Ternyata, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Migrain

image: epainassist.com
Sebagian besar manusia pasti pernah merasakan migrain atau sakit kepala sebelah. Memang pada dasarnya gangguan kepala ini adalah salah satu penyakit yang tidak berbahaya, namun jika orang sering mengalami sakit migrain, pastinya hal tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari bukan...?

Dan tahukah Anda, Ternyata penyakit migrain ini bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang selama ini mungkin Anda konsumsi setiap hari. Jadi, lebih baik perhatikan jenis-jenis makanan dan minuman berikut ini jika sakit migrain kerap menghampiri :

1. Minuman Bersoda 

Tiap orang pasti pernah mengonsumsi minuman bersoda, karena merupakan minuman yang cukup menyegarkan. Namun perlu dipahami, Minuman bersoda umumnya terbuat dari pemanis buatan, dan minuman ini dapat berdampak negatif pada tubuh manusia, salah satunya menyebabkan migrain.

Tidak hanya itu saja, bila kita mengonsumsi soda yang terlalu banyak kandungan pemanis buatan, maka dapat merusak sel-sel otak secara kimiawi. Sehingga juga dapat menyebabkan insomnia. Jadi lebih baik berhentilah atau kurangi mengonsumsi minuman bersoda, gantilah dengan minum air putih setiap hari.

2. Kopi yang Dikonsumsi Berlebih
Kopi dipercaya dapat menghilangkan kantuk, namun ada juga orang setelah minum kopi malah tidak bisa tidur semalaman / insomnia. Kopi tentunya mengandung kafein, sementara dengan kafein tersebut seseorang dapat menghilangkan rasa sakit pada kepala.

Namun perlu diketahui, apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein, maka sakit di kepala tidak akan hilang, tapi  malah tambah parah. Kafein dapat digambarkan sebagai obat, bila digunakan secukupnya dapat menyembuhkan rasa sakit, tetapi bila terlalu banyak dapat menyebabkan efek negatif.

3. Anggur Merah ( Minuman Olahan )
Minuman anggur merah umumnya mengandung Sulfit. Perlu Anda ketahui, Sulfit adalah bahan pengawet yang ada pada minuman olahan anggur merah, serta dapat membuat sakit kepala sebelah / migrain. Tidak hanya itu, Minuman olahan anggur merah juga mengandung alkohol. Pastinya kita tahu, bagaimana orang yang mengonsumsi alkohol berlebih.

Pada umumnya, jenis minuman apapun yang mengandung alkohol dapat menyebabkan ‘’meningkatnya’’ aliran darah menuju otak, dan akhirnya menyebabkan sakit kepala. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, bahkan hilang kesadaran bila mengonsumsinya terlalu banyak.

4. MSG
MSG ( Monosodium Glutamat ) atau bisa juga disebut vetsin, merupakan salah satu zat kimia yang biasa digunakan pada makanan asin seperti makanan ringan. Yang mana vetsin dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa / penyedap pada makanan. Dan zat kimia ini juga dapat menimbulkan sakit kepala sebelah.

5. Daging Olahan
Di dalam daging olahan terdapat Nitrat dan Nitrit, bahan kimia tersebut biasa digunakan untuk mengawetkan daging. Bahan pengawet tersebutlah yang membuat sakit migrain. Di saat seseorang mengonsumsi daging olahan, maka pembuluh darah pada orang yang mengonsumsi akan melebar, sehingga bisa memicu gangguan migrain. Contoh daging olahan yaitu : Pepperoni, Hot dog, Sarden, Sosis, Hati ayam dan sejenisnya.


6. Ragi
Tak disangka, bahwa bahan makanan ''Ragi'' ternyata bisa sebabkan migrain jika penggunaannya secara berlebih. Layaknya penggunaan Ragi pada campuran makanan Roti, Donat, Hamburger, Pizza, dan makanan sejenisnya. Untuk itu penggunaan ragi haruslah diperhatikan, yakni dengan takaran sewajarnya / secukupnya saja, sehingga tidak menimbulkan gejala migrain.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar