Tips Mudah Optimalisasi Website

Optimalisasi website seringkali dipusatkan pada trik dan strategi SEO. Konsekuensinya ialah selalu menciptakan konten-konten bermutu dengan sasaran pada keyword yang dimaksudkan. Strategi tersebut memang sangat efektif demi upaya mewujudkan konsep promosi dan pemasaran ideal. Banyak para pemula dalam bisnis online berusaha mati-matian dengan selalu membuat konten-konten yang diharapkan mampu menembus halaman pertama mesin pencari Google. Solusi yang populer ialah dengan mencari jasa profesional yang akan selalu memperbarui konten dalam sebuah website. Semua cara tersebut memang menjadi kewajiban utama dalam daftar strategi mengoptimalkan fungsi website. Tapi banyak juga yang mengalami kesulitan dan bahkan gagal menembus halaman populer dalam sebuah mesin pencari.

Mulailah dari Dalam
Ada ratusan cara yang bisa dilakukan demi meningkatkan fungsi dan kualitas sebuah website. Namun, sudahkah Anda mengawalinya dari dalam? Dengan kata lain, semua strategi yang sudah dijelaskan sebelumnya akan semakin memungkinkan tingkat keberhasilannya jika ditunjang oleh bagaimana cara kita merancang dan mengelola sebuah website. Apakah itu berarti kita harus menerapkan sebuah desain ideal untuk sebuah website? Padahal, seringkali sebuah desain website “menghalangi” sistem pencarian dalam internet. Di satu sisi, desain website yang SEO-friendly cenderung nampak membosankan. Kendala semacam itu sebenarnya tak perlu dikhawatirkan karena ada ratusan desain situs yang dirancang secara atraktif dan modern, namun tidak akan menghambat penerapan strategi SEO. Hal-hal mendasar yang bisa memperbaiki kualitas website antara lain ialah:

  • Kontak dan Alamat Jelas
Berikan keterangan yang lengkap dari perusahaan atau bisnis Anda. Termasuk dengan alamat (kantor) yang bisa dihubungi, dan kontak (nomor telepon, SMS, WhatsApp, BBM). Penyematan keterangan tersebut akan membangun kepercayaan dari para pengunjung website.
  • Penyusunan Menu
Jangan menyusun menu yang acak-acakan. Bila ada banyak menu yang ditampilkan dalam website, susunlah menjadi lebih rapi dengan mengelolanya berdasarkan kategori. Pengunjung website akan merasa lebih nyaman selama menggunakan navigasi dan tata letak menu yang tidak membingungkan.
  • Fitur Berbagi
Di setiap halaman dan konten, cantumkanlah fitur berbagi sehingga membuka peluang tersebarnya informasi dari website Anda secara meluas.
  • Gambar Bermutu
Faktor visual merupakan daya tarik yang akan membantu mengoptimalkan website Anda. Upayakan untuk selalu mengunggah gambar-gambar beresolusi standar dan terlihat bagus.

Tepat Sasaran dan Mobile-friendly
Buatlah sebuah website yang tepat sasaran dan tidak mengabaikan peluang lain untuk memperluas jaringan. Selain itu, rancanglah desain yang bisa diakses dengan nyaman melalui ponsel pintar atau gadget semacamnya. Persoalan ini seringkali tidak dianggap serius atau bahkan terlupakan saat merancang sebuah website. Padahal, kebanyakan pengguna internet memanfaatkan gadget mereka untuk mengakses berbagai informasi. Jika mereka menemukan sebuah website yang terlihat tidak sempurna saat diakses dari ponsel pintar, tentu saja mereka akan enggan atau malas untuk menelusuri halaman-halaman lainnya. Nah, itulah beberapa cara mudah untuk Optimalisasi website.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar