Manfaat Dan Khasiat Melinjo yang Mengagumkan

image: pesona.co.id
Tanaman melinjo merupakan salah satu jenis tanaman berbiji terbuka. Tanaman ini berasal dari Asia Tropik dan Pasifik barat. Tanaman melinjo juga mempunyai nama lain seperti Melinjo dalam bahasa Jawa, Bago dalam bahasa Melayu, dan Tangkil (bahasa Sunda). Tanaman melinjo banyak ditemukan di Indonesia karena selain tidak perlu perawatan yang rutin, tanaman ini juga dapat tumbuh subur di berbagai tempat tanpa harus diberi pupuk setiap harinya. 

Biasanya tanaman tersebut banyak ditanam di halaman rumah, sebagai tumbuhan peneduh halaman sekolahan, Serta juga banyak yang ditanam di pekarangan. Banyak sekali seseorang memanfaatkan melinjo sebagai sayuran terutama kulitnya. Selain itu biji melinjonya juga dapat di olah sebagai kerupuk melinjo (emping melinjo), seperti yang terdapat di toko-toko atau warung-warung. 

Biji buah melinjo memiliki rasa agak pahit, namun juga ada rasa gurih jika kita makan dalam bentuk olahan kerupuk atau emping melinjo. Tanaman buah melinjo memiliki sifat pohon bercabang rendah, dan juga memiliki daun sangat lebat. Pohon melinjo dapat tumbuh di ketinggian mulai dari 0 mdpl hingga 1200 mdpl. Sehingga buah ini sangat mudah ditanam, dan juga memiliki manfaat yang menguntungkan bagi kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, melinjo sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mendengar masakan yang berbahan dari melinjo, salah satu contohnya adalah sayur melinjo. Di daerah Jawa sayur melinjo sangatlah populer, karena cara pengolahannya yang gampang. Selain itu juga kaya akan manfaat, menjadikan pasaran kulit melinjo di kawasan Jawa sangatlah laris. Pengolahan kulit melinjo juga dapat digunakan sebagai camilan. Kulit melinjo yang digoreng dan ditaburi dengan bumbu-bumbu tertentu, akan menjadikan cita rasa yang enak dan gurih. 

Biji melinjo ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Dikarenakan biji-bijian ini memiliki beberapa senyawa alami, Seperti Kalori 332 kkal, Sodium 5 mg, Karbohidrat 64,50 gram, Serat 14,9 g, Protein 15,40 g, Vitamin B1 Thiamin, Vitamin B2 Niasin 42,7 %, Vitamin B3 Riboflavin 8,8 %, Vitamin B5 Asam Pantotenat acid, Vitamin B6, Vitamin C, Zat besi, Fosfor dan Kalsium. Dengan banyaknya kandungan senyawa tersebut, Melinjo dapat kita jadikan sebagai makanan atau camilan yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit tertentu.  

Manfaat dan Khasiat melinjo untuk kesehatan tubuh manusia :

Mengonsumsi melinjo sebagai cemilan tentunya juga baik untuk kesehatan tubuh. Biji melinjo tak hanya dapat dinikmati sebagai cemilan makanan saja. Melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan alternatif untuk mengatasi beberapa gejala/gangguan kesehatan, seperti yang ada di bawah ini.

1. Melancarkan urin
Melancarkan saluran urin di dalam tubuh memang sudah menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sering kali kita mendengar keluhan dari kerabat dan juga sanak saudara yang sedang mengalami gangguan ketidaklancaran urin. Efeknya jika terlalu dibiarkan, maka gangguan tersebut akan merambat, dan juga dapat menimbulkan salah satu penyakit yang berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengonsumsi melinjo dengan cara direbus bijinya, atau dengan cara lebih sederhana bisa mengonsumsi emping melinjo yang di jual di pasaran.

2. Mencegah anemia
Merasa pusing, hilangnya nafsu makan dan lemas, merupakan gangguan yang dapat menjadikan diri kita terasa tidak nyaman, Dan itu juga merupakan beberapa gejala anemia. Bagi anda yang sering mengalami gejala seperti ini, jangan dibilang ini gejala sakit biasa. Justru sebaliknya, meskipun gejala ini terlihat ringan, namun masalah tersebut dapat menyebabkan salah satu penyebab penyakit anemia.

Penyakit anemia adalah penyakit dimana dalam tubuh kita mengalami gangguan kesehatan, yang mengakibatkan produksi sel darah merah berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengonsumsi melinjo dengan rutin setiap hari. Baik itu mengonsumsi emping melinjo maupun biji melinjo yang sudah direbus.

3. Mengobati luka
Salah satu manfaat dari melinjo ini adalah untuk mengobati luka-luka gigitan binatang. Seperti digigit anjing, digigit tikus, dan binatang lainnya yang tidak mengandung racun bahaya seperti Macan.

Jadi bagi anda yang mengalami sakit diakibatkan gigitan binatang seperti di atas, maka tidak perlu panik dalam menanganinya. Di sini kita bisa memanfaatkan daun dari pohon melinjo. Caranya juga sangat gampang, ambil beberapa daun melinjo yang masih segar dan dicuci sampai bersih. Setelah itu haluskan daun tersebut dengan cara ditumbuk, lalu oleskan ke luka yang ada di kulit.

4. Mencegah penyakit jantung
Salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah serangan penyakit jantung. Penyakit yang satu ini memiliki gejala tak mudah terlihat, dan juga datang secara tiba-tiba. Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dalam diri kita, maka bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung Kalium dan Antioksidan tinggi, salah satunya adalah biji melinjo.

image: ruangtani.com
5. Meningkatkan stamina
Salah satu keunggulan melinjo yang jarang diketahui orang adalah mengandung energi dalam jumlah sangat tinggi. Sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi sebagai cemilan di setiap malam. Kandungan energi yang alami pada melinjo sangat berperan sebagai pengganti energi di tubuh kita yang mudah hilang. Bagi seseorang yang sering mengalami lelah akibat bekerja keras, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi melinjo dengan rutin.

6. Untuk mencegah hipertensi
Hipertensi atau gejala darah tinggi, merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan juga dapat mengakibatkan serangan jantung. Selain itu gejala penyakit ini juga dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti Komplikasi. Untuk itu, penyakit gejala darah tinggi seperti ini harus kita cegah mulai dari sekarang. Di dalam biji melinjo terdapat senyawa Antioksidan dan juga Protein, yakni bersifat khusus dan berfungsi untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
 
7. Memperkuat daya ingat
Kandungan alami dalam biji melinjo memang sudah dikenal banyak orang dari zaman dahulu. Selain itu, sifat beberapa senyawa alami pada biji melinjo juga sangat berperan baik meningkatkan kinerja otak. Mengonsumsi melinjo setiap hari juga dapat menjadikan terbebas dari penyakit berbahaya. Di sisi lain, biji melinjo juga mempunyai manfaat yang baik untuk kecerdasan otak.

8. Mencegah penuaan dini
Seringkali kita dengar dari beberapa pendapat orang, bahwa proses penuaan dini yang dialami beberapa remaja di Indonesia sudah merajalela. Hal tersebut menjadikan seseorang akan merasa kurang percaya diri, serta juga tak dapat tampil lebih menawan. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengonsumsi melinjo setiap hari secara rutin. Tapi ingat..!!!, jangan mengonsumsi biji melinjo dengan berlebihan, karena nantinya bisa membuat kesehatan kita menjadi menurun dan terancam sakit. Konsumsilah secukupnya saja.

9. Menambah sistem imun
Kandungan Antioksidan pada biji melinjo ini sangat banyak. Manfaat dari antioksidan sendiri adalah sebagai penangkal bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Jadi kesimpulannya adalah, Mengonsumsi melinjo setiap hari (dalam jumlah cukup), Akan menjadikan diri kita sehat dan kebal terhadap serangan penyakit berbahaya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar