Manfaat Dan Khasiat Mengejutkan Buah Cempedak

image: linkedin.com
Buah cempedak, Siapa yang tak mengenal jenis buah satu ini. Buah langka ini meskipun jarang ditemukan di sekeliling kita, namun buah cempedak sangat banyak digemari sebagian masyarakat di Indonesia. Tanaman ini berasal dari wilayah Asia tenggara dan menyebar ke wilayah Indonesia terutama Sulawesi, Palu, dan juga Jawa barat. Buah tersebut memiliki tinggi pohon hingga mencapai 20 m, meskipun rata rata tinggi pohon ini mencapai belasan meter, namun pohon tertinggi bisa didapati mencapai angka tersebut. 

Buah cempedak memiliki aroma menyengat seperti buah durian, namun bentuk fisik kulit luar sangat mirip dengan buah Nangka. Jika dibandingkan, buah cempedak ukurannya lebih panjang dari buah Nangka. Dagingnya pun juga mirip dengan buah durian, mempunyai tekstur yang lembek, serta bentuk daging agak bulat-bulat tidak beraturan, mirip dengan buah durian. 

Cara mengonsumsi buah ini juga tidaklah rumit, bahkan penduduk setempat ada yang mengonsumsi buah cempedak secara langsung saat kondisi buah masih segar. Selain itu juga ada yang digoreng beserta bijinya, dengan mencampurkan adonan tepung, gula, dan garam. Saat kondisi digoreng, buah ini sangat cocok digunakan untuk camilan dengan minuman kopi atau teh panas. Bahkan biji buah ini juga dapat digunakan sebagai camilan dengan cara direbus, dibakar, dan digoreng. Tak hanya bijinya, sifat daging buahnya saat usia muda juga dapat digunakan sebagai sayur untuk lauk-pauk, sebagai mana seperti buah nangka muda.

Kini keberadaan buah cempedak sudah semakin langka, di Indonesia hanya terdapat di berbagai wilayah seperti Palu, Jawa barat, Sulawesi, dan Kalimantan. Buah yang banyak digemari oleh masyarakat ini ternyata juga mempunyai harga jual tinggi. Di daerah Jawa barat, buah ini banyak dikonsumsi dengan cara dijadikan olahan makanan seperti jus, bahan dasar roti, perasa minuman, serta es campur. Buah yang memiliki rasa manis ini, ternyata juga banyak disukai anak anak di wilayah Indonesia. 

Pasalnya buah cempedak meskipun jarang ditemukan, tetapi buah ini memiliki manfaat yang banyak. Dan itu sebabnya banyak seseorang mencari keberadaan akan buah cempedak ini. Buah cempedak memiliki berbagai macam kandungan senyawa alami, Tentunya juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena hal tersebut, buah cempedak juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
Kandungan Nutrisi Buah Cempedak :

Buah yang memiliki rasa manis gurih dan mempunyai aroma khas, juga mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh kita. Terdapat kandungan alami dalam buah cempedak seperti energi. Kandungan energi pada buah cempedak mencapai 116 kkal. Hal tersebut membuktikan bahwa senyawa tersebut sangat mampu menggantikan tenaga kita yang hilang akibat kecapekan atau terlalu banyak aktivitas berat.

Selain itu, buah ini juga mengandung Vitamin C, Protein, Karbohidrat, Vitamin A, Kalsium, Kalium, Fosfor, dan juga mengandung kadar lemak sangat rendah. Bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet, maka buah cempedak adalah solusi tepat untuk dikonsumsi. Karena buah ini memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Tak hanya itu, buah cempedak juga mengandung mineral sangat tinggi, seperti terdapat di dalam buah nangka. Namun kandungan mineral dalam buah cempedak tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, melainkan juga bermanfaat untuk mencegah risiko gejala stroke. Dengan demikian, meskipun buah cempedak memiliki harga lumayan mahal, tetapi buah ini menyimpan sejuta manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dan Khasiat Buah Cempedak Untuk Kesehatan :

1. Menyehatkan mata
Memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang tajam, tentunya menjadi impian bagi semua orang. Upaya untuk menjaga kesehatan mata memang disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi gizi sesuai kebutuhan harian tubuh, terutama adalah vitamin A. Kesehatan mata kita akan terjaga jika mengonsumsi cukup Vitamin A. Karena vitamin yang kebanyakan terdapat dalam wortel, ternyata juga banyak terdapat pada buah cempedak. Sehingga mengonsumsi buah ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Sebagai Antioksidan
Kandungan senyawa Antioksidan dalam buah cempedak tak hanya bersumber dari vitamin C saja. Melainkan juga bersumber dari senyawa Alkaloid dan Karotenoid. Kandungan Antioksidan seperti ini memang jarang kita jumpai, karena tidak semua buah memiliki kandungan Antioksidan yang bersumber dari selain Vitamin C.

Sifat senyawa Antioksidan tersebut sangat tinggi, dan bisa dibilang tiga kali lebih hebat dibandingkan dengan Antioksidan biasa. Manfaat dari Antioksidan biasanya untuk mencegah berbagai macam bakteri yang masuk ke tubuh, serta sebagai pembunuh virus-virus kecil yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Namun Antioksidan yang terdapat pada buah ini tak hanya mampu melakukan tugas tersebut, melainkan senyawa tersebut juga mampu mencegah maraknya sel kanker jahat yang dapat membahayakan tubuh.

3. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh
Buah cempedak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C di dalam buah cempedak kini telah dibuktikan oleh para ilmuwan biologi. Bahwa sifat vitamin C pada buah cempedak mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi seseorang dengan gejala kolesterol tinggi.

4. Mengatasi tumor
Penyakit tumor meskipun terdengar langka, penyakit tumor merupakan penyakit yang berbahaya selain kanker. Sementara kandungan senyawa alami dalam buah cempedak sangat bermanfaat untuk meredakan tumor. Meskipun belum teruji klinis, namun kandungan Bioflavonoid pada buah cempedak juga dapat membantu mengatasi tumor.
image: plantsofasia.com
5. Meredakan malaria
Penyakit malaria, salah satunya adalah penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit malaria tergolong penyakit membahayakan. Karena pada musim hujan di negara Indonesia korban penyakit malaria kadang meningkat. Untuk mencegah hal tersebut, kita memang harus menerapkan kebersihan lingkungan dengan rutin.

Selain itu kita juga harus mengubur kaleng-kaleng bekas yang dapat menjadi tampungan air saat hujan datang. Nah bagi anda yang sedang terjangkit penyakit malaria, maka disarankan mengonsumsi buah cempedak. Para pakar ilmiah mendapati dalam buah ini terdapat Bioflavonoid dan kandungan enzim lainnya. Yang mana jika dikonsumsi oleh penderita malaria, maka secara tidak langsung penyakit tersebut akan teratasi.

6. Mengusir parasit
Di setiap pembuluh darah atau saluran oksigen pada tubuh kita kadang terdapat parasit berkeliaran. Akibatnya jika parasit berjumlah banyak, maka fungsi kinerja organ tubuh yang lain akan terganggu.  Selain itu berbagai macam parasit di tubuh kita juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut, mengonsumsi buah cempedak setiap hari secara rutin bisa dijadikan alternatifnya.

7. Menjaga pencernaan
Kandungan serat tinggi juga terdapat pada buah cempedak. Selain buah nangka, buah Cempedak ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sangat disarankan bagi anda yang mengalami masalah pada pencernaan untuk mengonsumsi buah ini. Sehingga sistem pencernaan akan terjaga dan juga membuat BAB menjadi lancar.

8. Mencukupi kebutuhan asupan air dalam tubuh
Kandungan mineral buah cempedak juga cukup banyak. Seperti halnya manfaat dari buah Semangka dan buah Bengkuang. Kandungan mineral buah cempedak bisa dibilang tinggi, sebab itulah buah ini sangat cocok dikonsumsi dalam bentuk jus, serta juga mampu memenuhi kebutuhan asupan air tubuh kita.

9. Mencegah risiko stroke
Kandungan mineral buah cempedak tak hanya bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Melainkan kandungan mineral buah tersebut mempunyai manfaat melancarkan pembuluh Arteri, Alhasil ancaman penyakit jantung dan stroke akan tercegah.

10. Cocok untuk diet
Program diet sudah banyak dijalankan sejak zaman dahulu. Sementara ada sebagian orang menjalankan program ini dengan mengonsumsi obat-obatan sembarangan. Akibatnya secara paksa nutrisi atau gizi yang dibutuhkan harian tubuh akan dikeluarkan tanpa terkontrol, Sehingga seseorang terkadang merasa mual, muntah, serta lemas. Perlu anda ketahui, buah Cempedak adalah solusi yang tepat untuk program diet. Karena buah ini memiliki kandungan lemak sedikit. Oleh karena itu, Daging buah cempedak sangat baik dikonsumsi oleh seseorang dalam menjalankan program diet.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar