia di atas enam bulan, maka perlu didukung dengan MPASI ( Makanan Pendamping Asi), Sebagai asupan tambahan yang tak kalah penting untuk kebutuhan pertumbuhannya.

Tak lain adalah ragam makanan selingan bayi demi menunjang kesehatan tulang mereka. Karena meningkatkan kekuatan tulang Si kecil, merupakan salah satu faktor penting, agar nantinya mereka dapat tumbuh dewasa dengan baik, tanpa adanya gangguan pertumbuhan. Jika pembahasannya untuk kesehatan tulang, tentu tak lepas dengan makanan mengandung kalsium tinggi.

Lantas apa sajakah itu...?, Inilah jenis makanan yang mampu menguatkan tulang bayi, sehingga mereka dapat tumbuh berkembang dengan sehat :

1. Kacang Polong
Kalsium tinggi dalam kacang polong sangat baik untuk kesehatan tulang bayi. Sehingga saat usia Si kecil sudah masa layak diberikan MPASI, tentu sebagai orang tua dapat mengolah kacang polong menjadi makanan sehat untuk mereka.

Cara mengolah kacang polong ini tak terlalu sulit. Karena makanan ini dapat dipadukan dengan beberapa bahan lainnya, agar nilai gizinya lebih sempurna lagi menyehatkan untuk Si kecil.

Semisal membuat bubur Kacang Polong, bahan-bahan yang perlu disiapkan :

a. Kacang polong 25 gram
b. Tahu 25 gram
c. Tomat 25 gram
d. Beras secukupnya
e. Ikan kakap 25 gram, dan 100 cc air rebusan ikan

Cara memasaknya :  Pertama memotong tahu menjadi ukuran kecil. Potong tomat dan iris pula ikan kakap menjadi kecil-kecil. Masaklah beras bersama kaldu ikan atau air rebusan ikan sampai mendidih, sambil diaduk aduk. Masukkan tomat, kacang polong, tahu, irisan ikan tadi, dan aduklah sampai semua bahan matang. Setelah itu angkatlah dan blender sampai halus, barulah siap disajikan.

2. Jadikan Susu Kedelai Sebagai Minuman Sehat
Susu kedelai merupakan minuman tambahan yang sehat untuk tulang Si kecil. Karena kandungan kalsium tinggi di dalamnya cocok sekali sebagai menu MPASI untuk bayi. Selain itu, minuman enak ini dapat dijadikan jalan alternatif lain di saat Si kecil alergi terhadap susu sapi dan minuman sejenisnya.

3. Ubi Jalar
Selain kacang polong, Ubi jalar juga dikenal  akan kandungan kalsium di dalamnya. Sehingga makanan satu ini sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang Si kecil. Anda bisa menjadikan ubi jalar sebagai bahan dasar saat pembuatan bubur.

Untuk membuat bubur ubi jalar juga cukup mudah. Terlebih dahulu perhatikan bahan-bahan yang perlu disiapkan :

a. Satu buah ubi jalar berwarna oranye
b. Susu Formula atau sejenis secukupnya 

Cara memasaknya : Pertama rebuslah ubi jalar tadi sampai benar-benar matang, dan lembutkan dengan menggunakan sendok sampai benar-benar halus. Tambahkan susu ke dalamnya dan aduklah hingga rata. Kondisikan jangan sampai terlalu encer atau padat saat mengolahnya. Barulah bubur siap disajikan.

4. Buah Jeruk
Jeruk, Selain menjadi buah untuk menjaga kesehatan tulang, buah ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh Si kecil. Oleh karena itu, tidak salah bilamana anda menjadikan jeruk sebagai menu MPASI yang baik bagi pertumbuhan mereka.

5. Keju
Menu MPASI lain yang tak kalah lezat bagi Si kecil yakni keju. Kandungan protein, mineral, dan lemak sehat di dalamnya memang sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Makanan ini juga cukup membantu menguatkan tulang mereka.

Namun pemberian keju pada bayi haruslah mengetahui prosedur yang tepat. Pilihlah keju yang lunak dan sudah diproses, berikan pada Si kecil maksimal 3 lembar setiap harinya. Serta janganlah menggantikan keju ini sebagai pengganti susu, karena di dalamnya mengandung air lebih sedikit. Jadi, buatlah keju menjadi makanan selingan saja untuk bayi Anda di rumah.

Tambahan : Terkadang, Masih ada saja pemberian MPASI pada Si kecil saat usianya masih belum mencapai waktunya. Semisal usia bayi masih empat bulan sudah diberikan makanan tambahan tertentu, Hal demikian memang perlu diperhatikan secara cermat. Sehingga tidak sampai keliru dalam mengatur makanan Si kecil. Oleh sebab itu, sebelum memberikan menu MPASI pada Si kecil, maka ketahuilah secara gamblang akan pertumbuhan dan perkembangannya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar