Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tekan Bagian Tubuh Ini 3 Menit, Atasi Perut Kembung Dengan Cepat

(Gambar: thehealthsite)
Menerapkan Pijat refleksi untuk mengatasi masalah perut kembung, ternyata bisa jadi cara alternatif cukup bagus. Mengapa..? Dunia Akupresur sendiri telah membuka lebar bagaimana menentukan langkah tepat ketika kita terkena masalah pencernaan semacam ini. Menurut ilmu pengobatan tradisional Cina, telah mengakui betapa pentingnya menjaga kesehatan perut. Demikian itu selaras dengan ungkapan seorang dokter terkenal sejak abad ke – 16, berasal dari Cina bernama Yu Jia Yan,  mengungkapkan jika kondisi perut kuat, hidup pun bisa menjadi lebih sehat. Sebaliknya jika perut lemah, hidup jadi tidak sehat.

Tentunya Anda tahu ketika perut sehat, maka proses penyerapan nutrisi pada makanan dapat lebih cepat / optimal. Lantas bagaimana jika pencernaan terlanjur mengalami masalah seperti perut kembung ini.? Gunakan saja titik Akupuntur yang dikenal efektif memperkuat sistem pencernaan. Dari situ Anda dapat menstimulasi titik tersebut, yakni berupa pemberian tekanan lembut ( Akupresur ) selama beberapa menit. Atau menggunakannya sebagai titik pijat refleksi agar perut kembung dapat mereda, serta tidak sampai menimbulkan rasa sakit berkepanjangan. 

Inilah titik tekan / pijat refleksi yang patut dicoba, guna mengatasi perut kembung maupun berbagai masalah pencernaan lainnya.

1. Ren 12 ( Zhong Wan )
Gambar: allbeautynhealth
Memberi tekanan lembut terhadap titik Ren 12 pada tubuh, mampu mengurangi rasa sakit akibat perut kembung.  Di mana Ren 12 sering digunakan untuk mengatasi permasalahan nafsu makan maupun sistem pencernaan. Jalur meridian ini juga bekerja meredakan perut kembung, distensi, harmonisasi lambung,  serta mengatasi nyeri usus. 

Keberadaan titik Ren 12 terletak pada bagian tengah di atas pusar, lebih tepatnya terdapat pada garis pertemuan antara kedua tulang rusuk di perut. Biasanya pemberian pijatan / tekanan pada titik tersebut, digunakan mengatasi sakit perut dikarenakan faktor gangguan mental,  seperti mudah marah maupun tingkat stres tinggi.  Keduanya bisa menjadi penyebab sakit perut, karena dapat menghambat sirkulasi darah dalam perut.

2. ST 25 ( TianShu )
Gambar: lierremedical
ST 25 atau Stomach 25 ini juga akrab disapa Celestial Pivot. Jalur meridian ST 25 sendiri berguna mengatur kinerja pencernaan, limpa, serta usus. Sehingga fungsinya cukup kompleks dalam mengatasi permasalahan perut, semisal meredakan sembelit, diare, mengatasi perut kembung serta berbagai gangguan usus. Selain itu, jika ST 25 diterapkan dalam pijat refleksi, demikian juga berfungsi meringankan gangguan menstruasi.

Lantas di mana posisi ST 25..? Sebenarnya TianShu memiliki dua tempat, yakni di samping kiri dan kanan pusar. Untuk menemukannya, cukup tempelkan tiga jari tangan  berada di samping pusar, lalu memberikan tekanan pada bagian itu. 

3. Ren 6 ( Qihai )
Gambar: bigtreehealing
Pijat refleksi dalam mengatasi perut kembung juga dapat menggunakan titik tekan Ren 6.  Karena menurut seorang yang menggeluti dunia pengobatan terapi tradisional Cina, bernama Paige Bourassa menjelaskan, meski secara khusus Ren 6 / The sea of Qi berguna mengatur kesehatan ginjal, mereka juga menjadi poin Akupresur guna membantu masalah pencernaan.
Letak dari  Ren 6 berada tepat di bawah pusar. Jadi kalau Anda sedang berhadapan dengan perut kembung, maka berikanlah tekanan / pijatan lembut pada poin tersebut.

Cara pijat refleksi / pemberian tekanan lembut menggunakan ketiga titik di atas :

1. Tentukan poin Akupresur yang diinginkan
2. Tekan masing – masing titik selama 3 menit
3. kalau sudah, berikan pijatan lembut pada semua titik
4. Atau Anda bisa menggosok dengan gerakan memutar searah jarum jam
5. Pastikan semua poin tergosok secara merata selama beberapa saat
6. Rasakan hasilnya

Kalau memang ketiga jalur meridian di atas digunakan dalam pijat refleksi untuk mengatasi perut kembung, boleh – boleh saja menambahkan sedikit minyak Atsiri agar efeknya lebih maksimal.


Baca : Berbagai Kebiasaan Cara Makan yang Salah Ini Sebabkan Perut Kembung

Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Rah. W
Referensi : mindbodygreen.com, bodyecology.com, paincareclinicofidaho.com