6 Tipe Orang Ini Berisiko Terkena Penyakit Lupus

image: healthyfoodteam.com
Apa itu Lupus.....?, Bisa dikatakan sebuah gangguan tubuh yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh mengalami abnormal. Di mana terdapat senyawa penting dalam tubuh yang malah berbalik arah menjadi bumerang bagi tubuh itu sendiri. Bukan karena tidak ada alasan yang mengakibatkan permasalahan ini terjadi.

Namun terjadinya inflamasi kronis ini juga bisa diidap oleh orang yang memiliki gangguan tubuh tertentu. Sehingga kemunculan penyakit Lupus akan menyerang balik pada jaringan dan organ pada tubuh. Apakah pemasalahan ini membahayakan tubuh.....?, Bisa saja, karena beberapa dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini pun cukup beragam. Mulai dari terjadinya inflamasi di bagian sendi, kulit, sel darah, paru-paru dan jantung. Sebelumnya keberadaannya juga diikuti adanya beberapa gejala seperti tubuh merasa lelah, timbul ruam di kulit, rasa sakit dan pembengkakan di bagian sendi.

Oleh karena itu, Bagi setiap orang yang mengidap penyakit ini, hendaknya harus memiliki langkah tepat untuk melakukan pengobatan, baik secara medis maupun dengan jalan alternatif lain. Terlebih lagi, Anda juga perlu mengetahui secara detail mengenai siapa sajakah orang yang bisa memiliki risiko dan rentan terserang penyakit Lupus.

Ini beberapa tipe orang yang akan berisiko terkena penyakit Lupus :

1. Orang Berusia 15 Tahun ke Atas
Memang benar adanya, bahwa penyakit Lupus bisa menyerang tubuh manusia pada usia 15 tahun hingga sampai 50 tahunan. Di mana di usia tersebut masih merupakan masa-masa produktif. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan, bahwa seseorang yang di bawah usia rata-rata tersebut memiliki risiko terserang penyakit ini.

Di Nusantara sendiri, jumlah pasien yang terserang Lupus bisa mencapai 13.300 jiwa pada tahun 2013. Hal demikian berdasarkan data yang ada pada Yayasan Lupus Indonesia (YLI). Sehingga terjadinya penyakit ini harus terus diwaspadai agar tak sampai membahayakan tubuh. Jika muncul gejala akan penyakit ini, segeralah melakukan perawatan intensif agar segera mendapat penanggulangan.

2. Lupus Sering Menyerang Wanita
Hampir 90 persen pasien yang terserang Lupus ini, diidap oleh kaum wanita. Baik mereka yang masih remaja maupun orang dewasa. Akan tetapi, hal demikian juga tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit Lupus juga diderita oleh kaum lelaki. Oleh karena itu, memiliki pola hidup sehat dan seimbang ini sangatlah penting, demi mencegah terjadinya jenis gangguan tubuh semacam ini.

3. Lupus Bisa Muncul Karena Faktor Genetik
Ini berarti bahwa faktor keturunan juga dapat menjadi sebab penyakit Lupus menyerang tubuh manusia. Berdasarkan apa yang telah ditunjukkan pada Foundation Of America, bahwa bagi keturunan penderita Lupus akan memiliki risiko hingga 5 -13 % terinfeksi akan penyakit ini. 

4. Lupus Menyerang Beberapa Ras
Apakah benar penyakit Lupus ini hanya menyerang ras tertentu....?. Seperti diketahui bahwa kebanyakan ras Afrika, Asia, dan Hispanik kerap kali terserang penyakit ini. Dan ada juga ras tertentu yang tidak terserang penyakit Lupus, seperti Ras Kaukasia.

5. Orang Yang Terkena Infeksi Tertentu
Perlu anda tahu, ketika tubuh seseorang terkena infeksi virus seperti Parvovirus, Hepatitis C, dan Cytomegalovirus, akan memiliki kemungkinan besar terserang penyakit Lupus. Oleh karena itulah, penyakit ini seringkali dipicu adanya gangguan tubuh tertentu.

6. Orang Yang Terkena Efek Samping Obat
Tentunya setiap jenis obat yang dikonsumsi memiliki efek samping berbeda-beda. Begitu juga jika setiap individu mengonsumsi obat, juga memungkinkan timbul efek samping yang berbeda pula. Sehingga ada beberapa jenis obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping, seperti gejala penyakit Lupus ini.

Namun biasanya bagi orang yang terkena gejala tersebut dan dikarenakan oleh efek samping obat, bisa dengan mudah disembuhkan. Yakni cukup dengan berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu, Maka tak perlu mendapat perawatan khusus untuk menanggulangi gejala Lupus tersebut.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar