9 Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi Setiap Hari

image: chadhowsefitness.com
Untuk bangun di pagi hari, mungkin bagi sebagian orang menganggap sudah menjadi suatu hal yang mudah. Dengan tanpa bantuan alarm pun, terkadang mereka sudah bisa bangun pagi, bahkan secara tidak langsung kebiasaan yang seperti itu sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun di sisi lain, masih banyak juga orang yang merasa kesulitan untuk bangun tepat waktu di pagi hari. Sehingga hal demikian merupakan kebiasaan yang tidak baik, dan perlu untuk ditemukan sebuah cara yang efektif agar bisa bangun pagi secara rutin.

Dan bagi kebanyakan orang yang kesulitan bangun di pagi hari ini, ternyata juga dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya  terkait dengan tingkat stres, kemampuan saat akan tidur, masalah psikologi, dan tingkat emosi seseorang yang memuncak. Yang mana dari situ semua membuat seseorang akan menjadi sulit untuk bangun tepat waktu di pagi hari. 


Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan agar bisa terbiasa bangun pagi setiap hari. Sehingga permasalahan bangun pagi sudah tidak menjadi momok bagi anda. Dan inilah 9 cara yang cukup efektif untuk anda terapkan agar bisa bangun pagi setiap hari.

1. Kurangi aktifitas malam anda
Dengan cara anda mengurangi aktifitas di malam hari, hal demikian memang suatu cara agar anda tidak bangun kesiangan. Karena bila anda terlalu menyibukkan diri di malam hari, maka kemungkinan besar anda akan kesulitan bangun tepat waktu di pagi hari. Oleh karena itu, hendaknya anda paling tidak bisa mengurangi aktivitas malam yang anda rasa tidak terlalu penting, seperti begadang yang berlebihan, yang mana akan bisa menguras tenaga sehingga anda bisa telat untuk bangun di pagi hari.

2. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur
Untuk menyuplai agar anda bisa bangun pagi, maka dengan cara minum air sebelum tidur juga bisa anda terapkan. Hal demikian karena minum air sebelum tidur akan bisa mendorong anda untuk segera buang air kecil ke kamar mandi. Dengan cara yang seperti ini, maka mau tidak mau anda harus bangun dari tempat tidur, sehingga cara tersebut bisa anda terapkan agar bisa bangun di pagi hari. Dan fungsi dari minum air setelah bangun dari tidur itu sendiri, ialah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang agar anda bisa beraktifitas dengan semangat, dan mengaktifkan kembali beberapa organ yang terdapat dalam tubuh anda. Sehingga setelah bangun tidur, anda tidak lagi merasa ngantuk dan bisa melakukan aktifitas yang ada.

3. Letakkan alarm yang jauh dari tempat tidur
Dengan cara anda meletakkan alarm yang jauh dari tempat tidur, maka secara tidak langsung ketika alarm berbunyi, anda akan tidak mudah untuk mengambil alarm tersebut untuk mematikannya kemabali. Sehingga mau tidak mau anda harus segera bangun di pagi hari untuk segera melakukan aktifitas kembali. 

4. Ganti dering alarm dengan lagu favorit
Tahukah anda, bahwa bunyi alarm itu juga bisa mempengaruhi suasana hati dalam tidur anda. Dan biasanya bunyi alarm dari jam weker, terkadang juga bisa membuat anda terbangun dari tidur dalam keadaan yang kurang mood. Oleh karena itu, agar suasana hati anda merasa lebih nyaman, maka hendaknya anda bisa menggunakan fitur alarm yang terdapat pada ponsel anda. Sehingga hal demikian bisa anda atur untuk mengganti dering alarm tersebut dengan lagu favorit anda. Yang semuanya itu bisa menjadikan bangun tidur anda bisa terasa lebih menyenangkan.

5. Mengkonsumsi minuman berkafein setelah tidur
Dengan cara meminum minuman berkafein setelah beberapa saat anda bangun dari tidur, memang suatu cara yang efektif untuk membuat semangat di pagi hari. Hal demikian karena kebanyakan orang ketika bangun dari tidur mereka, terkadang merasa kurang semangat, sedikit pusing dan lainnya, yang semuanya itu bisa membuat produktivitas di pagi hari bisa menurun. Oleh karena itu, untuk menyiasati hal tersebut, maka dengan minum minuman berkafein bisa meningkatkan mood anda kemabali di pagi hari. Sehingga hal demikian tidak akan membuat anda untuk tidur kembali.

6. Tidur dan bangun di waktu yang sama
Hendaknya anda bisa mengatur waktu tidur dan bangun di waktu yang sama. Hal demikian bertujuan agar anda bisa terbiasa dengan rutinitas yang anda jalani. Sehingga kebiasaan untuk bangun pagi pun akan segera menjadi kebiasaan yang mudah bagi anda. Yang mana sebelumnya anda merasa kesulitan untuk bangun di pagi hari.

7. Berolahraga
Kenapa berolahraga bisa dijadikan untuk mendukung agar bisa bangun pagi...?, Ya, karena dengan cara anda melakukan olahraga, layaknya gerakan-gerakan senam yang simpel di rumah, maka hal demikian akan bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat aktif kembali. Sehingga hal ini bisa menyuplai agar anda bisa lebih cepat untuk bangun pagi setiap hari.

8. Hindari makanan berat sebelum tidur malam
Hendaknya anda bisa menghindari untuk mengkonsumsi makanan terlalu banyak sebelum tidur. Hal demikian karena bila anda langsung tidur setelah makan, ini bisa memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh anda. Yang mana beberapa makanan dan minuman yang anda konsumsi, bisa membuat sistem pencernaan terpaksa bekerja keras di saat anda sedang tidur. Sehingga dari situ semua akan membuat tidur anda tidak bisa nyenyak, bahkan kebiasaan yang semacam ini akan memicu terjadinya insomnia dalam diri anda. Usahakan waktu untuk tidur kurang lebih 3 jam setelah anda makan, sehingga pencernaan tidak lagi memproses makanan yang sedang anda konsumsi.

9. Segera mandi setelah bangun pagi
Perlu anda ketahui, bahwa hal yang paling sulit ialah segera mandi setelah bangun pagi. Namun dari sinilah anda bisa mendapat kuncinya agar bisa terbiasa bangun pagi. Hal ini karena mandi di pagi hari dengan posisi air dalam keadaan masih dingin, maka akan bisa segera membangunkan sistem saraf dan menyadarkan anda. Sehingga seusai anda mandi di pagi hari, secara tidak langsung akan membuang rasa malas dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar di pagi hari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar