Begini Cara Kenikir Menguatkan Tulang Pada Tubuh Anda

image: malaysiapavilion2015.com.my
Tulang merupakan faktor terpenting guna menyangga kekuatan tubuh agar tetap beraktivitas secara normal, menyokongnya untuk tetap kokoh, serta anda pun bisa menggerakkan tubuh setiap hari tanpa diiringi kendala yang menyulitkannya melakukan gerakan. Semakin kuat kondisi tulang, maka semakin bugar pula tingkat ke-elastisan tubuh saat berjalan, berdiri, duduk, dan bergerak sesuka hati. 

Pastinya kepadatan tulang di tubuh, mampu meningkatkan kinerja organ tubuh yang lain menjadi lebih sehat bukan…?. Sayangnya ada saja persoalan tulang ini, secara tak disangka lambat laun kondisi tulang menjadi cepat rapuh. Munculnya kerapuhan kerap disebabkan oleh bertambahnya usia, dikarenakan pertumbuhan tulang secara perlahan mulai berhenti, Sedangkan masa tulang semakin meningkat saja. 

Lantas, bagaimana cara menguatkan kembali tulang di tubuh…?. Kenikir, itulah salah satu jenis sayuran hijau cukup membantu memadatkan tulang-tulang di tubuh yang rapuh karena ditelan usia, gaya hidup tidak sehat, genetik, dan sebagainya. 

Oleh sebab itu, sayur kenikir atau Ulam Raja ini memiliki cara tersendiri untuk menguatkan tulang pada tubuh anda. Apa sajakah itu…?

1. Antioksidan
Cosmos Caudatus ( Kenikir ) memang menjadi sayuran sehat untuk tulang. Karena tingginya kandungan Antioksidan pada kenikir mampu memiliki efek baik untuk memperbaiki kerapuhan tulang ( Osteoporosis ) secara efektif dan alami. Terlebih lagi bagi wanita paska menopause diharapkan untuk mengonsumsi sayur Kenikir secara rutin, demi mengembalikan kepadatan tulang yang mudah sekali terkikis.

Kandungan Antioksidan dalam sayuran segar ini juga cukup kompleks, di antaranya : Kuersetin Glikosida, Flavonoid, Saponin, Asam Klorogenik, Asam Kripto Klorogenat, Terpenoid, Tokoferol, Isoflavon, Alkaloid, Atsiri, dan lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita memiliki risiko empat kali lebih mungkin untuk mengalami kerapuhan pada tulang mereka. Namun tidak menutup kemungkinan,  laki-laki juga bisa saja mengalami kondisi semacam ini. Sehingga manfaatkanlah sayuran hijau ini untuk menguatkan kembali kesehatan tulang anda.

Bahkan dari hasil studi telah menunjukkan, bahwa di dalam setiap 100 gram sayur kenikir segar memiliki kemampuan Antioksidan yang sepadan dengan 2500 mg L-asam Askorbat (AEAC). Kegunaan Antioksidan di dalamnya juga tak hanya berguna untuk menangani permasalahan tulang saja, senyawa alami tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengatasi gangguan tubuh lainnya.

2. Kalsium
Sudah cukup dikenal bahwa fungsi Kalsium ini akan mencegah Osteoporosis bukan…?. Karena setiap hari tubuh anda haruslah memiliki asupan cukup Kalsium. Jika tidak, maka secara tak terduga tubuh akan mengikis Kalsium yang terdapat pada tulang, hingga pada akhirnya akan menjadi ancaman bagi kesehatan tulang itu sendiri.

Nah, Mineral penting ini juga terdapat dalam kenikir dengan jumlah tidak sedikit. Mengonsumsinya secara rutin akan mampu memenuhi kebutuhan Kalsium pada tubuh anda. Bahkan, perpaduan antara Antioksidan dan Kalsium tinggi  di dalamnya, tentunya memiliki peranan penting dalam membangun kembali tulang di tubuh yang mengalami kerapuhan. 

3. Vitamin D
Semakin kompleks saja kandungan sayur kenikir ini. Ingatlah,  bahwa tubuh tentunya membutuhkan asupan Vitamin D untuk menyerap Kalsium yang ada. Jika antara Kalsium dan Vitamin D dipadukan, maka keduanya akan mampu memperbaiki tulang rapuh secara alami. 

Tetapi bila membahas tentang kenikir, sayuran hijau ini lebih condong pada tingginya kandungan Antioksidan sebagai obat alternatif untuk menguatkan kembali tulang di tubuh. Peranan Vitamin D akan membantu Kalsium supaya diserap tubuh secara menyeluruh, sehingga keduanya tetap memiliki peranan penting dalam menstimulasi perbaikan tulang dan otot  agar lebih cepat kembali pulih.

Beberapa senyawa alami tersebut memang memiliki peranan khusus dalam menguatkan tulang pada tubuh. Bagi setiap orang yang ingin mengatasi kerusakan tulang dengan sayuran ini, berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan, Bahwa dosis yang tepat mengenai cara penggunaannya, hendaknya dikonsumsi dalam takaran 500 mg/kg.  Dosis ini cukup bekerja untuk wanita paska menopause.

Selain sayur kenikir memiliki beberapa kandungan penting di atas, ditemukan juga berupa Vitamin C, K, E, Fosfor, Magnesium, Tembaga, yang semuanya membantu menunjang kesehatan tulang pada tubuh.

Anda pun bisa mengolah dan mengonsumsinya dalam jangka waktu bertahap selama beberapa Minggu. Selain itu, mengonsumsi Kenikir juga membantu kalangan muda agar memiliki tulang lebih sehat, Hingga sampai memperkecil kemungkinan mengalami risiko pengapuran tulang di kemudian hari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar