5 Rahasia Sehat di Balik Pelukan Ibu Bagi Si Kecil

image: sheinthecle.com
Setelah seharian menyelesaikan pekerjaan rumah, maka hal yang penting lagi bagi Sang ibunda yakni merawat anak-anak mereka bukan...?. Apalagi jika mereka memiliki Si kecil yang masih membutuhkan perawatan ekstra. Tentu kehangatan pelukan Sang Ibunda terhadap Si kecil ini sangatlah dibutuhkan.

Bahkan jika sampai Si kecil mengalami masalah, seperti suhu tubuhnya terasa panas, lemas, dan menangis terus menerus, Bagi setiap ibu tentunya khawatir mengenai kondisi bayi mereka. Sehingga Sang ibunda akan mencurahkan sebuah pelukan lembut bagi mereka. Tak lama kemudian pelukan lembut itu membuat buah hati merasa lebih tenang, nyaman, dan tangisannya pun mulai bisa mereda.

Lantas, sejauh mana pelukan Sang Ibunda ini sangat berarti terhadap Si kecil...?. Ternyata dibalik itu semua, ada alasan kuat yang menjadikan sebuah pelukan lembut sang ibunda cukup penting bagi kesehatan bayi. Baik itu dari segi kesehatan mental, maupun tingkat ketahanan tubuh mereka untuk tumbuh berkembang hingga beranjak dewasa. Jadi, biasakan untuk memeluk si kecil di rumah, karena hal itu memang sangat baik untuk pertumbuhannya.

Berikut hal-hal penting yang menjadikan bayi sangat membutuhkan pelukan erat Sang ibunda, ditinjau dari segi kesehatan :

1. Pelukan Ibu Mampu Menghindarkan Bayi Terkena Depresi
Memang benar adanya, bahwa tingkat pengendalian emosional anak tak sekuat orang dewasa. Jadi, sudah seharusnya jika Si kecil di rumah sering kali atau mudah mengalami depresi saat menghadapi kesulitan tertentu. Oleh sebab itu, di usianya yang masih dini, haruslah membutuhkan perawatan dan menghindarkannya dari apa-apa yang membuatnya mudah depresi.

Namun bagaimana jika Si kecil terlanjur mengalami persoalan ini...?, Pelukan seorang Ibu merupakan salah satu solusi tepat untuk menanganinya. Sebuah pelukan ini mampu meningkatkan produksi kadar Dopamine dan Serotanin dalam otak mereka. Sehingga dari situlah akan membantu Si kecil meringankan tingkat depresi yang dialaminya. Alhasil, sebuah pelukan ibu mampu menumbuhkan suasana hati ceria bagi Si kecil.

2. Mampu Menurunkan Suhu Tubuh Si Kecil
Tak bisa dipungkiri lagi, dalam kondisi cuaca tak menentu memungkinkan sekali si kecil mengalami peningkatan suhu tubuh. Kondisi ini kerap kali membuat mereka tidak nyaman, sehingga membuat sang Ibu langsung bergegas membeli obat penurun panas bukan...?.

Namun hendaknya jangan tergesa-gesa untuk langsung memberikan obat penurun panas ini.
Maka sebelumnya bisa merawatnya dahulu dengan beberapa teknik berikut : Rayu mereka untuk mengonsumsi banyak air putih, mengompresnya dengan air hangat, serta jangan lupa untuk memberikannya sebuah pelukan lembut. Karena sebuah pelukan diyakini mampu membantu mengembalikan suhu tubuh Si kecil kembali normal. 

3. Menghindarkan Si kecil Dari Penyakit Degeneratif
Dengan memberikan sebuah perhatian terhadap si kecil, di situ akan membuahkan manfaat luar biasa bagi kesehatannya. Yakni mampu menghindarkan tubuh dari terjadinya penyakit Degeneratif, seperti permasalahan tekanan darah, dan kesehatan jantung. Karena pelukan ini juga mampu menurunkan hormon Kortisol, dan memicu hormon Oksitosin dalam tubuh.

4. Bisa Menyeimbangkan Sistem Kekebalan Tubuh Mereka
Sistem kekebalan tubuh tak seimbang, atau turun drastis, bisa menyebabkan Si kecil terkena berbagai penyakit seperti flu, pilek, dan sejenisnya. Oleh sebab itu selalu seimbangkanlah kondisi tubuh si kecil dengan menerapkan pelukan lembut ini. 

5. Membuat Si Kecil Lebih Rileks
Demi menguatkan mental si kecil agar tak mudah mengalami stres dan berbagai gangguan lain, maka pelukan lembut Sang Ibunda mampu membuat Si kecil nyaman, rileks, karena berkat meningkatnya hormon Oksitosin ini. Dengan demikian, kondisi si kecil lebih tenang dan memungkinkan otot-ototnya lebih santai.
Artikel Terkait