4 Khasiat Menakjubkan Konsumsi Singkong Rebus

image: pulse.com.gh
Ragam jenis makanan umbi-umbian saat ini masih menjadi makanan favorit di kalangan Nusantara, salah satunya yakni Singkong. Jenis umbi ini memiliki rasa sedikit gurih, serta dapat diolah dalam berbagai jajanan tradisional layaknya Getuk, Keripik, Lento singkong, dan sejenisnya. Namun kebanyakan masyarakat pedesaan mengolah Singkong ini cukup dengan direbus atau dikukus. Rasa nikmat, gurih dan cukup mengenyangkan, menjadikan jajanan ini semakin diminati banyak orang.

Terlepas dari itu, Jenis umbi Singkong ternyata menyimpan ragam nutrisi atau kandungan senyawa alami yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Secara umum, Kandungan tersebut di antaranya Vitamin, Serat alami, Kalsium, Kalium, Magnesium, Antioksidan, serta beragam nutrisi lainnya.

Sementara untuk mendapatkan khasiat dari kandungan Singkong tersebut, kita hanya perlu mengupas kulitnya, lalu merebusnya hingga benar-benar matang. Selanjutnya bisa kita konsumsi sebagai camilan atau makanan selingan.


Seperti dilansir pada laman Livestrong.com, berikut manfaat / khasiat yang didapat dari mengonsumsi Singkong rebus :

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Mengonsumsi singkong rebus sebagai camilan sehari-hari, tentunya secara bertahap akan membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Maka bagi seseorang yang mempunyai gejala hipertensi, bisa juga mengonsumsi singkong rebus untuk menanggulangi gejala tersebut. 

2. Pencegahan Kanker Usus
Singkong diperkaya akan kandungan Vitamin C, yakni berfungsi sebagai penangkal gangguan radikal bebas, khususnya pada daerah pencernaan. Maka dari itu, peran usus sebagai organ pencernaan akan terlindungi dari material-material yang mengancamnya. Sehingga kesehatan organ usus tetap terjaga, salah satunya terbebas dari penyakit kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengonsumsi singkong rebus secara rutin juga cukup membatu dalam menyehatkan organ jantung. Senyawa alami Antioksidan pada singkong berperan menormalkan atau melancarkan peredaran darah yang menuju pada Arteri ( pembuluh nadi ). Dengan lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh, makan kinerja jantung akan tetap optimal serta kesehatannya juga akan terjaga.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes
Perlu diketahui, Singkong memiliki nilai Glycaemic Index atau GI di bawah 55, Sehingga aman untuk penderita diabetes. Kandungan gula yang rendah pada singkong, menjadikan makanan ini cocok sebagai pengganti Nasi saat seseorang terserang diabetes. Selain itu, singkong kaya akan kandungan seratnya, maka juga cocok dikonsumsi saat menjalankan program diet karena membantu proses pencernaan.
Artikel Terkait