6 Tips Mudah Atasi Rambut Rontok Secara Alami

image : healthtipsx.com
Tahukah anda, Bahwa rambut yang ada di kepala berjumlah kurang lebih 100.000 helai dan pertumbuhan rambut pada setiap helainya memiliki masa 2 hingga 6 tahun. Rambut kepala kerap dikenal sebagai mahkota bagi setiap manusia, Karena rambut juga merupakan salah satu faktor yang dominan untuk memperindah penampilan agar tampak menawan. Manfaat rambut bagi kesehatan adalah untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Sehingga peran penting rambut kepala bagi manusia sangatlah dibutuhkan.

Namun pada umumnya, Setiap orang akan mengalami kerontokan pada rambut kepala mereka antara 50 hingga 100 helai setiap harinya. Dari kerontokan rambut tersebut, akan tumbuh rambut baru untuk menggantikan rambut kepala yang rontok. Akan tetapi hal demikian masih dalam kondisi yang wajar. Dan bagaimana bila tidak dalam kondisi wajar ?, Banyak penyebab rambut kepala mengalami kerontokan yang tidak wajar, diantaranya adalah karena penyakit, gen tubuh, bahan kimia, radikal bebas dan penyebab lainnya. Sehingga hal demikian perlu ada penanganan yang tepat, agar rambut kepala bisa tumbuh dengan sehat dan mencegah dari kerontokan. 

Inilah 6 tips yang bisa anda terapkan untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

1`. Bawang putih
Dengan menghaluskan bawang putih ke dalam blender, kemudian tuangkan dalam satu wadah sehingga menjadi sebuah olesan bawang putih. Oleskan bawang putih tersebut ke kulit kepala / bagian rambut yang rontok pada waktu sebelum tidur. Setelah anda bangun dari tidur, bilaslah dengan air secukupnya atau langsung bisa anda tambahkan dengan shampo penumbuh rambut jika ingin bisa lebih terasa efeknya. Dan untuk jenis Samponya, Bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Hal ini merupakan salah satu cara yang pas untuk mengatasi dan mengurangi kerontokan rambut Anda.

2. Teh hijau
Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau, dapat berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok secara alami. Selain itu, kandungan pada teh hijau juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut anda. Dengan menyeduhkan 2 kantong teh hijau menggunakan air hangat, kemudian balurkan seduhan teh hijau tersebut pada bagian rambut yang rontok hingga rata sampai ke dalam kulit rambut. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih satu jam, Kemudian bilas dengan air sampai bersih. Mungkin cara ini cukup sederhana dan mudah untuk anda terapkan.

3. Jeruk nipis
Perlu anda tahu, bahwa jeruk nipis biasanya dikenal oleh kebanyakan orang sebagai obat untuk  menyembuhkan penyakit tenggorokan. Mungkin belum terlintas dalam pikiran Anda, Bahwa jeruk nipis juga bisa menjadi tips untuk mengatasi dan mengurangi rambut rontok anda secara alami. Cukup iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian, dan usapkan pada bagian rambut anda yang rontok. Selain mencegah kerontokan rambut, Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi ketombe pada rambut anda.

4. Minyak kemiri
Khasiat minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok sudah dikenal sejak zaman dahulu. Tidak hanya itu, Minyak kemiri juga bisa untuk menumbuhkan rambut pada bagian jenggot dan kumis seseorang. Sehingga minyak kemiri kini sudah banyak diproduksi untuk produk kecantikan di berbagai tempat, terutama di Indonesia. Dengan cara mengoleskan minyak kemiri pada area rambut yang rontok, Maka hal ini bisa Anda jadikan alternatif untuk mengatasi kerontokan rambut.

5. Alpukat
Ternyata buah yang lezat ini juga dapat mengatasi rambut rontok Anda. Karena buah Alpukat dikenal mengandung protein yang tinggi, Sehingga hal demikian sangat bagus untuk pertumbuhan rambut anda. Dan tidak heran jika ada sebagian orang menggunakan Alpukat sebagai bahan utama untuk creambath dan perawatan wajah.


Jika Anda ingin menggunakan Alpukat sebagai perawatan rambut rontok, Cukup ambil daging buah Alpukat dalam satu mangkuk dan hancurkan sampai lembut. Kemudian usapkan daging Alpukat yang sudah lembut tersebut pada ujung sampai akar rambut. Setelah itu diamkan selam 20 menit, lalu bersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo dan bilas dengan air sampai bersih.

6. Lidah buaya
Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya ?, Ya, memang ekstrak lidah buaya dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok dengan efektif. Hal demikian disebabkan karena kandungan di dalam lidah buaya bisa membentuk sel-sel jaringan di rambut menjadi lebih sehat. Dan bahkan bisa mengembalikan tekstur sel-sel kulit yang rusak, sehingga bisa tumbuh kembali. Dengan membelah potongan lidah buaya menjadi dua bagian atau lebih, Kemudian usapkan potongan tersebut keseluruh bagian rambut hingga kulit kepala secara merata. Diamkan kurang lebih antara 15 sampai 20 menit dan setelah itu bersihkan rambut anda dengan air sampai bersih.

Itulah beberapa tips alami yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalan rambut rontok, Sehingga bisa membantu merawat kesehatan rambut Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar