8 Penyebab Tubuh Mengeluarkan Keringat Berlebih

image: ba-bamail.com
Keluarnya keringat di tubuh juga bisa dikatakan sebuah proses alami yang wajar. Di mana tubuh juga membutuhkan pendinginan sehabis bergerak aktif untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Apalagi seusai berolahraga atau melakukan pekerjaan berat, berlari dan sejenisnya, maka proses berkeringatnya tubuh seseorang semacam ini memang tergolong menyehatkan.

Namun bagaimana jika keringat tubuh tanpa disadari keluar terus-menerus, hingga mengeluarkan bau tak sedap dan menjadikan sekujur tubuh basah..?, Kemunculan keringat berlebih juga bisa memungkinkan seseorang mengalami gangguan. Sehingga kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang terserang penyakit tertentu.

Oleh sebab itu, saat tubuh mengeluarkan keringat dengan kadar tak wajar, padahal tak melakukan gerakan begitu banyak, Maka bisa jadi disebabkan kondisi tubuh mengalami masalah kesehatan.

Langkah yang tepat, yakni mengetahui penyebabnya sejak dini agar tak lagi menimbulkan gangguan tubuh lebih parah. Nah, beginilah penyebab tubuh mengeluarkan keringat berlebih, sekaligus menjadi tanda bahwa kesehatan tubuh mulai mengalami gangguan.

1. Kanker Limfoma
Memang kanker Limfoma mampu menjadikan tubuh mengeluarkan keringat berlebihan. Karena jenis penyakit kanker ini bisa menyerang pada bagian kelenjar getah bening. Selain itu, daya imunitas tubuh pun bisa menurun drastis akibat terserang penyakit satu ini.

Sehingga bagi pasien yang menderita penyakit tersebut sangat rentan sekali untuk mengalami infeksi. Namun jika tubuh berkeringat disebabkan kanker jenis ini, biasanya kerap dibarengi dengan demam, menggigil, nafsu makan menurun, serta kondisi tubuh sering merasa kelelahan. Jadi alangkah baiknya segera menanggulanginya dengan langkah yang tepat pula.

2. Hiperhidrosis
Keluarnya keringat yang berlebihan memang juga dikenal dengan sebutan Hiperhidrosis. Di mana kemunculan keringat semacam ini bisa terjadi karena aktivitas terlalu berlebih dan obat kimia tertentu, hingga sampai menimbulkan permasalahan pada kinerja kelenjar keringat.

Sedangkan pembagian Hiperhidrosis sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni :

a. Lokal atau Primer
Hal ini jika terdapat keringat yang muncul secara berlebih, namun hanya terletak di bagian tubuh tertentu saja. Semisal : Di ketiak, telapak tangan, telapak kaki, kepala dan wajah.

b. Sekunder Generalisasi
Yakni keringat keluar dengan kadar di luar batas, yang bisa disebabkan oleh efek samping atau reaksi obat-obatan kimia tertentu. Yang mana munculnya keringat dengan kondisi seperti ini bisa saja meluas ke berbagai organ tubuh sampai seluruh tubuh. Jadi anda jangan kaget, saat mengonsumsi obat-obatan tertentu tiba-tiba keringat bermunculan hingga terbawa saat tertidur lelap.

c. Idiopatik Generalisasi
Sedangkan Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi terjadi karena tubuh memiliki kecenderungan cukup kuat untuk mengeluarkan keringat ke seluruh tubuh. Apalagi ditambah dengan keadaan tegang karena menghadapi masalah berat. Maka akan bisa memperburuk kondisi, hingga keringat mampu menetes ke lantai.

3. Tingkat Stres yang Tinggi 
Luangkan waktu untuk bersantai agar tubuh tak gampang stres. Karena seperti yang diketahui, bahwa tingkat stres tinggi secara tidak langsung akan mampu menggerogoti kesehatan tubuh anda.

Selain itu stres juga mampu memicu kelenjar Apokrin untuk mengeluarkan kadar keringat berlebih dari dalam tubuh.

4. Kadar Gula Darah Rendah 
Jika sampai kadar gula darah terlalu rendah, itu pun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh bukan...?, Apalagi bila sampai terlalu meninggi. Sementara tingkat kadar gula yang baik yakni seimbang.

Di sisi lain, jika kadar gula darah di tubuh sampai turun di bawah 70 mg, maka dari situ akan merespon tubuh untuk mengeluarkan keringat secara berlebihan. Selain itu, keluarnya keringat juga dibarengi dengan rasa pusing kepala bahkan mual. Maka segeralah melakukan pengobatan ketika menghadapi permasalahan semacam ini.
image: onlinenewshub.com
5. Penyakit Jantung 
Apakah benar keringat berlebih bisa dikarenakan oleh serangan jantung...?, Meski memiliki kemungkinan tidak terlalu besar, Namun tetap saja keringat berlebih yang keluar dari tubuh bisa juga karena penyakit jantung. Dan keluarnya keringat ini pun tentu dibarengi dengan gejala lain pada penyakit jantung, atau permasalahan sistematik jantung itu sendiri.

Sehingga anda harus tetap waspada untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan sehat.

6. Adanya Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi juga tak menutup kemungkinan menyebabkan tubuh seseorang mengeluarkan keringat berlebihan. Karena bagaimanapun, ketidakstabilan tekanan darah ini akan membuat tubuh berada di bawah tekanan. Sehingga dengan terpaksa akan menimbulkan keringat keluar di seluruh tubuh.

7. Heat Stroke
Heat Stroke, yaitu kegagalan tubuh untuk mengatur tekanan suhu, dan suhu terus meningkat secara tak terkendali. Itulah di mana Heat Stroke mampu mengancam jiwa bagi seseorang yang mengalaminya. 

Dan sudah pasti hal tersebut juga akan dibarengi dengan keluarnya keringat berlebih, serta membuat tubuh merasa tak nyaman sekali. Jadi sebelum suatu persoalan tubuh berakibat fatal sampai menginjak pada kondisi seperti ini, lakukan perawatan tubuh sebaik mungkin. Entah itu berkonsultasi ke dokter maupun menggunakan jalan alternatif lainnya.

8. Leukemia
Di mana penyakit tubuh yang dikenal dengan kanker darah ini, juga mampu menimbulkan gejala seperti keluarnya keringat berlebihan, terutama di malam hari. Biasanya kondisi ini dibarengi dengan kemunculan bintik-bintik merah kecil pada kulit.

Penyakit ini juga tergolong cukup membahayakan bagi tubuh, karena juga dapat merenggut jiwa penderitanya. Oleh sebab itu, lebih baiknya segera melakukan pengobatan secara efisien agar dapat ditanggulangi dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar