8 Penyebab Tak Terduga Mata Sering Memerah

image: smartlivingnetwork.com
Selalu menjaga kesehatan mata memang perlu diterapkan, karena peranannya sebagai indera penglihatan begitu penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satu pertanda bahwa organ mata mengalami gangguan, yakni munculnya sensasi mata panas / terbakar kemudian dibarengi dengan perubahan warna mata menjadi memerah.  Biasanya mata merah sering kali diklaim karena ada sebab-sebab penyakit tertentu yang menyertainya.

Padahal ada banyak hal tak terduga bisa jadi penyebab mata sering kali memerah. Apalagi musim hujan dengan udara yang begitu dingin, mampu memicu berbagai masalah mata menimpa tubuh. Tetapi masalah mata merah yang kerap terjadi  bukan disebabkan oleh penyakit mata serius, lantaran terdapat serangkaian gangguan lain sehingga berpengaruh pada tingkat kesensitifan mata.

Mata merah semacam ini juga perlu mendapat perhatian khusus. Karena hal itu bisa saja menjalar pada persoalan serius jika dibiarkan begitu saja. Segera mengambil langkah efektif dalam mengatasinya sangat dianjurkan. Namun terlebih dahulu anda perlu mengenali beberapa penyebabnya secara terperinci.

Berikut penyebab mata sering memerah yang dipicu selain adanya penyakit tertentu :

1. Pengaruh Alergi
Bisa jadi mata merah timbul karena tubuh mengalami alergi, sebagai respon inflamasi oleh sistem imun tubuh terhadap zat asing seperti : Serbuk sari, debu, bulu hewan, dan berbagai zat kimia yang berada di sekitar. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan Histamine guna melawan alergen tersebut. Akhirnya hal itu bisa membuat pembuluh darah mata menjadi besar hingga menjadikan mata berair dan memerah.

Selain itu, cuaca dingin juga kerap membuat mata terkena alergi semacam ini secara tiba-tiba. Di mana gejalanya yang muncul layaknya batuk maupun flu ketika menimpa tubuh di musim hujan. Namun kebanyakan terjadinya  mata memerah musiman ini bisa menular, sehingga tetap perlu diwaspadai.

2. Mata Jarang Berkedip
Alangkah banyak manfaat yang didapatkan dari mengedipkan mata. Jika mata cenderung jarang berkedip, akibatnya juga mampu membikin mata merah. Mengapa bisa demikian…?, Misalnya saat mata bertatapan langsung dengan layar TV secara terus menerus, maka memungkinkan mata akan kering kemudian membuatnya memerah. Lakukanlah peregangan mata secara berkala dengan mencoba mengedipkannya, sehingga mata tak mudah tegang dan kering.

3. Tingkat Stres yang Tinggi
Saraf pada optik mata akan menegang di saat tubuh mengalami stres berlebih. Sebelum hal itu terjadi, maka terlebih dahulu mata mulai memerah karena pasokan darah ke otak yang meningkat dengan begitu cepat. 

Hindarilah tingkat stres yang ada, agar tak lagi menimbulkan dampak membahayakan bagi kesehatan tubuh. Sesekali mungkin luangkan waktu untuk bersantai, serta mencari tempat berlibur guna menstimulasi diri agar bisa memiliki ketenangan jiwa dan pikiran.

4. Mata Terkena Klorin Dalam Kolam Renang
Melakukan aktivitas berenang cukup menyenangkan dan menyehatkan tubuh bukan…?. Tetapi perlu anda ingat ketika berada di dalam air kolam renang yang sengaja dicampuri klorin atau pembersih air kolam lainnya. Jika zat tersebut mengenai mata, maka akibatnya juga bisa membuat mata memerah. Gunakan kaca mata renang agar area mata lebih terlindungi saat berenang. 

5. Tidak Memiliki Waktu Cukup Tidur
Mengalami gangguan tidur memang tidak nyaman. Begitu pula terlalu membiasakan diri untuk begadang, semua itu mampu memicu timbulnya mata merah.  Karena berawal dari kurang tidur akan menjadi penyebab umum dari mata bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata. Keduanya mampu memicu diri anda untuk cenderung menggosok mata. Bukannya hal itu menjadi lebih baik, tetapi malah menimbulkan warna mata menjadi merah.

6. Minum Alkohol
Alkohol merupakan minuman tidak sehat dan cukup berbahaya bagi tubuh anda. Karena selain melebarkan pembuluh darah dalam tubuh, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan mata merah.  Minuman ini lambat laun akan merusak komponen tubuh jika terus menerus tubuh diasupi alkohol. Oleh sebab itu, ada baiknya anda menghindarinya demi menjaga kesehatan tubuh.

7. Kebiasaan Merokok
Merokok membuat mata merah karena kebiasaan ini menjadikan mata mudah sekali kering. Biasanya perubahan warna mata bagi perokok juga diikuti oleh sedikit sensasi panas, disebabkan oleh  pasokan air mata yang berada di kelenjar air mata berkurang / tidak mencukupi. 

8. Obat-obatan Tertentu
Ada pula jenis obat-obatan yang memberikan efek samping mata memerah. Seperti obat penurun kecemasan yang kerap menjadikan kondisi mata merah setelah mengonsumsinya. Dengan demikian, mata merah tidak selalu dipicu oleh penyakit mata tertentu, namun banyak faktor lain yang menjadi penyebabnya.
Artikel Terkait