Cara Ampuh Menghilangkan Noda Baju Bekas Deodorant

image: thriftyfun.com
Noda bekas deodorant yang menempel di baju, kerap membuat  kebersihannya tercemari dan tak indah dipandang mata. Meski tak semua jenis deodorant mengandung Antiseptirant sebagai penyebab umum baju bernoda, namun perkara demikian sangatlah menyulitkan bagi sebagian kalangan. Ketika bekas penggunaan deodorant menyusupi bagian ketiak baju, perubahan warna baju pun bisa saja datang secara tak disangka. Apalagi jika baju berwarna putih yang terkena noda deodorant, pastinya anda enggan untuk mengenakannya lagi bukan…?, Karena dirasa noda itu terlihat jelas, sehingga mengganggu penampilan.

Deodorant sendiri sebenarnya cukup membantu menghilangkan bau badan. Untuk membunuh bakteri penyebab bau badan terutama bau ketiak, deodorant berkinerja membentuk nuansa wangi di badan, sehingga bau tak sedap bisa disamarkan. Namun ketika kandungan Antiperspirant deodorant mengenai baju, kerap kali membuat pewarna baju / kain menjadi lebih sensitif. Akibatnya kondisi baju rentan sekali mengalami perubahan warna. Saat baju sudah tampak bernoda, sebaiknya anda mencari cara guna menghilangkan noda akibat bekas deodorant tersebut.

Menghilangkan noda baju bekas deodorant ini setidaknya perlu diterapkan dengan hati-hati. Baik mulai bagaimana cara menemukan bahan pembersih, cara membersihkannya, hingga proses mengeringkan baju dengan benar. Sebab ketika kurang tepat dalam memilih bahan pembersih noda misalnya, bisa jadi noda di baju tidak hilang, tapi malah kondisinya semakin tambah parah.

Jika Anda tertarik menghilangkan noda baju deodorant tersebut secara manual, banyak bahan pilihan yang dapat dipergunakan. Mungkin saja bahan-bahannya sudah tersedia di rumah anda.

Inilah cara alami menghilangkan noda baju bekas deodorant yang perlu diterapkan :

1. Gunakan Cuka Putih
Cuka putih termasuk bahan efektif menghilangkan noda baju secara umum. Bahkan, menurut Jean Calleja of New York City’s Eco Laundry Company, mengakui bahwa menggunakan cuka putih mampu menghilangkan munculnya garis-garis noda pakaian akibat deodoran, maupun jenis noda lainnya. Penggunaan cuka putih yang tepat, menjadi cara sederhana untuk membersihkan kembali baju dari kotoran.

Cara menerapkannya :

a. Ambil cuka putih murni 2 sendok makan
b. Tambahkan sedikit air hangat
c. Sediakan Kuas / sikat gigi / kapas
d. Celupkan kuas ke dalam cuka
e. Oleskan cuka ke bagian bawah lengan baju bernoda
f. Diamkan 10 menit, kemudian cuci seperti biasa dan keringkan

2. Baking Soda
Ketika noda bekas deodorant terus menumpuk di pakaian,  otomatis noda itu akan semakin membuat bagian ketiak pakaian berwarna kekuningan. Untuk menghilangkan warna kuning tersebut juga bisa menerapkan trik sederhana ini. Pertama kali basahi pakaian dengan air dingin, lalu menguceknya agar warna kekuningan bisa sedikit menipis. Kemudian gunakan baking soda sebagai bahan untuk membersihkannya sampai tuntas.

Cara menggunakan baking soda sebagai berikut :

a. Campurlah bubuk baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta
b. Oleskan ke bagian baju yang terdapat noda sampai merata
c. Diamkan sampai kering
d. Barulah mencucinya seperti biasa
image: getdeogo.com
3. Bumbu Pelunak Daging
Pelunak daging biasanya menjadi bahan yang kerap tersedia di dapur. Jika tidak mendapatkan baking soda maupun cuka putih, ternyata bumbu pengempuk daging menjadi jalan alternatif untuk menghilangkan noda bekas deodorant di baju. Namun untuk menerapkan cara tersebut, setidaknya mengetahui langkah-langkahnya sebagai berikut :

a. Siapkan bumbu pelunak daging secukupnya
b. Letakkan dalam wadah kecil
c. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental
d. Gosokkanlah ke pakaian bernoda dengan kuas sampai merata
e. Diamkan selama semalaman
f. Lalu mencuci baju sampai benar-benar bersih

4. Gunakan Asam Sitrat
Asam sitrat merupakan Asam Lemah Organik yang cukup berperan aktif dalam menghilangkan noda baju bekas deodorant. Jika dapat menggunakannya secara tepat, asam sitrat akan memulihkan warna baju menguning. Karena secara perlahan senyawa asam tersebut akan mengangkat noda-noda membandel di baju. Terlebih di bagian bawah lengan baju, kerap kali menjadi sasaran bekas noda secara tak disengaja. 

Jika pakaian mulai terdapat tumpukan noda deodoran, berikut cara menghilangkannya :

a. Siapkan satu sendok makan asam sitrat
b. Campurkan dengan secangkir air hangat
c. Rendam bagian baju bernoda memakai cairan tadi dalam waktu semalam
d. Lalu cucilah baju dan kucek baju secara perlahan
e. Efeknya bisa lebih nampak seusai baju dikeringkan

Ingat.. Jika berkeinginan menghilangkan noda bekas deodorant ini dengan bahan kimia, maka gunakanlah sesuai prosedur. Layaknya ketika anda mencoba menggunakan Amonia sebagai pembersih noda pakaian, Jangan mencoba mencampurkan Amonia bersama sabun maupun bahan pembersih lain. Karena kemungkinan hal itu akan memicu reaksi kimia seperti keluarnya gas beracun ke udara, sehingga dapat berbahaya saat terhirup.
Artikel Terkait