Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Diwaspadai

image: wikybrew.com
Sepasang organ penting yang tak terpisahkan yakni kedua organ ginjal, Memang memiliki kinerja yang cukup kompleks. Sehingga kondisi kesehatan organ penting ini harus dijaga dengan sebaik mungkin. Sementara organ ginjal berfungsi menyaring darah di dalam tubuh untuk mengeluarkan racun yang terdapat di dalamnya. Kemudian racun tersebut dikirim ke kandung kemih dan dikeluarkan melalu urin. Lantas, bagaimana jika sampai ginjal di tubuh mengalami penurunan fungsi…?

Tentu akan berdampak pada permasalahan ginjal, yang merupakan gangguan serius dan tak bisa diremehkan begitu saja. Baik mengalami gagal ginjal akut maupun kronis, yang semuanya itu harus segera mendapat penanggulangan secara tepat. Berbagai jenis pengobatan bisa dilakukan sebagai langkah penanganan gagal ginjal ini. 

Namun sebelumnya perlu anda tahu, Bahwa menjaga kesehatan fungsi ginjal sejak dini memang sebuah keharusan yang perlu diterapkan. Selain itu, ada beberapa hal yang tak diduga kerap menyebabkan gagal ginjal, atau organ ginjal mengalami penurunan fungsi. Sehingga mewaspadai akan penyebab tersebut merupakan cara terbaik yang bisa anda lakukan.

Dan berikut beberapa penyebab yang bisa menjadikan tubuh mengalami penyakit gagal ginjal :
1. Mengalami penyumbatan pembuluh darah
Dalam jangka pendek maupun panjang, jika sampai pembuluh darah mengalami penyumbatan, Maka organ ginjal pun tidak bisa bekerja secara maksimal. Bahkan akan bisa berdampak pada gangguan fungsi ginjal, dan menjadikan organ penting ini kehilangan kinerja untuk menyaring racun dalam tubuh. Karena ketika ginjal melakukan perannya, tentu saja membutuhkan aliran darah ke ginjal. Sehingga ketidaklancaran aliran darah inilah yang menjadi pemicu penyakit gagal ginjal.

2. Tersumbatnya saluran kemih
Mengalami penyumbatan di saluran kandung kemih, memang kerap memicu munculnya penyakit gagal ginjal. Hal demikian karena terjadinya penyumbatan semacam ini, akan membuat aliran urin bisa berbalik arah ke ginjal. Bahkan jika sampai timbulnya tekanan tersebut begitu kencang, maka dapat merusak fungsi organ ginjal. Oleh karena itu, jika saluran kemih terdapat gumpalan yang menyumbat seperti kasus batu ginjal, Maka harus segera mendapatkan penanganan, Sebelum nantinya menjalar pada permasalahan yang lebih kronis.

3. Mengalami tekanan darah tinggi
Kecenderungan tekanan darah pada tubuh yang tidak normal, memang bisa juga menjadikan kinerja ginjal mengalami gangguan. Hal yang semacam ini kerap ditimpa oleh pasien yang memiliki tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, gangguan tekanan darah tinggi ini tidak hanya menjalar pada penyakit stroke, Namun bisa juga menyebabkan gagal ginjal yang perlu diwaspadai.

4. Terkurasnya jumlah darah dalam tubuh
Jumlah darah yang berkurang, baik itu karena kecelakaan maupun pendarahan hebat lainnya, bisa juga menjadi penyebab terganggunya fungsi ginjal. Kondisi yang semacam ini juga kerap disebut dengan Hipovolemia. Sehingga pasien yang mengalami hal tersebut, harus segera ditangani melalui bantuan medis.

5. Terkena benturan benda keras
Jika ginjal dalam tubuh terkena benturan atau pukulan yang hebat, Maka kondisi ginjal dalam tubuh bisa mengalami cidera. Dengan demikian akan sangat mengganggu kinerja ginjal, hingga sampai mengalami kerusakan. Nah, hal seperti inilah yang kerap menjadikan seseorang terkena gagal ginjal.

6. Kekurangan cairan dalam tubuh ( dehidrasi )
Tak hanya mengganggu kesehatan kulit saja jika tubuh mengalami dehidrasi, Akan tetapi juga mampu menurunkan fungsi ginjal. Baik itu karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan keringat, muntah maupun demam, yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Yang mana kondisi seperti itu akan menghambat kinerja ginjal saat melakukan proses sekresi. Dan hal tersebut dapat memicu timbulnya gagal ginjal.

7. Daya imunitas tubuh yang ‘’berlebihan’’
Daya imun tubuh yang terlalu berlebih atau juga dikenal dengan ‘’Sepsis’’ ini, memang akan memicu seseorang terkena gagal ginjal. Yang mana kondisi semacam ini menjadikan tubuh lebih mudah terkena infeksi, serta menimbulkan peradangan hingga sampai menyebabkan organ ginjal mengalami gangguan. 

Selain sebab-sebab di atas, Gagal ginjal dapat juga dikarenakan oleh minuman beralkohol, ragam penyakit tertentu seperti diabetes, tumor perut (yang menyebabkan penyumbatan di saluran kemih), kanker prostat, dan lainnya. Yang mana hal tersebut menyebabkan fungsi kinerja ginjal semakin berat. Oleh karena itu, semua perkara tersebut memang perlu diwaspadai agar kondisi organ ginjal tetap sehat, serta bisa berfungsi dengan maksimal.