Terobosan Berkendara Baru, Mobil Bertenaga Angin

Image source : theverge
Makin mahalnya dan makin langkanya bahan bakar fosil yang masih ada  di dunia ini mendorong para pakar di bidang otomotif  untuk berlomba lomba menciptakan sebuah mobil yang bisa digerakkan dengan berbagai tenaga pendorong  di luar bahan bakar fosil. Ada yang mengklaim bahwa mobil hybrid adalah yang paling irit. Padahal jika Anda mau menilik dan menelaah lebih jauh, boleh dikata  mobil hybrid  ini kurang dapat dikatakan sebagai mobil yang paling irit, mengapa ? Sebab apapun alasannya , mobil jenis ini masih mengandalkan bahan bakar fosil sekalipun dalam jumlah yang sedikit.  Nah, inovasi terbaru memunculkan mobil bertenaga listrik dan mobil bertenaga angin.

Mobil Listrik - Bagaimana dengan mobil bertenaga listrik ? Untuk jenis mobil ini boleh dibilang  sebagai sebuah terobosan yang baru, karena sudah tidak menggunakan bahan bakar fosil untuk menggerakkan mesinnya. Tetapi untuk kesempurnaan hasil boleh dibilang masih jauh dari kata sempurna, karena masih banyak kelemahan yang dipikul oleh mobil bertenaga listrik. Memang terkadang pembuatan mobil ini sudah dikombinasikan dengan pengaplikasian sel  tenaga surya yang dipasang pada beberapa bagian  mobil ini, tetapi karena permukaan solar cell ini terlalu lebar, sehingga kurang dapat diaplikasikan untuk sebuah mobil. Pernahkah Anda membayangkan betapa repotnya, jika untuk membuat sebuah mobil bertenaga listrik yang dikombinasikan  dengan   sel tenaga surya saja, pasti akan memerlukan bentuk yang sangat kaku, karena panel surya, apapun alasannya harus selalu  berada pada posisi  yang paling baik terhadap pantulan sinar matahari. Sebaliknya jika mobil bertenaga listrik ini tidak dikombinasikan dengan panel sel surya , bisa dibayangkan berapa besarnya batterai yang harus disediakan sehingga mampu menyimpan arus yang diperlukan untuk menggerakkan mobil ini. Memang salah satu kelemahan mobil listrik adalah pada kemampuan yang sangat terbatas pada penyediaan catu dayanya, dalam hal ini adalah batterainya. Coba Anda bayangkan , jika mobil bertenaga listrik yang sudah Anda charge penuh dengan menggunakan listrik dari rumah Anda, lalu setelah daya terisi penuh , lalu Anda gunakan untuk bepergian. Walaupun dikatakan bahwa daya tahan batterai itu untuk menjalankan mobil listrik ini adalah sekitar 2 jam, tetapi pernahkah Anda bayangkan kalau mobil ini meluncur di tengah kepadatan kota Jakarta, yang sering macet , pastilah dapat dipastikan bahwa Anda belum mencapai tujuan Anda, tapi keburu batterai Anda habis, lalu kemana harus mencari stop kontak untuk mengisi ulang batterai mobil Anda.

Mobil Bertenaga Angin – Berpijak pada kenyataan di atas, akhirnya para ahli yang berkompeten di bidang otomotif mulai melirik sebuah sumber daya yang dapat tergantikan yang tersedia secara luas dan tak terbatas oleh alam, yaitu angin. Diilhami dari penemuan pembangkit listrik tenaga angin, dengan memanfaatkan kincir angin, maka diciptakanlah sebuah mobil bertenaga angin. Walaupoaun masih menjasi sebuah prototipe atau masih dalam taraf percobaan, tetapi penemuan ini membawa sebuah angin segar bagi dunia otomotif. Mobil bertenaga angin ini diciptakan oleh sejumlah pakar di bidang otomotif yang berasal dari New York Amerika Serikat.
Jika mobil hybrid masih meninggalkan emisi gas buang, sehingga sedikit banyak tetap menyumbang polusi bagi udara di sekitar Anda, maka ;lain halnya dengan mobil bertenaga angin ini yang benar benar tidak menghasilkan emisi gas buang, atau “zero emition”. ‘

Prinsip kerja mesin mobil bertenaga angin ini adalah dengan cara memampatkan propulsi udara , sehingga dapat menghasilkan daya dorong yang disalurkan ke mesin mobil ini. Dalam hal ini catu daya listrik hanya diperlukan untuk menggerakkan pompa yang digunakan untuk memampatkan propulsi udara yang disedot. Dari hasil percobaan yang dilakukan  di New York, diperoleh hasil yang cukup mengagumkan, karena mobil ini , yang dirancang dengan kapasitas tempat duduk untuk enam orang ini , mampu dijalankan dengan kecepatan hingga mencapai 150 km/ jam dengan menempuh jarak sejauh 800 miles.
Mobil ini diciptakan oleh seorang insinyur yang dulu bekerja di Formula Satu,  yang sekarang tercatat sebagai  karyawan di Europen MDI Corporation.Mari kita tunggu kehadiran mobil bertenaga angin ini di tengah tengah kita. 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar