Inilah Pentingnya Sebuah Nama Panggilan

image: onehourtranslation.com
Setiap orang tua selalu ingin memberikan nama yang terbaik untuk anaknya. Nama yang memiliki arti indah selalu menjadi pilihan. Berbagai cara pun sering dilakukan untuk menemukan satu nama yang cocok, misalnya dengan mencari contoh-contoh nama di internet. Ada orang tua yang berusaha memberi nama anaknya sama dengan nama pahlawan, nama artis, nama bunga, dan nama-nama lain yang menurut mereka baik dan indah. Selain itu, umat islam juga sering mencari nama diantara ayat-ayat Al-Quran yang memiliki makna yang baik, karena nama merupakan sebuah do’a untuk sang anak.

Masing-masing nama memiliki sejarah tersendiri dibalik pemberiannya. Ada orang tua yang ingin anaknya memiliki nasib dan masa depan secerah artis yang diidolakannya sehingga dia pun memberikan nama yang sama dengan artis tersebut untuk nama anaknya. Ada juga orang tua yang berharap anaknya akan cantik seperti bunga sehingga memberinya nama ‘mawar.’ Terdapat berbagai alasan yang berbeda dibalik setiap nama. Apakah Anda pernah menanyakan arti nama Anda kepada orang tua?

Disamping semua alasan pemberian nama tersebut, nama juga memiliki keistimewaan  tersendiri, terutama nama panggilan. Misalnya dengan nama panggilan tertentu seseorang akan merasa istimewa, penting dan bangga. Ada juga nama panggilan yang bisa mengubah cara berpikir, bersikap dan cara seseorang bertindak. Jika tidak percaya, coba saja sapa seseorang dengan panggilan “cantik,” maka ekpresi wajah, cara berdiri dan berjalannya saat itu juga akan berubah. Hanya dengan sebuah nama panggilan, mood seseorang bisa berubah membaik atau memburuk, sikap kerja seseorang juga akan berubah. Bagaimana bisa? Berikut ulasannya:

1.Nama mengubah mood seseorang
Pernahkah Anda bertemu kembali dengan seseorang yang dulu kebetulan kenal dengan Anda disuatu seminar dan sekarang dia menyapa dengan menyebut nama Anda? Bagaimana perasaan Anda saat mengetahui dia masih mengingat nama Anda? Mungkin Anda sendiri telah lupa dengan orang itu. Sesaat mood Anda akan berubah menjadi lebih baik, merasa senang dan menyambut orang tersebut dengan hati yang lapang.

Begitulah sebuah nama akan memberikan perubahan pada mood seseorang. Apa lagi jika nama panggilan yang diberikan merupakan suatu pujian seperti, ‘Cantik,’ Princess,’ dan ‘sayang.’ Suasana hati seseorang akan berubah menjadi lebih baik setelah mendengarnya. Hal sebaliknya juga akan terjadi saat seseorang mengolok nama panggilan Anda. Misalnya ‘si hitam,’ si cempreng’ dan lain-lain.

2.Nama mengubah sikap kerja seseorang
Sebagian perusahaan banyak yang memanggil karyawan barunya dengan sebutan ‘trainee,’ dan bahkan disuruh memakai baju putih. Dengan panggilan dan penampilan seperti itu perusahaan telah menyuruh mereka menjadi layaknya karyawan baru yang tidak tau apa-apa dan belum punya tanggung jawab yang berarti terhadap perusahaan, sehingga saat melakukan kesalahan merekapun beranggapan  itu merupakan suatu kewajaran yang dapat dimaklumi sebagai seorang ‘trainee.’

Namun, cobalah untuk memberi panggilan kepada karyawan Anda dengan sebutan ‘junior staff,’ dan tidak harus mengenakan baju putih lagi. Semua itu akan mengubah mood, sikap, dan bahkan cara bertindak karyawan tersebut. Mereka akan bertindak layaknya karyawan yang benar-benar akan memberikan pengaruh yang besar bagi perusahaan.
Cara Anda menamai orang lainpun juga akan memberikan pengaruh terhadap mood Anda sendiri. Misalnya, ‘’Ibu kost yang cerewet’’ Maka setiap kali bertemu dengan ibu kost pun mood Anda akan langsung berubah buruk. Coba ganti dengan ‘’ibu kost yang bergelora’’ Mungkin Anda sendiri akan tersenyum-senyum mendengarnya dan mood Anda akan membaik.

Itulah pentingnya sebuah nama panggilan yang bisa mengubah mood, sikap dan cara bertindak seseorang dan diri Anda sendiri, yang jika dibiarkan secara terus menerus nama panggilan tersebut akan mempengaruhi masa depan Anda. Panggilah orang-orang disekitar Anda dengan panggilan yang mereka sukai, yang baik dan akan menumbuhkan suasana hati yang bagus.
Baca Juga : Lima hal penting kenali jati diri Anda
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar